Kiat Ini Bikin Minum Kopi Lebih Nikmat

Kopi semakin digemari masyarakat Indonesia. Perkembangan minuman kopi yang semakin inovatif dan banyaknya kedai kopi dengan konsep unik membuat masyarakat makin betah menghabiskan waktunya minum kopi favorit.

Namun, Anda tetap harus memerhatikan beberapa aspek agar bisa minum kopi tanpa khawatir berdampak buruk untuk kesehatan. Apa saja itu? Dalam keterangan persnya, General Manager Anomali Coffee, Abdul Azis ungkap empat kiat minum kopi agar nikmat dan berkhasiat untuk mendongkrak semangat.

Agar minum kopi lebih nikmat, jangan lupakan empat kiat berikut

1. Hindari minum kopi setelah bangun tidur
Tidak sedikit orang yang masih mengonsumsi kopi tepat setelah bangun dari tidur. Hal ini mereka lakukan dengan tujuan agar tubuh cepat terjaga untuk beraktivitas. Namun nyatanya, meminum kopi setelah bangun tidur tidak disarankan karena bisa memengaruhi kesehatan.

Minum kopi setelah bangun tidur dapat meningkatkan kadar kortisol dalam tubuh yang akan berakibat pada meningkatnya stres dan kecemasan. Alih-alih ingin semangat menjalani hari, Anda justru akan merasa gelisah ketika memulai hari.

Sebaiknya, minum air putih yang cukup setelah bangun tidur, serta berikan jeda sekitar satu sampai dua jam jika ingin meminum kopi. Dengan begitu, peran kafein dalam tubuhmu akan bekerja optimal dan Anda dapat menjalankan aktivitas dengan tetap terjaga.

2. Pilih biji kopi yang berkualitas
Biji kopi yang berkualitas tentu akan menghasilkan cita rasa kopi yang nikmat. Jangan sembarang pilih, biji kopi dengan kualitas baik memiliki aroma yang khas serta warna dan fisik yang sempurna.

Sekarang, akses untuk mendapatkan kopi yang berkualitas lebih mudah, termasuk lewat kedai kopi yang menyediakan beragam biji kopi terbaik dari berbagai penjuru nusantara. Anda bisa memilih mana biji kopi yang cita rasanya sesuai dengan selera.

3. Ketahui takaran kopi yang tepat
Minum kopi juga harus dengan takaran yang tepat. Asupan kafein yang berlebihan bisa mengurangi manfaatnya secara keseluruhan serta menimbulkan efek samping yang dapat merugikan tubuh.

Untuk menghindari hal tersebut, para ahli menyarankan untuk mengonsumsi kafein tidak lebih dari 1,1 mg per pon (2,5mg per kg) berat badan setiap harinya.

4. Kurangi penggunaan gula
Kopi merupakan minuman yang sehat jika tidak ditambahkan gula berlebih. Gula identik dengan penyakit serius seperti obesitas dan diabetes, sehingga mengurangi penggunaan gula sangat dianjurkan ketika meminum kopi.

Karakter dan cita rasa dari masing-masing kopi juga akan didominasi oleh rasa manis jika menggunakan gula yang berlebihan. Bagi Anda yang tidak terbiasa minum kopi tanpa gula, Anda tetap bisa menikmati rasa kopi yang autentik dengan mengurangi kadar gula pada kopi secara bertahap.

Namun, jika Anda tetap membutuhkan gula sebagai pemanis kopi, alternatif lain adalah dengan mengganti gula menjadi pemanis alami stevia.

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.