Shared Hosting

Shared Hosting : Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan

Shared HostingHalo sobat Tekno Advisor. Kalian mungkin sering atau tidak pernah mendengar atau menemukan kata Hosting, kebanyakan dari kalian juga merasa asing dan tidak tahu apa itu hosting. Apalagi kalian yang tidak bekerja atau berkecimpung di dunia internet.

Hosting adalah sebuah istilah untuk jasa penyewaan sebuah server yang digunakan untuk  website/situs atau bisa juga untuk email. Selain itu hosting juga dapat mengelola data dari sebuah situs atau aplikasi berbasis web oleh penggunanya itu sendiri, file website atau aplikasi tersebut akan tersimpan di dalam database hosting itu sendiri.

Selain itu fungsi hosting bukan hanya untuk membuat halaman website, kalian juga dapat mengembangkan situs marketplace kalian hingga membuat email profesional. Namun memang jika ingin mendapat fitur penuh dari sebuah layanan hosting kalian harus membayar biaya sewa server mulai dari perminggu, per bulan hingga per tahun dengan tarif yang berbeda – beda tergantung dimana kalian memakai layanan hosting.

Selain itu buat kalian yang belum mampu membeli server/hosting sendiri, kalian juga dapat memanfaatkan Shared Hosting dimana kalian akan berbagi hosting dengan pengguna yang lain sehingga tentu untuk harganya pun jauh lebih murah.

Lalu sebenarnya apa itu Shared Hosting ? serta apa kelebihan dan kekurangannya, jika kalian penasaran kalian dapat membaca ulasan dari kami ini.

PENGERTIAN SHARED HOSTING

Ilustrasi Shared Hosting Server
Ilustrasi Shared Hosting Server

Shared Hosting adalah, seperti namanya yaitu berbagi hosting ke beberapa pengguna yang artinya beberapa pengguna itu menggunakan satu server yang sama dan para penggunanya memekai servis yang sama dari server tersebut.

Baca Juga :   WordPress Hosting : Pengertian Kelebihan dan Kekurangan nya

Shared Hosting ini sangat populer di dunia hingga shared hosting ini di anggap sebagai hosting biasa oleh orang – orang, sehingga jika ada menanyakan tentang hositng pasti akan dikasih tahu tentang shared hosting itu sendiri.

Buat kalian masih bingung atau tidak mengerti cara kerja dari shred hosting itu sendiri kalian dapat membayankan rumah kosan yang memiliki kamar banyak namun untuk kamar mandi yang dipakai bersama.Nah jika ada pengguna yang memakai kamar mandi tersebut terlalu lama maka itu kan mengganggu atau menghambat aktifitas pengguna lainnya.

Layanan ini juga sangat cocok digunakan untuk website/situs kalian yang belum memiliki traffic terlalu tinggi atau bisa dikatakan jumlah pengunjung ke situs kalian masih terhitung sedikit. Alasan ini juga sangat masuk akal untuk pemilik situs baru untuk menggunakan layanan shared hosting, karena belum tingginya traffic dan juga harga dari hosting bersama ini terbilang murah karena di pakai bersama – sama dengan user yang lainnya juga.

Karena dipakai oleh banyak akun/pengguna maka tentunya ada kelebihan dan kekurangan dari shared hosting itu sendiri. Maka dari itu kami akan memberikan beberapa kelebihan dan kekurangan dari layanan ini agar kalian mengerti dan dapat menentukan akan memakai layanan ini atau tidak.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SHARED HOSTING

Kelebihan Shared Hosting

Tentunya shared hosting memiliki beberapa kelebihan karena memang jenis hosting ini sangat di minati di dunia. Maka dari itu kami berikan beberapa kelebihan dari Shared Hosting.

  1. Harga Murah

Karena banyaknya akun yang memakai server yang sama maka tentu harganya juga lebih murah jika di bandingkan dengan decitaded hosting. Apalagi dengan fitur yang di tawarkan cukup lengkap.

  1. Mudah Untuk Pemula
Baca Juga :   Dedicated Hosting: Pengertian Kelebihan dan Kekurangan

Layanan ini sangat mudah digunakan oleh pemula, kita tidak perlu menguasai bahasa pemograman untuk pengoperasiannya karena memang setiap fitur atau servis sudah disediakan oleh penyedia hosting.

  1. Pre-Configure Server

Jika kalian memekai layanan ini maka kalian tidak perlu melakukan konfigurasi terhadap server kalian, karena sudah di konfigurasi oleh pihak penyedia. Sehingga kalian tidak perlu repot dan pusing untuk konfiguarsi server.

  1. Akeses ke Control Panel

Alasan ini juga yang membuat layanan ini menjadi sangat populer karena user akan sangat mudah mengakses control panel untuk memanfaatkan fitur yang disediakan, Contoh, seperti meng-install CMS, mengupload file dan masih banyak yang lainnya.

  1. Tidak Perlu Maintenance dan Administrasi Server

Kelebihan ini sangat memudahkan untuk pemula karena untuk maintenance dan urusan adminsitrasi sever akan di lakukan oleh penyedia hosting, jadi user tidak perlu repot untuk melakukan maintenance sendiri.

Kekurangan Shared Hosting

Selain segala kelebihan dan kemudahan yang diberikan oleh layanan hosting bersama, ada juga beberapa kekurangan dari layanan tersebut. maka dari itu kami akan berikan beberapa kekurangan dari layanan ini untuk menjadi bahan pertimbangan bagi kalian yang ingin memakai layanan shared hosting.

  1. Kontrol ke Server Terbatas

Penyedia layanan ini  tidak memberikan banyak ruangan untuk akses ke server, membuat user kontrol ke server sangat terbatas. Hal itu terjadi karena menang penyedia shared hosting yang memiliki akes penuh terhadap server.

  1. Berpontensi Crash atau Overload

Crash dapat terjadi kapan saja karena disebabkan layanan ini memiliki banyak pengguna dalam satu server, yang artinya jika terlalu banyak situs atau aplikasi lain yang berjalan dalam server yang kalian gunakan hal itu dapat menyebabkan crash.

Baca Juga :   Cloud Hosting : Pengertian, Kelebihan Dan Kekurangan

Lalu jika ada sebuah situs yang sedang memiliki traffic sangat tinggi hingga overload membuat situs lain yang berada di sever yang sama akan mendapat kan dampaknya.

  1. Keamanannya Kurang Terjamin

Layanan ini  gunakan oleh banyak user dalam satu server, pastinya hal tersebut berpotensi terjadinya penyalahgunaan akses, serta data – data yang tersimpan di dalam server dapat dicuri oleh user lain. Apalagi jika kalian memiliki situs marketplace dan memakai layanan ini sangat rawan bocornya data – data dari pelanggan kalian.

Selain Shared Hosting ada juga jenis – jenis layanan hosting lainnya seperti :

KESIMPULAN

Jika kalian ingin membuat sebuah situs atau aplikasi berbasis web baru dan membutuhkan hosting, kalian dapat menggunakan layanan shared hosting selain harganya yang murah kalian juga akan mendapatkan kelebihan yang sudah kami jelaskan di atas.

Selain itu saat ini sudah sangat banyak penyedia layanan hosting dengan harga yang murah serta fitur – fitur yang ditawarkan. Membuat kalian sebagai pemula tidak perlu lagi kerepotan mencari layanan hosting murah.

Namun terlepas dari kemudahan dan kelebihahnnya kalian juga harus memperhatikan kekurangan yang telah kami jelaskan di atas, apalagi soal keamanan data kalian benar – benar harus menjaga data kalian aman.

Tapi kembali lagi kepada kaliang, gunakalah layanan hosting sesuai kebutuhan kalian dan tetap perhatikan dan cari tahu penyedia layanan hosting yang terpacaya. Karena sekarang sudah sangat banyak penyedia layanan hosting denga harga murah namun belum tentu terpercaya.

Tentang Rahmat Saefullah

Author & Penulis ,Alumni UNIKOM yang telah berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang Komputer dan Teknik Informatika

Check Also

wordpress hosting

WordPress Hosting : Pengertian Kelebihan dan Kekurangan nya

WordPress Hosting – Halo sobat Tekno Advisor. Kalian yang memiliki sebuah website yang menggunakan CMS …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *