Fitur Andalan Aplikasi Signal, Lebih Baik Dari WhatsApp?

Signal adalah alternatif aplikasi perpesanan yang akhir-akhir ini naik daun. Pertambahan penggunanya makin naik beberapa minggu terakhir.

Hal ini berhubungan dengan diberlakukannya persyaratan privasi baru WhatsApp yang menyebutkan data pengguna kini dapat dibagikan ke Facebook.

Tak kalah dari WhatsApp, Signal nyatanya menyediakan sejumlah fitur yang lebih baik dan serupa dengan aplikasi milik Facebook tersebut.

Nah, berikut ini adalah 5 fitur andalan di dalam aplikasi Signal yang perlu Anda ketahui, sebagaimana dikutip dari BGR.

1. Grup video call di desktop

Berbeda dari WhatsApp, Signal juga menawarkan pilihan untuk melakukan grup video call di perangkat laptop atau PC.

Cara melakukan video call di grup Signal pun terbilang cukup mudah. Kamu hanya perlu memilih kontak, menambahkan nama ke grup, dan klik ikon video call.

2. Enkripsi End-to-End

Mirip dengan WhatsApp, semua chat (pesan) yang dikirim atau diterima di Signal sudah terenkripsi end-to-end.

Ini berarti semua pesan yang dikirim hanya terlihat oleh kamu dan lawan chatting, tidak bisa dilihat oleh perusahaan atau siapa pun juga.

3. Tautkan Berbagai perangkat

Pengguna dapat memakai atau mengakses Signal di berbagai perangkat sebanyak mungkin, tidak seperti WhatsApp.

Kamu dapat menggunakan Signal di smartphone, laptop, tablet, atau perangkat lain dalam waktu yang bersamaan.

4. Dark Mode

Seperti aplikasi yang ada saat ini, Signal juga menyediakan opsi untuk mengubah tampilan dalam mode dark atau light.

Kamu dapat mengaktifkan fitur ini dengan mengaksesnya di menu Settings > Appearance, dan aktifkan dark/light mode.

Baca Juga :   Fitur Komunitas Baru di WA, Launching 2022 Dengan 4 Fitur Yang lain

5. Tanda sudah dibaca

Serupa dengan WhatsApp, Signal juga ada opsi untuk memberitahukan lawan bicara pesan mereka sudah dibaca.

Fitur ini juga dapat diaktifkan atau dinonaktifkan bila memang diperlukan. Cara mengaktifkannya, masuk ke menu Settings > Privacy > dan cari di tab Communication.

Selain itu, fitur Typing indicators ini dapat diaktif atau dinonaktifkan untuk melihat apakah kamu atau lawan bicara di Signal sedang mengetik (typing).

 

Belajar gaya bahasa lewat aplikasi berbasis Android

Sebuah aplikasi berbasis Android membantu penggunanya untuk memahami jenis majas atau gaya bahasa. Majas sendiri biasanya menjadi salah satu materi dalam pelajaran Bahasa Indonesia siswa Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA).

Aplikasi dengan nama ‘1001 Majas’ itu diciptakan oleh Dini Anggita Sumantri dan Wulan Ria Anggraini, Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Malang (PBSI UMM). Aplikasi tersebut dibuat untuk menunjang pembelajaran siswa.

“Tujuan aplikasi ini untuk membantu murid, terutama anak SD agar mereka mudah mengenali majas,” ujar Dini penggagas aplikasi di Universitas Muhammadiyah Malang, Selasa (22/5).

Dini mengatakan, ide aplikasi 1001 Majas ini muncul dari fenomena akrabnya anak zaman sekarang dengan gadget atau android dibanding buku. Guna mewujudkan inovasi aplikasi majas tersebut, keduanya mengajak Shodiq Imam Purnomo dan Farih Nazihullah, mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik UMM untuk mematangkan konsep dan mewujudkan menjadi sebuah aplikasi.

Sedangkan konsep isi aplikasi maupun komik dibantu oleh mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi, Faisal Hidayat.

Kata Wulan, aplikasi tersebut memiliki tiga menu utama, yaitu materi, permainan, dan komik. Menu utama tersebut sengaja dikemas dalam satu aplikasi agar pengguna betah belajar majas.

Baca Juga :   Jangan Sampai Kena Sadap, Ini Tips & Trik Amankan Whatsapp

Sementara dalam menu permainan terdapat tiga pilihan yaitu Sang Jagoan, Teka-Teki Silang dan Jodoh Kata. Sedangkan dalam menu Komik, majasnya dimasukkan dalam konsep ceritanya.

“Yang ini, majasnya dimasukkan ke dalam cerita,” kata Dini yang asal Sangatta Kalimantan Timur ini.

Tim saat ini sedang menyiapkan 20 cerita yang akan dimasukkan dalam aplikasi komik.

“Aplikasi ini kami ajukan dalam PKM 2018 Bidang Karsa Cipta. Kami juga mengusahakan aplikasi ini bisa didownload di playstore dan appstore segera,” kata Wulan.

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.