Cara Hitung Asuransi Motor Hilang

Motor merupakan salah satu aset guna yang memiliki nilai manfaat. Motor digunakan untuk berbagai keperluan, terlebih bagi kamu yang memiliki mobilitas tinggi. Mengingat harga motor yang tidak murah, perawatan motor penting untuk dilakukan dengan maksimal. Jangan sampai motor yang digunakan rusak atau bahkan hilang karena dapat menimbulkan kerugian. Disinilah fungsi asuransi motor hilang yang mampu mengcover serta memberikan proteksi pada kendaraan guna meminimalisir kerugian di masa depan.

Saat ini sudah banyak tersedia asuransi motor hilang yang dapat kamu manfaatkan untuk memberikan proteksi lebih terhadap kendaraan. Kasus kriminalitas yang tinggi di kota besar maupun kecil membuat asuransi ini sangatlah penting. Kasus curanmor atau pencurian motor mengharuskan kamu untuk lebih waspada dalam menjaga aset berupa kendaraan yang kamu miliki.


Pengertian Asuransi Motor Hilang

Asuransi motor hilang merupakan asuransi atau proteksi yang melindungi kendaraan khususnya motor dari berbagai risiko di masa depan. Risiko yang ditanggung oleh jenis asuransi ini adalah ketika motor hilang akibat pencurian atau lainnya.

Pada asuransi motor hilang, jenis asuransi yang menanggung resiko hilangnya kendaraan adalah asuransi TLO atau Total Loss Only. Produk tersebut memberi jaminan atas kehilangan sepeda motor yang hilang atau rusak sebesar 75% keatas. Jadi jika kamu ingin memiliki jaminan atas hilangnya kendaraan, kamu wajib memiliki asuransi TLO.

Jenis-jenis Asuransi Motor Hilang

Asuransi motor hilang terdiri dari 2 jenis asuransi yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Kedua jenis asuransi tersebut meliputi asuransi motor yang dibeli secara cash atau tunai dan asuransi motor yang dibeli secara kredit.

Motor yang dibeli secara tunai (cash)
Membeli motor secara tunai umumnya belum disertai dengan asuransi. Meskipun demikian, pihak leasing kemungkinan akan menawarkan asuransi terpisah ketika kamu membeli motor. Jadi meskipun biaya asuransi tidak digabung dengan harga motor, namun kamu tetap bisa memiliki asuransi motor hilang ketika membeli motor secara cash.

Motor yang dibeli secara kredit
Berbeda dengan motor yang dibeli secara tunai, motor kredit secara otomatis sudah dilengkapi dengan asuransi kehilangan motor. Premi yang dibebankan umumnya sudah termasuk dengan total biaya pembelian motor secara keseluruhan. Jadi ketika kamu membeli motor kredit, kamu akan langsung mendapatkan perlindungan atas risiko hilang atau rusaknya motor tersebut.

Cara Hitung Pertanggungan Asuransi Motor Hilang

Lantas bagaimana cara menghitung pertanggungan asuransi motor hilang? Mengenai pertanggungan ini, terdapat beberapa poin penting yang perlu kamu tahu. Meskipun demikian, penghitungan pertanggungan asuransi motor hilang pada pembelian cash dan kredit umumnya tidak jauh berbeda.

Nah, berikut ini beberapa faktor yang perlu diperhatikan saat menghitung pertanggungan asuransi kehilangan motor.

1. Perhatikan jangka waktu pembelian motor dengan waktu kehilangan
Berapa banyak uang pertanggungan yang akan kamu terima jika terjadi risiko motor hilang tergantung dari jangka waktu pembelian motor dengan waktu kehilangan. Semakin kecil jangka waktu pembelian dengan kehilangan, maka semakin besar uang pertanggungan yang diterima. Begitu juga sebaliknya. Bahkan jika waktu kehilangan terjadi sebelum 6 bulan dari waktu pembelian, maka asuransi akan mengganti dengan uang yang besarannya sama dengan harga motor di pasaran.

2. Cari Tahu harga On The Road (OTR) saat terjadi kehilangan
Faktor yang mempengaruhi perhitungan yang kedua adalah harga OTR atau On The Road saat kehilangan motor. Jika nilai jual motor ketika hilang adalah dibawah Rp10 juta, maka uang pertanggungan akan dipotong sebesar Rp1 juta,. Namun jika nilai jual motor diatas Rp10 juta, maka potongan yang diberikan adalah sebesar 10% dari harga motor saat itu.

3. Jika berstatus kredit, sisa kredit ditutup dari pertanggungan
Jika kamu kehilangan motor yang dibeli secara kredit, maka secara otomatis uang pertanggungan akan digunakan untuk menutup sisa kredit yang sedang berjalan. Dengan kata lain, kamu akan dibebaskan dari sisa hutang karena sudah ditutup dengan uang pertanggungan tersebut.

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.