Rekomendasi Webcam Murah Bagus dan Tips Memilihnya

Webcam murah bagus bisa dimanfaatkan untuk video call atau teleconference. Apalagi saat ini tidak semua laptop atau komputer dibekali kamera yang mumpuni. Terkadang kamera yang digunakan biasa saja sehingga videonya tidak bisa jelas dan HD.

Apabila kalian merasa memiliki laptop dan komputer tetapi webcam bawaannya ternyata buruk atau tidak bisa digunakan sama sekali, ada baiknya untuk menyimak artikel ini. Akan ada bahasan tentang jenis webcam terbaik dan tips untuk memilihnya.

Rekomendasi Webcam Murah Bagus

Berikut beberapa rekomendasi webcam murah tetapi memiliki kualitas yang cukup tinggi. Harganya di bawah 1 jutaan sehingga bisa dijangkau semua orang.

Rexus Alva SW-RX02

Jika menggunakan webcam ini, pengguna tidak perlu menggunakan cahaya tambahan. Di antara lensa dari webcam sudah ada ring light. Jadi, saat dipakai bisa langsung menyala dan memperjelas area di sekitar wajah. Apalagi kamera yang digunakan juga beresolusi tinggi.

Jika membutuhkan webcam terjangkau yang sudah memiliki microphone di dalamnya, Mixio Z1 adalah pilihan yang tepat. Dengan harga 200 ribuan, kalian bisa dapatkan kamera mumpuni yang mampu menghasilkan video dengan resolusi 1080p.

Jete W7

Dengan harga sekitar Rp 400 ribuan saja, pengguna akan mendapatkan webcam yang sudah dibekali dengan microphone. Selain itu juga terdapat wide-angle hingga 90 derajat dan bisa digeser ke kiri atau ke kanan sesuai dengan kebutuhan. Terakhir resolusi kamera ini bisa sampai 1080p, video pasti jelas dan HD!

Genius FaceCam 1000x

Webcam laptop ini memang hanya memiliki manual focus, tapi bisa memperbesar secara digital hingga 3 kali. Selain itu, kamera 200 ribuan ini juga menghasilkan gambar atau video jernih dengan resolusi sampai 720p.

Logitech C270

Logitech juga mengeluarkan webcam dengan kualitas tinggi meski harganya berada di kisaran 400 ribuan. Dengan harga itu, kalian akan mendapatkan resolusi 720p dengan fixed lens yang berkualitas. Selain frame rate cukup tinggi untuk menghindari video pecah-pecah.

Tips Memilih Webcam

Sebelum memutuskan untuk membeli webcam yang digunakan untuk komputer atau laptop. Simak tips memilih selengkapnya di bawah ini.

Resolusi Kamera

Pastikan untuk memilih webcam yang memiliki resolusi tinggi. Ini penting diperhatikan untuk membuat video menjadi berkualitas HD dan tidak buram seperti webcam bawaan dari beberapa jenis laptop.

Umumnya penentu dari resolusi ini adalah jenis lensa yang digunakan untuk kamera. Semakin tinggi resolusi dari kamera yang diberikan, kualitasnya akan semakin tinggi dan bisa dimanfaat untuk melakukan webinar atau meeting dengan jelas.

Fokus

Fokus pada lensa sebaiknya yang memiliki kemampuan manual dan autofocus. Jika kamera digunakan pada objek yang lebih banyak bergerak, webcam dengan autofocus lebih dibutuhkan karena akan menunjukkan objek dengan lebih jelas.

Sementara itu jika webcam hanya digunakan untuk keperluan melakukan meeting saja dan tidak terlalu banyak bergerak, jenis manual bisa dipilih. Intinya pengguna bisa memilih yang ada fitur autofocus karena bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan.

Frame Rate

Usahakan untuk memiliki frame rate tinggi jika webcam sering digunakan untuk menangkap objek bergerak. Misal dipakai untuk tutorial senam. Jika menggunakan yang frame rate rendah, gambar bisa pecah-pecah.

Sudut Pandang

Usahakan untuk memilih yang sudut pandang webcam yang sesuai dengan kebutuhan. Apabila sering digunakan pada ruangan pribadi, pakai yang sudut pandangnya standar agar seluruh bagian dari ruangan tidak tampak.

Sebaliknya jika webcam akan digunakan untuk memberikan arahan atau tutorial bisa memilih yang sudutnya lebih lebar atau wide. Jadi, bisa menampilkan lebih banyak area pada layar komputer atau laptop.

Kemudahan Instalasi

Terakhir dan tidak kalah penting adalah kemudahan ketika dilakukan proses instalasi. Umumnya sebagian besar webcam bisa dipasang dengan mudah. Setelah USB disambungkan akan ada proses instalasi driver dengan sendirinya.

Apabila ada webcam yang petunjuk instalasinya cukup rumit dan menyulitkan, lebih baik tidak dibeli. Apalagi webcam itu memiliki harga yang sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan yang lainnya.

Jika Anda ingin mencari webcam, bisa memanfaatkan Shopee Big Ramadan Sale. Apalagi pada program yang berjalan dari 5 April 2022 sampai 5 Mei 2022 ini ada banyak sekali potongan harga dan juga gratis ongkos kirim. Jadi, segera cek aplikasi Shopee yang kalian miliki.

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.