VPS Hosting

VPS Hosting : Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan

VPS HostingHalo sobat Tekno Advisor. Ketika kalian akan membuat sebuah website, apalagi jika website tersebut di pakai untuk menunjang keperluan bisnis kalian, pastinya kalian ingin memiliki hosting yang terbaik agar semua urusan yang dikerjakan dalam website kalian dapat berjalan dengan lancar.

Oleh karena itu, mungkin beberapa dari kalian ada yang sedang memperimbangkan untuk menggunakan VPS Hosting, untuk keperluan website kalian.

Namun sebelum itu, sebaiknya kalian memahami terlebih dahulu apa itu VPS Hosting lalu kelebihan dan kekuranganya agar kalian dapat mengetahui bahwa VPS adalah hosting yang terbaik sesuai kebutuhan anda.

PENGERTIAN VPS HOSTING

Contoh VPS Hosting
Contoh VPS Hosting

Virtual Private Server Atau VPS adalah server virtual yang memiliki resource sendiri dan server ini hanya digunakan oleh satu pelanggan saja.

Kenapa bisa disebut dengan server virtual ? karena VPS Hosting menggunakan teknologi virtualisasi terhadap satu server fisik yang dapat dibagi menjadi beberapa mesin virtual atau sistem virtual.

Karena pembagian ini memungkinkan beberapa VPS yang ada dalam satu server fisik dapat menjalan sistem operasi dan aplikasi yang berbeda sesuai pelanggan dan kebutuhan masing – masing.

Harus perlu diingat VPS Hosting bukan sebuah server pribadi dengan satu server fisik namun layanan ini adalah kumpulan beberapa Server Virtual yang berada dalam satu server fisik. Serta resource yang dapat digunakan dan diatur secara mandiri tanpa mempengaruhi atau mengganggu VPS lainnya.

Bagi kalian yang masih bingung dengan cara kerja, ibaratkan saja seperti apartement. Gedung Apartement tersebut adalah server fisik dan unit – unit yang ada didalamnya adalah VPS. Setiap penghuni berada dalam satu gedung namun mereka otoritas penuh terhadap unit mereka, serta apapun yang dilakukan di unit mereka tidak akan mempengaruhi unit lainnya.

Baca Juga :   Apa itu Hosting? Apa Manfaat dan Fungsinya? Simak Penjelasanya...

Layanan ini sebenarnya dapat dikatakan memiliki konsep dasar yang hampir sama dengan Shared Hosting, karena mereka sama – sama berbagi satu server fisik dengan pengguna lainnya.

Perbedaanya adalah jika Shared Hosting tidak menggunakan virtualisasi sehingga resource-nya tidak bersifat private / pribadi yang membuat semua pengguna saling berbagi dan memakai resource yang sama dan rentang terkena dampak dari pengguna lainnya.

Tapi disisi lain layanan ini juga memiliki kemiripan dengan Dedicated Server / Hosting, dimana kalian memiliki Sistem Operasi dan resource sendiri, serta hak akses hingga ke root server bahkan kalian memiliki wewenang untuk merestart VPS kalian sendiri. Selain resource sendiri pengguna layanan ini juga mendapatkan IP Addres, Port Number, Rounting Rules dan juga Tables Filtering sendiri.

JENIS – JENIS VPS HOSTING

VPS Hosting terbagi menjadi dua jenis yang didasarkan cara pengaturan dan pengelolaanya, apa saja itu ?

  1. Managed VPS Hosting

Managed VPS Hosting adalah layanan hosting disediakan lengkap dengan tim profesional yang akan mengurus semua kebutuhan dan pengelolaan dalam server kalian. Tim tersebut akan selalu memantau server kalian selama 24 jam, serta melakukan backup berkala, memperbaharui sistem operasi dan aplikasi sampai mengelola kemaanan servernya.

  1. Unmanaged VPS Hosting

Berbeda dengan Managed VPS Hosting penyedia layanan tersebut sudah memberikan sebuah tim yang akan mengurus semua keperluan server kalian, Unmanaged VPS Hosting mengahruskan kalian pelanggan layanan ini tersebut untuk mengeola servernya sendiri.

Penyedia layanan VPS hanya akan menyediakan koneksi jaringan dan server fisik saja.

Setelah kalian paham apa itu VPS serta jenis – jenisnya, maka dari itu kami akan berikan beberapa kelebihan dan kekurangan dari VPS Hosting.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN VPS HOSTING

Kelebihan VPS Hosting

  1. Resource Lebih Baik

Dengan menggunakan layanan VPS resource berupa RAM, CPU dan Bandwidth akan kalian gunakan sepenuhanya sendiri, sehingga performa situs kalian akan menjadi lebih baik lagi.

  1. Performa Lebih Baik
Baca Juga :   Shared Hosting : Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan

Karena resource digunakan sendiri menjadikan performa server menjadi lebih baik lagi dan tingkat kemungkinan terjadinya downtime, crash atau overload lebih kecil karena tidak terpengaruh dengan pengguna lainnya.

  1. Skalabilitas Baik

Dengan seiring berjalannya waktu, maka perusahaan kalian juga dapat berkembangan menjadi lebih besar sejalan juga dengan skala resource yang dibutuhkan oleh website kalian.

Dengan menggunakan VPS kalian dapat dengan meningkatkan skala CPU, RAM, bandwidth, dan resource yang lainnya untuk mengimbangi perkemabgan website kalian.

  1. Keamanan dan Privasi Lebik Baik

Kalian dapat menyimpan berbagai file ke dalam database tersendiri jika menggunakan VPS. Pengguna VPS yang lain pun tidak dapat mengakses database kalian.

Selain itu VPS mempunyai sistem backup yang sangat baik, sehingga jika terjadi kesalaha atau gangguan database kalian akan aman dan dapat dipulihkan degan cepat.

  1. Hak Akses dan Kontrol Penuh

Meskipun berada di dalam satu server fisik yang sama dengan pengguna lainnya tapi kalian tetap memilik hak akses penuh ke SSH (Secure Shell Connection) dan root server kalian.

Membuat kalian dapat memodifikasi sistem operasi, beragam file, aplikasi, hingga keamanan dengan sangat leluasa.

Kekurangan VPS Hosting

Selain kelebihdan dan kemudaha yang ditawarkan oleh layanan ini, ternyata ada dua yang bisa di katakan sebagai kelemahannya. Berikut kelemahan dari VPS Hosting yaitu :

  1. Harga yang cukup Mahal

Walaupun memiliki konsep yang sama dengan Shared Hosting yaitu berbagi satu server dengan pengguna lainnya tetapi VPS lebih mahal karena dengan teknologi virtualisasinya memungkinkan kalian seperti memilii server sendiri dengan hak akses dan kontrol penuh terhadap server.

Serta fleksibelitas tentang resource yang di gunakan dan tidak akan mempengaruhi pengguna lainnya.

  1. Harus Memiliki Skill

Karena kebebasan dan kontrol penuh untuk pengguna VPS, maka penggunanya di tuntut untuk memahai dan memiliki pengetahuian teknis untuk mengoperasikan server dengan baik.

Baca Juga :   Cloud Hosting : Pengertian, Kelebihan Dan Kekurangan

Apalagi server adalah bagian vital yang akan mempengaruhi kinjera semua situs dan aplikasi kalian. Satu saja kesalahan saat proses konfiguarsi maka akan berkaibat fatal.

Maka dari itu jika kalian tidak memiliki kemampuan itu sebaiknya kalian membuat atau menyewa tim profesional untuk mengelola server kalian.

JADI KAPAN KALIAN HARUS MENGGUNAKAN VPS ?

Setelah kalian mengetahui apa itu VPS Hosting serta kelebihan dan kekuranganya. Sekarang waktunya kalian mengetahui kapan kalian harus menggunakan layanan ini.

  1. Membutuhkan Banyak Custom Software

Ketika kalian membutuhkan banyak custom software untuk server kalian, maka saat ini yang tepat untuk mengguakan layanan ini. karena resource yang lebih baik jika dibandingkan dengan shared hosting memugkinkan kalian menginstall banyak custom software.

  1. Membutuhkan Kemanan dan Privasi Lebih

Jika kalian ingin mendapatkan keamanan serta privasi terhadap data – data kalian apalagi data yang menyangkut dengan pelanggan kalian maka itu adalah saat yang tepat mengunakan VPS. Meski pun satu server fisik namun pengguna lainnya tidak dapat mengakses database kalian membuat keamaan dan privasi lebih terjaga.

  1. Traffic Website Kalian Tinggi

Ketika jumlah pengunjung website kalian lebih dari 2000 orang maka sebaiknya kalian beralih menggunakn VPS. Karena resource yang kita gunakan di layanan ini dapat kalian sesuaikan dengan kebutuhan kalian.

  1. Upgrade Resource Ke yang Lebih Tinggi

Saat kalian ingin menggupgrade resource kalian, dikarena kan kalian merasa resource yang kalian gunakan saat ini tidak menunjang website atau aplikasi kalian. Maka dari itu kalian perlu menggunakan VPS karena layanan ini memungkinkan kalian mengupdgrade resource yang ada.

KESIMPULAN

Jika kalian ingin membuat sebuah situs atau aplikasi berbasis web baru dan butuh hosting, kalian dapat menggunakan layanan Vps Hosting (Virtual Private Server) dan mempertimbangkanya seperti yang sudah kami jelaskan diatas.

Tentang Rahmat Saefullah

Author & Penulis ,Alumni UNIKOM yang telah berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang Komputer dan Teknik Informatika

Check Also

wordpress hosting

WordPress Hosting : Pengertian Kelebihan dan Kekurangan nya

WordPress Hosting – Halo sobat Tekno Advisor. Kalian yang memiliki sebuah website yang menggunakan CMS …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *