Alasan Laptop Cepat Rusak, Hindari Kebiasaan Ini Sebisa Mungkin

Laptop merupakan salah satu perangkat penting yang digunakan oleh sebagian besar masyarakat dunia, baik untuk bekerja, mencari hiburan, bahkan belajar.

Namun, menjaga kesehatan dan keamanan laptop penting bagi pengguna agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Jika laptop cepat rusak, maka pengguna akan merugi karena harus mengeluarkan biaya tambahan untuk memperbaikinya.

Untuk itu, sebisa mungkin hindari empat alasan di bawah ini yang bisa membuat laptop cepat rusak berdasarkan akun Instagram resmi Kemenkominfo:

1. Pemasangan kabel charger

Meskipun hal yang terlihat sepele, ternyata pemasangan kabel charger memiliki dampak bagi kesehatan laptop. Aturan yang benar adalah mencolokkan charger ke kontak listrik, lalu disambungkan ke laptop.

Jika pengguna melakukan hal sebaliknya, itu akan membuat motherboard laptop cepat rusak karena listrik yang belum stabil.

2. Mengisi baterai tanpa henti

Pengguna disarankan untuk tidak mengisi baterai tanpa henti dan jangan mengisi daya ketika persentase baterai masih banyak.

Alih-alih awet, itu akan membuat daya baterai laptop menjadi cepat berkurang.

3. Langsung klik tombol power

Pengguna umumnya langsung mengklik atau menekan tombol power untuk melakukan shutdown ketika laptop bermasalah.

Daripada langsung mematikan laptop, sebaiknya pengguna coba untuk menutup software yang bermasalah melalui menu Task Manager.

Kebiasaan mematikan laptop secara paksa akan membuat mesin laptop cepat rusak.

4. Terlalu sering menggunakan sleep mode

Sleep mode terkadang banyak digunakan para pengguna sebagai cara praktis dan cepat untuk mematikan laptop. Namun, kebiasaan ini akan membuat baterai rusak.

Mesin laptop juga dapat lelah dan panas setelah digunakan selama berjam-jam. Oleh karena itu, “istirahatkan” laptop dengan mematikannya secara benar.

Dengan menghindari empat kebiasaan di atas, pengguna dapat memperpanjang masa pakai laptop dan menjaga kesehatan perangkat agar tidak cepat rusak.

 

Lenovo Luncurkan 3 Laptop IdeaPad Baru di MWC 2022

Lenovo meluncurkan beberapa perangkat baru di ajang Mobile World Congress (MWC) 2022 Barcelona, Spanyol. Perangkat ini mencakup laptop Lenovo IdeaPad Flex 5i, IdeaPad Flex 5, dan IdeaPad Duet 5i.

“Seiring beradaptasi dengan gaya hidup hybrid yang terus mengubah pengalaman konsumen menjadi lebih intuitif, Lenovo melakukan inovasi yang lebih cerdas dan layanan terpercaya yang bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari,” kata Lenovo dalam keterangannya,

Berikut perangkat baru Lenovo yang dirilis di MWC 2022 Barcelona:

Lenovo IdeaPad Flex 5 seri 2-in-1
Lenovo menghadirkan dua laptop konvertibel baru yang dinamakan IdeaPad Flex 5i dan IdeaPad Flex 5. Kedua laptop ini bisa diputar hingga 360 derajat dan bisa dalam mode tablet, stand, atau lipat seperti tenda.

Kedua laptop ini tersedia dalam dua varian layar, 14-inci dan 16-inci.
Layarnya berjenis OLED dengan resolusi 2,8K, rasio 16:10, color gamut DCI-P3 100 persen, kecerahan 400 nits, dan sertifikasi TÜV untuk teknologi cahaya biru yang rendah.

IdeaPad Flex 5i ditenagai oleh prosesor Intel Core i7 U-series Generasi ke-12 dan grafis Intel Iris Xe MAX. Sementara laptop IdeaPad Flex 5 ditenagai hingga AMD Prosesor Ryzen 7 U-series dan grafis AMD Radeon.

RAM berukuran hingga 16 GB dan dilengkapi SSDD hingga 1TB. Sementara port laptopnya mencakup USB Type-C dan Thunderbolt 44.

Fitur lainnya yakni speaker Dolby Audio, charger 65W, Lenovo Eye Care, fitur Smart Learning, Smart Power, Smart Noise Cancelling, hingga webcam FHD dan privacy shutter.

Lenovo IdeaPad Duet 5i
IdeaPad Duet 5i menampilkan fitur-fitur tablet Windows 11 yang populer pada laptop 12-inci terbaru Lenovo yang dapat dilepas dengan keyboard dan dilengkapi dengan fitur Bluetooth.

Laptop ini bisa digunakan dalam empat mode seperti laptop dengan penyangga folio, mode tablet, atau buat mencoret-coret menggunakan mode pen dengan Active Pen 38 opsional, hingga layar yang bisa dilepas untuk mode free saat bepergian.

Dilengkapi dengan keyboard Bluetooth yang dapat dilepas yang memungkinkan pengguna dapat mengatur sendiri jarak antara keyboard dan layar sehingga lebih nyaman saat bekerja atau belajar dari rumah.

Laptop detachable IdeaPad Duet 5i memiliki bobot yang ringan dan tipis dengan ketebalan 9,45mm. Ini juga menawarkan desain cover yang dibuat dengan bahan daur ulang lewat warna Stone Blue dan Storm Grey.

Sementara layarnya berjenis IPS 2.5K 12 inci yang bisa disentuh, format 16:10, color gamut DCI-P3 96 persen, dan kecerahan 450 nits. Laptop turut mendukung Dolby Vision untuk kualitas gambar yang jelas ditambah dengan suara yang sangat imersif dengan Dolby Atmos.

Di bagian mesin, IdeaPad Duet 5i diperkuat prosesor Intel Core i7 Generasi ke-12, memori saluran ganda yang diperluas, Wi-Fi 6, dua port Type-C, serta output tampilan hingga 4K.

IdeaPad Duet 5i bekerja melalui Lenovo Smart Login dan kamera inframerah (IR) 5M, serta pengisian daya selama 15 menit untuk kembali bekerja atau bermain dengan cepat.

Sayang Lenovo tidak memberikan informasi kapan tiga laptop ini dirilis ke Indonesia.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.