Tips Solo Traveling ke Luar Negeri untuk Pemula

Berlibur sendirian tentunya menjadi pengalaman baru, karena kamu harus menyiapkan semua keperluan dan rencana liburan secara mandiri. Inilah 5 tips solo traveling ke luar negeri untuk pemula beserta daftar rekomendasi negaranya.
Bagi kamu yang baru pertama kali ingin pergi ke luar negeri, terdapat beberapa hal yang perlu kamu perhatikan seperti persiapan dokumen paspor atau visa, biaya liburan hingga negara yang menjadi tempat tujuan.

Tips Solo Traveling ke Luar Negeri untuk Pemula

1.Menguasai Bahasa Asing untuk Kebutuhan Traveling

Bahasa asing penting untuk dipelajari, terutama jika kamu mengunjungi negara yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari. Misalnya seperti Thailand, Vietnam, Korea Selatan, Jepang dan masih banyak lagi.
Kamu bisa mempelajari bahasa negara yang akan kamu tuju, untu kosa kata traveling, dari buku, You Tube atau Google. Hal ini supaya memudahkan untuk berkomunikasi dengan warga lokal.

2.Merencanakan Biaya untuk Traveling

Budgeting kebutuhan untuk traveling dapat dilakukan dengan research transportasi yang akan digunakan, biaya makan, tempat menginap hingga tempat wisatanya.
Kamu bisa mencari harga tiket pesawat pulang pergi melalui aplikasi pembelian tiket, juga hotel atau penginapan guesthouse, homestay yang ramah dikantong. Selain itu, rencanakan juga berapa hari akan liburan di negara tersebut dan estimasi biaya makan.

Baca Juga :   Web Site Hosting Service Terbaik 2022 di Luar Negeri

3.Menyiapkan Kondisi Fisik dan Mental

Kesehatan fisik mempengaruhi kenyamanan saat liburan, terutama jika kamu solo traveling. Kamu bisa melakukan olahraga rutin yang ringan selama sebulan sebelum keberangkatan, agar badan lebih fit ketika jalan kaki, atau mengunjungi negara di musim-musim tertentu.
Selain fisik, kesiapan mental juga perlu disiapkan untuk meminimalisir culture shock, misalnya dari segi budaya, hingga rasa khawatir dan cemas karena pergi sendirian.

4.Ketahui Syarat Penerbangan Negara yang Dituju

Setelah mempelajari bahasa asing, menyiapkan dana dan kesehatan, selanjutnya yaitu mengetahui syarat peraturan perjalanan penerbangan yang akan kamu tuju misalnya penggunaan visa dan paspor.
Selain itu, mengingat kondisi setelah pandemi COVID-19, beberapa negara yang sudah membuka border perjalanan orang asing memiliki syarat vaksinasi, maupun karantina yang perlu kamu perhatikan.

5.Mempelajari Kondisi dan Budaya Negara yang Dituju

Kamu bisa memasukkan dalam list rencana liburan, misalnya mulai dari menu makanan yang akan dicoba, apakah ada restoran halal yang direkomendasikan, kemudian transportasi umumnya, musim, bahasa sehari-hari hingga rute perjalanan menuju tempat wisatanya.
Rekomendasi Negara untuk Solo Traveling Pemula

Berikut daftar negara yang dapat kamu kunjungi, apabila kamu akan melakukan perjalanan ke luar negeri untuk pertama kalinya.

1.Malaysia dan Singapore

Dua negara ini dekat dengan Indonesia, selain itu dari segi bahasa yang digunakan masih menggunakan bahasa Inggris, transportasi umum mudah dan nyaman, serta banyak restoran halal.

2.Jepang dan Korea Selatan

Banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, terutama festival-festival unik yang diadakan setiap musim berbeda-beda. Selain itu, Jepang dan Korea Selatan merupakan negara yang aman, dengan kemudahan transportasi umum, serta jaringan internet cepat.

3.Swiss dan Selandia Baru

Jika kamu ingin menikmati pemandangan alam yang indah, negara Swiss dan Selandia Baru dikenal sebagai surganya dunia. Cocok untuk kamu yang ingin healing dan rileks, karena banyak tempat-tempat yang sejuk serta asri.
Walaupun biaya yang perlu kamu siapkan jauh lebih banyak, dibandingkan saat liburan ke Malaysia, Singapore, Jepang dan Korea Selatan.
Semoga ulasan tips solo traveling ke luar negeri untuk pemula ini dapat membantu teman-teman.

Baca Juga :   Web Site Hosting Service Terbaik 2022 di Luar Negeri

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.