Pengaturan Android yang Berguna, Ayo Coba!

Android (/ˈæn.drɔɪd/; an-droyd) adalah sistem operasi berbasis Linux dengan kode sumber terbuka dan berlisensi APACHE 2.0 yang dirancang beragam untuk perangkat bergerak layar sentuh seperti telepon pintar dan komputer tablet.[1][2] Android awalnya dikembangkan oleh Android, Inc., dengan dukungan finansial dari Google, yang kemudian membelinya pada tahun 2005. Sistem operasi ini dirilis secara resmi pada tahun 2007, bersamaan dengan didirikannya Open Handset Alliance, konsorsium dari perusahaan-perusahaan perangkat keras, perangkat lunak, dan telekomunikasi yang bertujuan untuk memajukan standar terbuka perangkat seluler.Ponsel Android pertama mulai dijual pada bulan Oktober 2008.

Antarmuka pengguna Android umumnya berupa manipulasi langsung, menggunakan gerakan sentuh yang serupa dengan tindakan nyata, misalnya menggeser, mengetuk, dan mencubit untuk memanipulasi objek di layar, serta papan ketik virtual untuk menulis teks. Selain perangkat layar sentuh, Google juga telah mengembangkan Android TV untuk televisi, Android Auto untuk mobil, dan Android Wear untuk jam tangan, masing-masingnya memiliki antarmuka pengguna yang berbeda. Varian Android juga digunakan pada laptop, konsol permainan, kamera digital, dan peralatan elektronik lainnya.

 

Android hadir dengan beragam pengaturan yang tidak semuanya aktif secara otomatis. Dengan sistem operasi yang makin berkembang dari waktu ke waktu, kamu mungkin tidak menyadari ada beberapa pengaturan yang bisa kamu gunakan.

Setiap individual tentunya membutuhkan pengaturan yang berbeda-beda dalam menggunakan perangkat Android. Baik itu untuk meningkatkan privasi dan keamanan maupun meningkatkan produktivitas, berikut beberapa pengaturan Android yang bisa kamu coba!

1. Sembunyikan notifikasi dari Lock Screen

Seperti yang sudah diketahui, para pengguna Android bisa mengakses notifikasi dari berbagai aplikasi langsung dari layar yang terkunci atau lock screen. Walaupun fitur ini sangat berguna, kamu bisa menyembunyikan notifikasi dari lock screen untuk meningkatkan privasi.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk menggunakan pengaturan ini:

Buka Setting > Notifications. Kemudian pilih Lock Screen di bawah Notification style.
Klik Notification to show dan pilih Show notifications but hide content. Pengaturan ini akan berlaku untuk semua aplikasi kamu.
Untuk mematikan notifikasi pada lock screen untuk masing-masing aplikasi, gunakan tombol Toggle Off.

2. Hilangkan iklan yang dipersonalisasi

Google selalu memantau aktivitas kamu untuk memberikan iklan yang dipersonalisasi. Mereka menggunakan sistem pelacakan yang besar untuk melakukan ini. Contohnya, jika kamu melakukan pencarian tentang earbuds, kamu akan melihat iklannya di web.

Jika kamu merasa paranoid terkait privasi yang dipantau oleh Google, kamu bisa menggunakan cara ini.

  • Buka Setting.
  • Pergi ke Google > Ads.
  • Klik Delete advertising ID dan pilih Delete Advertising ID pada laman berikutnya.

3. Ubah Server DNS Ponsel Kamu

Domain Name System atau DNS diperlukan untuk terhubung ke berbagai situs web di internet. Mengubah DNS bisa meningkatkan kecepatan internet dan pengalaman menjelajah internet secara keseluruhan.

Berikut langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengubah DNS di pengaturan Android

  • Pergi ke Setting > More connections.
  • Kamu akan melihat opsi Private DNS. Klik pada kotak tersebut.
  • Masukkan nama host DNS di bawah Private DNS provider hostname.
  • Dua server DNS yang sering digunakan adalah:

Google DNS: dns.google
Cloudflare: 1.1.1.1

4. Aktifkan mode Night Light atau Eye Care

Menggunakan smartphone dalam jangka waktu yang lama bisa merusak penglihatan dan pola tidur. Hal ini bisa disebabkan oleh kecerahan dan warna layar kamu. Jadi, salah satu cara terbaik untuk melindungi mata dan pola tidur adalah dengan menggunakan fitur Night Light dalam pengaturan Android.

  • Pergi ke Setting > Display & brightness.
  • Pilih Night Light, atau bisa disebut juga dengan Eye Care.
  • Kamu bisa menggunakannya secara langsung atau menjadwalkannya untuk diaktifkan secara otomatis.
Baca Juga :   Fitur-fitur yang Akan Kamu Dapatkan: Linktree Luncurkan Aplikasi iOS dan Android

5. Nonaktifkan dan sembunyikan aplikasi yang tidak diinginkan di ponsel kamu.

Smartphone Android dari berbagai produsen memiliki beberapa aplikasi bawaan yang mungkin tidak kamu butuhkan. Beberapa aplikasi ini juga akan mengirimkan pemberitahuan yang bisa mengganggu.

Untuk melakukannya, ikuti cara-cara di bawah ini:

  • Buka Setting > Apps.
  • Pergi ke See All Apps untuk membuka daftar aplikasi yang telah diinstal
  • Pilih aplikasi yang tidak kamu inginkan untuk membuka pengaturan aplikasi tersebut.
  • Jika kamu hanya ingin menonaktifkan notifikasinya, klik Notification dan nonaktifkan.
  • Kamu juga bisa menonaktifkan aplikasi tersebut secara keseluruhan dengan cara pilih Force stop dan Disable di bagian bawah layar.
  • Mengubah pengaturan Android tersebut akan membantu mendapatkan pengalaman maksimal dalam menggunakan perangkat Android kamu. Kamu bisa menyesuaikan beberapa pengaturan tersebut sesuai dengan kebutuhan.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.