Perempuan di Balik Lahirnya Mesin Komputasi Pertama di Dunia

Electrical numerical integrator and calculator (ENIAC) adalah mesin komputasi pertama di dunia. Mesin ini dibuat sekitar tahun 1940-an. Alat ini dibuat dengan oleh militer Amerika Serikat.

Pembuatnya adalah John Mauchly dan John Presper Eckert. Mauchly, yang pernah bertugas di militer, mendapat kepercayaan sebagai kepala konsultan dan Eckert sebagai chief engineer.

Namun, kehadiran ENIAC ternyata tak lepas dari peran enam perempuan yang ikut ambil bagian dalam pengem bangannya. Mereka adalah Kay McNulty, Betty Jennings, Betty Snyder, Marlyn Meltzer, Fran Bilas, dan Ruth Lichterman.

Dikutip dari Odetta.ai, awalnya, keenam perempuan ini dipekerjakan sebagai ‘komputer manusia’ yang bertugas menghitung ribuan persamaan.

Mereka kemudian dipilih untuk mengoperasikan ENIAC karena mereka yang paling maju secara matematis dalam kelompok mereka. Hal ini pun terbilang cukup revolusioner.

Tak hanya menghitung, ternyata para perempuan ini juga bertugas menjadi ‘operator mesin’ yang mengendalikan sirkuit elektronik komputer. Sirkuit ini memiliki puluhan ribu saklar, kabel, berbagai angka.

Betty Jennings sempat membagikan kenangannya ketika ia pertama kali bergabung dengan tim. “Saya tidak tahu apa pekerjaannya atau apa itu ENIAC. Yang saya tahu adalah bahwa saya mungkin mendapatkan sesuatu yang baru di lantai dasar dan saya yakin saya bisa belajar dan melakukan apa saja sebaik orang lain,” ujarnya.

Bersama para perempuan lainnya, Jennings pun belajar mengoperasikan ENIAC selama lebih kurang enam bulan. Mereka juga membiasakan diri dengan cara kerja mesin. Untuk makin mengenal cara kerja ENIAC, Jennings mengungkapkan, ia tak jarang harus merangkak ke dalam mesin untuk memperbaiki tabung vakum yang terbakar.

Penampakan ENIAC, Mesin Komputasi Pertama di Dunia yang Memakan Tempat 40 Lemari


Electrical numerical integrator and calculator (ENIAC) adalah mesin komputasi pertama di dunia. Mesin ini dibuat sekitar tahun 1940-an. Alat ini dibuat dengan oleh militer Amerika Serikat.

Pembuatnya adalah John Mauchly dan John Presper Eckert. Mauchly, yang pernah bertugas di militer, mendapat kepercayaan sebagai kepala konsultan dan Eckert sebagai chief engineer.

ENIAC adalah bagian teknologi yang rumit dan terperinci pada masanya. Perangkat ini memakan tempat sekitar 40 lemari setinggi 2,74 meter. Besar sekali.

Mengenal ENIAC, Komputer Elektronik Serbaguna Pertama di Dunia

Mesin ini juga berisi 17.468 tabung vakum bersama dengan 70 ribu resistor, 10 ribu kapasitor, 1.500 relays, 6.000 saklar manual, dan lima juta sambungan solder.

Dimensinya mencapai 167 meter persegi di ruang lantai dan beratnya mencapai 30 ton. Untuk menjalankan ENIAC diperlukan 160 kilowatt daya listrik.

Sementara untuk mendinginkan mesinnya, diperlukan dua kipas berkekuatan 20 tenaga kuda. Banyaknya energi yang digunakan untuk operasional ENIAC menye bab kan rumor bahwa menyalakan me sin akan menyebabkan Kota Philadelphia mengalami pemadaman listrik.

Namun, cerita tersebut, yang pertama kali dilaporkan secara tidak benar oleh Philadelphia Bulle tin pada 1946, telah diabaikan. Cerita tersebut pun dianggap sebagai mitos urban.

Walau ENIAC dikembangkan pada era yang belum dipenuhi ino vasi seperti saat ini, mesin ini me miliki kemampuan yang tidak kaleng-kaleng. Dikutip dari ZDNet,, profesor dari Universitas Pennsylvania, Irving Brainerd memperkirakan bahwa selama 80.223 jam ENIAC beroperasi, mesin ini telah mengerjakan lebih banyak perhitungan daripada yang dilakukan oleh seluruh umat manusia sejak waktu dimulai.

“Pada masanya, memang ada beberapa mesin lain yang juga dapat melakukan komputasi. Namun, ENIAC benar-benar futuristik,” ujar Brainerd mengungkapkan.

Hanya dalam satu detik, ENIAC dapat langsung dinyalakan dan melakukan 5.000 penambahan, 357 perkalian, atau 38 pembagian.

Penggunaan tabung vakum alih-alih sakelar dan relays juga menghasilkan peningkatan kecepatan. Namun, ENIAC ternyata tetap memiliki aspek kelambatan, yaitu bukan merupakan mesin yang cepat untuk diprogram ulang.

 

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.