Dedicated Hosting

Dedicated Hosting: Pengertian Kelebihan dan Kekurangan

Dedicated HostingHalo sobat Tekno Advisor. Jika kalian adalah seorang webmaster atau pemilik sebuah website, maka kalian tidak asing dengan istilah hosting. Tentunya saat ini banyak sekali pilihan web hosting yang tersedia di luar sana dan salah satu pilihan yang terpopuler ada Dedicated Server Hosting.

Pilihan hosting ini menjadi pilihan yang paling digemari oleh orang, terutama bagi website – website perusahaan yang memiliki level enterprise.

Lalu bagaiman bisa Dedicated Server Hosting menjadi pilihan utama bagi perusahaan – peruhaan yang sudah besar. Penasaran ? kalian dapat membaca ulasan dari kami ini yang akan membahan apa itu Dedicated Hosting serta Kelebihan dan Kekuranganya.

DEDICATED SERVER HOSTING

Dedicated Server Hosting
Source : Niagahoster.co.id || Ilustrasi / Contoh Dedicated Server Hosting

Dedicated Hosting / Dedicated Server dapat di artikan sebagai layanan penyewaan server secara utuh tanpa berbagi dengan pengguna lain yang ditempatkan pada pusat data. Perangkat server biasanya sudah disediakan dan dikelola oleh penyedia layanan dedicated hosting / dedicated server dengan begitu kalian hanya perlu memakainya saja.

Karena Dedicated Server menyewa satu server penuh atau secara utuh maka dari itu resource yang tersedia seperti RAM, prosesor, kapasitas penyimpanan, bandwidth dan lain sebagainya, tidak akan terbagi dengan pengguna lainnya jadi kalian akan memakai semua resource yang ada untuk kalian saja. Dedicated Server juga tidak hanya bisa untuk kebutuhan website saja, bisa juga dimanfaatkan untuk email, aplikasi bahkan game hosting sekalipun.

Dedicated Server akan menjadi pilihan utama ketika bisnis atau situs kalian berkembang dengan pesat. Peningkatan traffic pengunjung yang semakin bertambah akan membutuhkan power lebih besar dari dari server yang melayaninya, maka dari itu layanan hosting ini akan menjadi pilihan utama karena fleksibelitasnya yang tinggi untuk menambah resource yang dibutuhkan.

Tipe Dedicated Hosting

Namun ada yang harus kalian ingat bahwa Dedicated Hosting ini digolongkan menjadi dua berdasarkan cara pengelolaanya, yaitu :

  • Managed Server Hosting
Baca Juga :   Apa itu Hosting? Apa Manfaat dan Fungsinya? Simak Penjelasanya...

Pada tipe ini kalian tidak perlu lagi pusing dan kesusahaan untuk mengelola server anda sendiri karena dari pihak penyedia layanan hosting akan memberikan sebua tim profesional untuk mengelola server anda, mulai dari proses manajemen, administrasi, pemeliharaan, pembaharuan, monitoring hingga konfigurasi firewall.

  • Unmanged Server Hosting

Pada tipe ini adalah kebalikan dari tipe managed server hosting, dimana kalian akan mengelola server kalian sendiri secara penuh. Tipe ini lebih cocok jika perushaan kalian sudah memiliki tim profesional untuk melakukan pengelola server.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN DEDICATED SERVER HOSTING

dedicated hosting

Kelebihan Dedicated Hosting

Jika kalian ingin lebih tahu tentang Dedicated Hosting, kami akan berikan beberapa kelebihan tentang layanan hosting ini.

  1. Performa Maksimal

Karena semua resource server adalah milik kalian, maka kalian tidak perlu khawatir bagaimana konektivitas, uptime server dan kecepatan website kalian. Apalagi Dedicated Server dilengkapi dengan Bandwidt dan kapasitas penyimpanan tak terbatas, yang akan memberikan kebebasan esktra untuk memanfaatkan resource kalian dengan maksimal.

  1. Hak Akses dan Kontrol Penuh

Karena memakai satu server utuh untuk kalian sendiri maka dari itu kalian akan mendapatkan hak akses dan kontrol penuh terhadap server kalian, karena alasan itu juga kalian menjadi sangat fleksibel untuk mengelola website kalian seperti apapun.

  1. Keamanan Sangat Terjamin

Keamanan semua data – data yang ada di server kalian akan sangat aman karena memang server kalian tidak dibagi dengan pengguna lainnya. Untuk privasi pun sangat terjaga karena server kalian akan dilengkapi dengan alamat IP unik, serta server kalian dilengkapi dengan proteksi penuh terhadap segala macam virus, malwares dan adwares.

  1. Efektif

Lalu kelebihannya lainnya adalah efektif karena kalian dapat mengontrol server dari jauh dengan menggunakan remote. Kalian tidak perlu selalu mengecek langsung server kalian sehingga pekerjaan akan lebih efektif.

  1. Pelayanan Terbaik
Baca Juga :   Penjelasan Lengkap Control Panel Hosting : Pengertian, Contoh dan Fungsinya

Untuk harga Dedicated Hosting memang menjadi termahal jika dibandingan dengan jenis hosting yang lain, namun itu sejalan dengan apa yang kalian dapatkan serta pelayanan yang diberikan.

Kekurangan Dedicated Hosting

Setelah kalian mengetahui kelebihan dari dedictaed hosting, maka kalian harus mengetahui beberapa kekurangan sebelum kalian memilih untuk memakai layanan hosting ini.

  1. Harga

Harga untuk sebuah Dedicated Server sangatlah mahal dan menjadi yang termahal di antara pilihan hosting yang lainnya. Resource yang kalian pakai juga sangat mempengaruhi harga dan kalian juga harus menyewa tim teknis profesional untuk mengelola server kalian.

  1. Skill Tinggi

Jika kalian memilih tipe unmanaged server hosting kalian harus memiliki tim teknis cakap, karena sebuah kesalah saat mengelola server akan berakibat fatal, mulai dari terjadinya downtime hingga hilangnya semua data website kalian.

CARA KERJA DEDICATED SERVER

Cara kerja dari Dedicated Server akan dimulai dari kalian selesai melaukan pembayaran. Dapat di ibaratkan seperti gedung, kalian akan mendapatkan server yang kalian bisa gunakan untuk berbagai macam tujuan, baik untuk menambahkan sistem operari dan program, lalu mengembangkannya menjadi sebuah program baru, setelah itu memodifikasi hingga mengoptimasi sampai dapat digunakan sesuai dengan keinginan kalian.

Beberapa tujuan dapat dicapat dengan membangun LMS (Learning Management System), tempat menyimpan semua file, menjadi sebuah area kerja yang dapat diakses secara umum, mengembangkan sistem operasi, hingga kalian dapat membuat bisnis hosting kalian sendiri.

Akan tetapi sebelum menjalankan server, ada beberapa hal yang perlu kalian siapkan, yaitu :

  • Sistem Operasi (OS)
  • Firewall
  • Alamat IP
  • SSL

CONTOH DEDICATED SERVER HOSTING

Untuk perusahaan atau website yang sudah sangat besar dengan traffic yang sangat tinggi selama 24 Jam pastinya sudah menggunakan dedicated server hosting. Mungkin kami akan berikan beberapa perushaan atau website yang sudah memakai dedicated server.

  • Google
  • Facebook
  • Website Marketplace
  • Website Pemerintahan

KESIMPULAN

Dedicated Hosting dipakai jika kalian bisa membayar semua biaya untuk menyewa sebuah server utuh sendiri, lalu jika website kalian membutuh resource yang lebih baik dan besar maka dari itu Dedicated server sangat cocok untuk kalian.

Baca Juga :   WordPress Hosting : Pengertian Kelebihan dan Kekurangan nya

Serta jika kalian ingin mendapatkan kontrol penuh dan kemanan penuh di tangan kalian maka pilihan hosting ini adalah pilihan terbaik karena semua resource tidak akan berbagi dengan penggun lainnya serta data – data kalian akan aman.

Tentang Rahmat Saefullah

Author & Penulis ,Alumni UNIKOM yang telah berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang Komputer dan Teknik Informatika

Check Also

wordpress hosting

WordPress Hosting : Pengertian Kelebihan dan Kekurangan nya

WordPress Hosting – Halo sobat Tekno Advisor. Kalian yang memiliki sebuah website yang menggunakan CMS …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *