Merawat Buku agar Tidak Mudah Rusak.

Bagi para penggemar buku, menjaga kondisi buku agar tetap bagus dan tidak mudah rusak merupakan salah satu kegiatan yang wajib dilakukan. Apalagi jika memiliki perpustakaan pribadi, membersihkan buku merupakan salah satu agenda yang harus dilakukan minimal satu kali dalam seminggu.

Buku merupakan salah satu media tumbuh jamur yang cukup baik. Penanganan dan perawatan buku yang kurang tepat dapat membuat kertas mudah berubah warna menjadi kuning serta mudah lepas. Mungkin bagi sebagian orang hal ini tidak menjadi masalah selama buku tersebut masih bisa dibaca, tapi kondisi buku yang tetap bagus dan terlihat seperti baru juga sesuatu yang diinginkan.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kondisi bukumu tetap dalam keadaan baik dan tidak mudah rusak.

1. Gunakan sampul plastik

Tips pertama yaitu beri sampul plastik pada bukumu. Sampul plastik dapat melindungi buku dari risiko rusak karena basah, terlipat, berdebu, hingga terkelupas. Kadang ada beberapa buku yang bagian ujung dan pinggir covernya mudah terkelupas begitu saja. Dengan memberi sampul, buku akan terlihat lebih rapi dan tidak mudah rusak atau basah.

2. Hindari melipat buku

Daripada melipat halaman untuk menandai buku, lebih baik gunakan pembatas buku. Hal ini untuk menghindari buku jadi terlihat lusuh jika terlalu banyak lipatan. Tutup buku jika tidak dibaca agar tidak mudah kotor. Ada banyak sekali model pembatas buku yang bisa kita gunakan, bahkan kita juga bisa membuatnya sendiri.

3. Posisikan berdiri saat menaruh buku

Ketika menyimpan buku di rak, usahakan untuk menaruhnya dalam posisi vertikal atau berdiri. Hal ini untuk menghindari terbatasnya aliran udara. Buku yang diletakkan dalam posisi berdiri akan memberikan jalan pada udara untuk masuk, sehingga buku tidak mudah berjamur dan menguning.

4. Gunakan silica gel

Salah satu penyebab cepatnya kertas buku berubah menjadi kuning adalah karena kadar lembab yang terlalu tinggi, sehingga jamur mudah tumbuh dan menyebabkan kertas menjadi berbercak kuning. Untuk menghindari hal ini, kita bisa menggunakan silica gel untuk menyerap lembab. Letakkan saja silica gel yang masih terbungkus di atas dan di sekeliling buku.

5. Bersihkan buku dari debu

Tips terakhir adalah bersihkan buku dari debu. Debu-debu yang menempel pada buku dapat membuat buku menjadi terlihat lusuh dan gampang rusak. Bersihkan debu dengan lap kering atau kemoceng. Buka sesekali buku agar setiap kertasnya tidak saling menempel dan biarkan udara masuk.

Itulah lima tips merawat buku agar tetap bagus dan tidak mudah rusak. Buku merupakan salah satu barang koleksi yang juga harus diperhatikan kebersihan dan kerapiannya. Agar bukumu awet dan bisa diwariskan hingga nanti, jaga dan rawatlah bukumu dengan baik.

 

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.