Robot Buatan Mahasiswa Indonesia yang Pernah Menang di Kompetisi Internasional, Nomor Terakhir Kalahkan Amerika

Sedikitnya ada empat robot buatan mahasiswa Indonesia yang pernah menang dalam kompetisi Internasional . Bahkan diantaranya mampu mengalahkan negara maju seperti Amerika Serikat. Meskipun perkembangan teknologi robotik belum berkembang pesat di Indonesia seperti pada negara maju. Namun dengan banyaknya prestasi bukan tidak mungkin Indonesia dapat bersaing dalam hal produksi robot. Baca juga : Robot Mestro_Evo UNY Wakili Indonesia di Kompetisi Robot Internasional di China Berikut empat robot buatan mahasiswa Indonesia yang pernah menang di kompetisi Internasional seperti dilansir dari berbagai sumber:

1. Robot Khaum I & II serta Sultan Agung I&II buatan Mahasiswa Unissula Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang mengirimkan tim robotik untuk bertanding di Oosting Gymnasium Trinity College Ferris Athletic Center, Hartford, Amerika Serikat. Ajang Trinity College International Fire Fighting Home Robot Contest tersebut diselenggarakan pada 2-3 April 2016 lalu. Dalam ajang ini tim robotik yang terdiri dari Faisal Aminuddin, La Ode Muhammad Idris, dan Ahmad Zuhri yang berasal dari Fakultas Teknologi itu bersaing dengan 80 tim kontestan dari berbagai negara. Antara lain Tiongkok, Israel, dan berbagai negara bagian di Amerika Serikat. Robot yang dibawa oleh tim Unissula ini adalah dua robot pemadam api beroda bernama Khaum I dan Khaum II serta dua robot pemadam api berkaki, dengan nama Sultan Agung I dan Sultan Agung II. Mahasiswa Unissula berhasil mempersembahkan gelar juara umum lewat robot yang telah diciptakannya ini.

2. Robot Pemadam Api buatan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang Mahasiswa program studi teknik elektro Universitas Muhammadiyah Malang berhasil meraih juara pertama untuk kategori robot pemadam api berkaki, dan juara kedua untuk robot pemadam api beroda oleh Defence Science Organization (DSO) National Laboratories and Science Centre yang bekerja sama dengan Kementerian Pertahanan Singapura Pada tahun 2018 tim robot ini sempat meraih juara satu pada kontes robot Indonesia untuk kategori regional dan nasional.

3. Robot Ichiro buatan Mahasiswa ITS Robot sepakbola karya mahasiswa ITS ini dinamai Ichiro (ITS Championship in Robocup). Ichiro dibuat pada tahun 2012 dan telah turun-temurun dikembangkan oleh setiap angkatan tim. Ichiro berkesempatan mengikuti kontes robot bergengsi tingkat internasional. Yaitu Federation of International Robot-Soccer Association (FIRA) Hurocup (Humanoid Robot Cup) 2016, yang akan digelar di Beijing, China pada 14-18 Desember 2016. Di ajang ini Ichiro mengikuti 6 cabang olahraga,yakni long jump, obstacle run, marathon, sprint, soccer, dan weightlifting dan dari semua itu mereka berhasil sapu bersih 10 medali, mengalahkan dua rival paling alot, yakni Malaysia dan Taiwan. Baca juga : Tim Pelajar Indonesia Raih Emas di Kompetisi Robot Dunia

4. Robot Pemadam Api buatan Mahasiswa PENS Tim Robotik Politeknik Elektronika Negeri Surabaya mengikuti lomba trinity college fire fighting home robot contest 2014. Mereka sukses merebut juara dari kategori yang dipertandingkan. Pada pertandingan ini Indonesia berhasil mengalahkan Israel dan Amerika Serikat. Tim Robotik PENS ini sukses juara dunia dalam dua kategori sekaligus. Berkat usahanya mahasiswa yang ikut serta memenangkan kejuaraan ini berhak atas beasiswa selama kuliah di PENS. Bagi yang akan lulus, beasiswa ini bisa dipergunakan untuk mendaftar S2.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.