cloud hosting

Cloud Hosting : Pengertian, Kelebihan Dan Kekurangan

Cloud HostingHalo sobat Tekno Advisor. Bagi kalian yang sudah sejak lama menggunakan web hosting untuk website kalian, pastinya kalian tidak asing dengan Cloud Hosting.

Saat ini Cloud Hosting menjadi sangat populer di kalangan orang yang berkecimpung di dunia internet atau pemilik/pengurus website, karena memang Cloud Hosting memiliki kelebihan skalabilitas dan fleksibiltasnya yang tinggi.

Namun sayangnya ternyata masih cukup banyak webmaster yang tidak mengetahui apa itu Cloud Hosting yang sesungguhnya, bahkan masih banyak juga yang tidak dapat membedakannya dari hosting “tradisional” seperti Shared Hosting.

Tapi kalian tenang saja karena kami akan memeberikan penjelasan tentang Cloud Hosting serta Kelebihan dan Kekurangannya, agar kalian yang ingin memakai layanan ini dapat mengetahui layanan hosting ini dan cocok apa tidak dengan kebutuhan kalian.

PENGERTIAN CLOUD HOSTING

Ilustrasi / Contoh Cloud Hosting Server
Source : Niagahoster.co.id || @Ilustrasi / Contoh Cloud Hosting Server

Cloud Hosting adalah salah satu jenis hosting yang menggunakan beberapa server untuk memaksimalkan jam kerja server (uptime) dan juga menyeimbangkan beban (load) pada server. Teknologi ini menggabungkan beberapa server yang berjalan seperti satu server, gabungan beberapa server ini disebut dengan Cloud Cluster.

Teknologi cluster ini memungkinkan website masih berjalan walaupun salah satu server bermasalah. Saat salah satu server bermasalah maka server lain akan menjaga website tetap berjalan. Hal ini membuat jam kerja server (uptime) cenderung tinggi karena server bekerja saling mem-backup.

Selain itu, resource yang di pakai di layanan ini tidak dipengaruhi dan tidak berbagi dengan pengguna lainnya karena layanan hosting ini sudah dedicated.

Baca Juga :   Apa itu Hosting? Apa Manfaat dan Fungsinya? Simak Penjelasanya...

Cloud Hosting pada dasarnya sama dengan shared hosting pada umumnya. Namun pada layanan ini berfokus pada uptime, fleksibilitas dan kemudahan saat scalling, lalu private resource yang menjadi keunggulan dari layanan ini.

Sederhananya Cloud Hosting itu seperti Shared Hosting rasa VPS Hosting. Pengelolaan sama mudahnya seperti shared hosting namun dengan kualitas dan resource yang sama dengan VPS.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN CLOUD HOSTING

cloud hosting

Kelebihan Cloud Hosting

Banyak alasan yang menjadikan cloud hositng pilihan terbaik untuk banyak pemilik web dan juga pebisnis online. Maka dari itu kami akan berikan beberapa kelebihan dari Cloud Hosting.

  1. Uptime Lebih Stabil

Karena layanan ini menggunakan resource dari beberapa server yang ada pada cluster, menjadikan website kalian tidak akan terjadi downtime.

Jika salah satu server mengalami masalah maka server yang lain akan membackup server yang bermasalah tersebut, sehingga website kalian akan tetap berjalan dengan lancar.

  1. Scalability

Layanan Hosting ini menjadi favorit banyak orang karena kemudahaan skalabilitasnya. Dimana saat website kalian mendapatkan traffic yang besar kalian dapat mingkatkan kapasitar server cloud tanpa harus membeli server fisik.

  1. Waktu Loading Lebih Cepat

Layanan Hosting ini memiliki teknologi Load Balancing yang dimana beban server akan dibagikan atau disimbangkan kepada beberapa server yang lain. Hal ini membuat website yang memakai layanan ini memiliki waktu loading yang lebih cepat.

  1. Biaya Yang Fleksibel

Pada umumnya Hosting Awan ini memiliki harga yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan hosting tradisonal lainnya. Tapi jika kalian membutuhkan fitur yang di tawarkan oleh layanan hosting ini maka harga tersebut terasa terjangkau terutama untuk bisnis atau perushaan.

Apalagi saat ini banyak penyedia layanan hosting yang memiliki sistem “Pay As You Go” dimana kalian hanya membayar total resource yang digunakan selama sebulan. Menjadikan kalian memiliki kendali dengan biaya yang kalian pakai setiap bulannya.

  1. Recovery Data Lebih Mudah
Baca Juga :   WordPress Hosting : Pengertian Kelebihan dan Kekurangan nya

layanan hosting ini seperti namanya berbasis pada sistem Cloud maka data – data kalian pun akan disimpan pada cloud tidak hanya pada server fisik saja. Sehingga saat server fisik terjadi hal yang tidak dinginkan data kalian masih aman dan dapat recovery dengan mudah.

  1. Kemudahan Manajemen

Manajemen layanan hosting ini sama sepetri Shared Hsoting yang terkenal mudah, yaitu dengan menggunakan kontrol panel. Kalian tidak akan mengalami kesulitan saat melakukan berbagai macam pengaturan karena memang semua pengaturan dapat dengan mudah kalian lakukan dengan panel yang sudah ada.

Kekurangan Cloud Hosting

Selain kelebihan dan kemudahan yang di tawarkan layanan ini tapi masih ada sedikit kekurangan dari layanan ini. Inilah beberapa kekurangan yang ada pada layanan ini.

  1. Rentan Terkena Cyber Attack

Karena layanan ini berbasis internet dan kalian dapat mengakses hampir seluruh file website kalian melalui internet, maka hal ini juga menjadikan layanan ini rentang terkena cyber attack apalagi jika kalian memakai konek yang tidak aman.

  1. Kecepatan Server Sejalan Dengan Kecapatan Internet

Karana layanan hosting ini hanya dapat diakses dengan internet, maka dari itu kecepatan server sangat bergantung dengan kecepatan internet yang kalian pakai. Pastikan kecepatan kalian cukup cepat dan juga stabil.

  1. Biaya Bisa Menjadi Mahal

Banyak penyedia layanan hosting yang memakai sistem “Pay As You Go” maka jika kalian tidak berhati – hati mengelola resource server maka biaya kalian pun akan melebihi batas biaya kalian setiap bulannya.

KAPAN KALIAN PERLU MEMAKAI LAYANAN INI ?

Lalu setelah kalian mengetahui apa itu cloud hosting serta kelebihan dan kekuranganya kapankah kalian perlu menggunakan layanan hosting ini ?

Layanan hosting ini adalah solusi yang ideal untuk kalian yang ingin menggunakan VPS namun pengetahuan kalian masih kurang untuk mengguanakannya. Karena layanan ini memiliki Control Panel seperti Shared Hosting yang membuatnya sangat mudah digunakan. Lalu performa layanan Cloud setara dengan VPS dengan resource yang juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan kalian.

Baca Juga :   Dedicated Hosting: Pengertian Kelebihan dan Kekurangan

CONTOH APLIKASI

Karena saat ini layanan hosting Cloud ini sudah sangat populer maka sekarang sudah sangat banyak aplikasi yang sudah menggunakan layanan ini. Berikut kami berikan beberpa aplikasi sudah memakai Cloud Hosting.

  • Spotify, aplikasi ini memakai layanan cloud dari Google.
  • Google Docs
  • Perpustakaan Digital
  • Gojek dan Aplikasi usaha lainnya
  • e-Learing

KESIMPULAN

Layanan Hosting ini adalah pilihan terbaik untuk bisnis dan peruhsaan kalian yang membutuhkan skalabilitas, fleksibilitas dan stabilitas dengan bebera server tanpa perlu keluar biaya yang tinggi.

Saat ini juga banyak penyedia layanan Cloud dengan harga mulai ratusan ribu dengan resoucre yang cukup tinggi dan tentunya fleksibel serta bandwidth tak terbatas.

Demikan ulasan kami tentang Cloud Hosting, semoga kalian yang ingin memakai layanan ini mendapatkan informasi yang berguna dan jangan lupa share ke teman – teman kalian jika merasa ulasan ini berfmanfaat.

Tentang Rahmat Saefullah

Author & Penulis ,Alumni UNIKOM yang telah berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang Komputer dan Teknik Informatika

Check Also

wordpress hosting

WordPress Hosting : Pengertian Kelebihan dan Kekurangan nya

WordPress Hosting – Halo sobat Tekno Advisor. Kalian yang memiliki sebuah website yang menggunakan CMS …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *