wordpress hosting

WordPress Hosting : Pengertian Kelebihan dan Kekurangan nya

WordPress HostingHalo sobat Tekno Advisor. Kalian yang memiliki sebuah website yang menggunakan CMS wordpress mungkin saat ini tidak asing dengan wordpress hosting. Mungkin karena penyedia layanan hosting sering kali menawarkan hosting dari wordpress.

WordPress merupakan sebuah platfrom pembuatan website yang sangat terkenal didunia. WordPress lahir pada tahum 2004 hingga sekarang menjadi CMS (Content Management System) paling populer di seluruh dunia.

Memang tidak dapat dipungkiri saat ini rata – rata website yang ada di internet menggunakn CMS dari WordPress. Bahkan sebuah survei hostingtribuanal.com pada tahun 2019 menyebutkan bahwa website yang ada di internet saat ini sebanyak 34% menggunakan WordPress dan naik sebanyak 4% setiap tahunnya. Bahkan untuk market share CMS didunia dikuasai oleh WordPress sebanyak 60%.

Para penyedia layanan hosting di Indonesia saat ini masih cukup banyak yang menawarhkan Shared Hosting atau Cloud Hosting untuk kebutuhan semua website. Namun untuk para pengguna CMS WordPress kedua layanan hosting tersebut dinilai kurang optimal bagi mereka, dikarenakan kedua layanan tersebut tidak ada optimasi khusus untuk para pengguna WordPress.

PENGERTIAN WORDPRESS HOSTING

Wordpress Hosting

WordPress Hosting atau juga biasa disebut dengan Managed WordPress Hosting adalah sebuah layanan hosting terbaru yang dibuat khusus untuk para pengguna CMS WordPress, membuat para pemilik website wordpress tidak lagi merasa kesusahaan saat mengurus page speed yang lambat, resource yang terbatas dan keamanan website.

Para pemilik website wordpress hanya tinggal fokus saja pada website mereka sendiri dengan membuat konten yang berkualitas dan mengurus tentang SEO WordPress. Sederhananya WordPres Hosting ini dibuat untuk mengopimtalkan dan juga memaksimalkan CMS WordPress mulai dari server hosting sampai setting WordPress.

Baca Juga :   Dedicated Hosting: Pengertian Kelebihan dan Kekurangan

Salah satu alasan yang mungkin kalian bisa pikirkan untuk menggunakan layanan ini adalah server ini sudah di kelola oleh team ahli dan profesional dari layanan hosting. Jadi kalian tidak perlu lagi meragukan hingga tidak percaya dengan kemampuan WordPres Hosting ini, kalian hanya perlu fokus pada website kalian saja.

WordPres Hosting juga memiliki beberapa fitur standar atau utama yang biasanya ditawarkan, yaitu :

  • Resource Limit yang lebih besar
  • Setting dan Penginstalan yang mudah
  • Auto Upadate
  • Auto Backup
  • Keamanan Lebih Terjamain
  • Free Premium Tema atau Plugin

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN WORDPRESS HOSTING

Kelebihan WordPress Hosting

Selain fitur utama yang ditawarkan oleh layanan hosting ini, masih ada kelebihan yang di miliki oleh layanan hosting yang satu ini, yaitu :

  1. Cepat

Sebuah website dengan akses yang cepat adalah keinginan semua pemilik website tentunya dan salah satu faktor utama yang dapat mempengaruhi kecepatan sebuah website adalah server yang digunakan.

Maka dari itu layanan ini memberikan kecepatan lebih cepat pada saat load website kalian jika dibandingan dengan Shared Hosting maupun Cloud Hosting standar, bahkan kecepatannya tetap stabil walau traffic website kalian sedang ramai.

  1. Aman

Seperti yang dikatakan tadi di atas bahwa layanan hosting ini di kelola oleh tim yang ahli dan juga profesional maka tingkat keamananya juga sangat terjamin, jadi kalian tidak perlu khawatir untuk soal keamanannya.

  1. Update Otomatis

Jika kalian masih menggunakan Shared atau Cloud Hosting, untuk update pada website kalian masih dilaukan secara manual, mulai dari versi WordPres, plugin hingga PHP yang dipakai.

Namun semua itu tidak akan terjadi jika kalian sudah menggunakan layanan ini, karena semua akan terupdate secara otomatis dan dilakukan oleh sistem itu sendiri.

  1. Backup Otomatis dan Rutin
Baca Juga :   VPS Hosting : Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan

Salah satu kelebihan yang lainnya adalahnya adanya selain auto update ada juga fitur autobackup. Auto Backup ini akan dilakukan otomatis oleh sistem secara berkala setiap hari, minggu dan bulan tergantung kalian membeli paket hostingnya.

  1. Terbebas Dari Downtime

Jika kalian menggunakan layanan hosting ini, kalian akan terbebas dari masalah downtime walaupun traffic pengunjung website kalian sedang tinggi.

Kekurangan WordPress Hosting

Selain kelebihan yang ditawarkan oleh layanan ini, akan tetapi masih ada beberapa kekurangan yang dapat menjadi pertimbanga kalian jika ingin memakai layanan hosting yang satu ini.

  1. Harga Sedikit Mahal

Yah untuk harga memang sedikit lebih mahal jika dibandingan dengan Shared Hosting maupun Cloud Hosting. Namun kalian akan mendapatkan hal yang sepada juga, mulai dari kecepatan yang lebih tinggi jika di bandingan dengan Shared dan Cloud, lalu dukungan tim ahli yang membuat kalian tidak perlu repot memikirkan yang lain cukup fokus pada website kalian sendiri.

  1. Khusus Untuk CMS WordPress

Seperti namanya, layanan ini dikhususkan untuk para pengguna CMS WordPress saja, membuatnya kurang fleksibel karena kalian harus membuat website WordPress untuk mendapatkan layanan hosting ini.

Apabila website kalian menggunakan selain WordPress, kalian sebaiknya memilih Cloud Hosting atau VPS Hosting karena layanan itu tidak ada batasan platform serta resource yang dipakaipun dapat mengikut kebutuhan kalian.

  1. Kontrol Kurang Penuh

Layanan Hosting ini semuanya di kelola penuh oleh penyedia layanan hosting, maka dari itu kalian tidak dapat memiliki kontrol penuh terhadap hosting yang dimiliki mulai dari sisi teknis hingga non teknis.

Contoh WordPress Hosting

Saat ini sudah sangat banyak layanan penyedia hosting di Indonesia yang menawarkan WordPres Hosting dengana berbagai makan spesifkasi resource hingga biaya sewa perbulan. Sebut saja provider hosting qwords.com untuk hosting wordpress mulai Rp50.000/bulan dengan spefsifkasi RAM 1GB, CPU single core, penyimpanan 5GB, 1 addon domain dan 2 database.

Baca Juga :   Cloud Hosting : Pengertian, Kelebihan Dan Kekurangan

Sementara itu untuk di niagahoster.co.id harga hosting wordpress untuk pemula mulai dari Rp32.000/bulan dengan tawaran yang cukup banyak dan menarik. Bahkan untuk kalian yang tidak memilik budget sekalipun masih ada penawaran dari rumahweb.com dengan biaya perbulan Rp25.000 tentunya dengan spesikasi paling rendah.

KESIMPULAN

Bagi kalian yang memiliki website WordPres tidak ada salahnya kalian memakai layanan hosting dari WordPress, karena layanan hosting ini sudah di optimasi untuk CMS WordPres sehingga kalian tidak perlu khawatir akan adanya masalah saat menggunakan layanan ini. Lalu kelebihan dan fitur yang ditawarkan oleh WordPress Hosting ini terbilang sangat baik jika dibandingan dengan Shared Hosting apalagi kecepatan yang kita dapatkan jauh lebih cepat.

Serta saat ini para provider hosting sudah menyediakan hosting  dengan harga yang sangat terjangkau dan juga resource yang dapat kalian sesuaikan denga kebutuhan website kalian sendiri.

Tentang Rahmat Saefullah

Author & Penulis ,Alumni UNIKOM yang telah berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang Komputer dan Teknik Informatika

Check Also

Dedicated Hosting

Dedicated Hosting: Pengertian Kelebihan dan Kekurangan

Dedicated Hosting – Halo sobat Tekno Advisor. Jika kalian adalah seorang webmaster atau pemilik sebuah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *