Keuntungan Menggunakan Domain .ID untuk Website Entrepreneur dan Bisnis Lokal

Website bukan lagi menjadi hal baru. Semua hal bisa dicari hanya dengan beberapa klik di mesin pencari. Faktanya, semua orang mencari apa yang mereka perlukan di internet. Itulah mengapa banyak bisnis disarankan untuk tetap memiliki website. Minimal sebagai company profile, yang memudahkan calon pelanggan mengenal jenis usaha yang dijalankan.

Internet melalui website terbukti efektif menjangkau lebih banyak orang, karena mampu menjawab tantangan seperti jarak dan waktu. Dari kebutuhan pokok hingga investasi bisa kita dapatkan kapanpun dan dimanapun. Hal tersebut membuka kesempatan bagi sebuah usaha menjadi semakin berkembang.

Meskipun demikian, mengembangkan sebuah usaha tidak semata-mata hanya dengan memiliki website. Pengusaha juga perlu memikirkan kredibilitas dan profesionalitas websitenya supaya lebih dipercaya oleh calon pelanggan. Selain menggunakan Secure Socket Layer atau SSL untuk website, kredibilitas dan profesionalitas juga bisa dibangun melalui nama domain.

Memilih Nama Domain

Nama domain memegang peranan penting dalam SEO. Nama domain yang disesuaikan dengan kata kunci dan niche adalah kunci keberhasilan mendapatkan ranking di Google. Konsep bisnis, nama yang mudah diingat dan sederhana adalah poin-poin yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan nama domain. Menggabungkan nama brand dan jenis usaha adalah trik sederhana dalam melakukan brand awareness.

Hanya dengan nama domain, kamu sudah menyentuh banyak area dalam aktivitas marketing. Oleh karena itu, banyak pengusaha yang bahkan sangat hati-hati dalam memilih nama dan ekstensi domain. .COM adalah ekstensi domain yang paling terkenal dan paling banyak digunakan. Selain karena diakui secara global, ekstensi domain ini merupakan domain yang paling tua. Familiar di telinga semua orang adalah salah satu alasan banyak pengusaha menggunakannya.

Namun kelemahannya adalah, sudah banyak nama domain yang terdaftar menggunakan ekstensi domain .COM. Hal tersebut tentu memperkecil kesempatan memiliki nama yang sesuai untuk bisnis. Disinilah saatnya untuk mempertimbangkan menggunakan ekstensi domain lokal atau ccTLD.

Mengenal Ekstensi Domain Indonesia

Domain Indonesia merupakan nama domain dengan menggunakan ekstensi .ID. Ekstensi .ID digunakan untuk pengguna yang ingin memiliki identitas Indonesia di nama domainnya. Ada banyak ekstensi domain yang bisa dipilih, diantaranya adalah .ID, .CO.ID, .BIZ.ID, .OR.ID, .AC.ID, .SCH.ID, .PONPES.ID, .MY.ID, dan .WEB.ID.

Ekstensi domain tersebut dikelola oleh PANDI, yang merupakan registry untuk nama domain tingkat tinggi. Domain yang dikelola oleh PANDI termasuk dalam jajaran ccTLD atau Country Code Top Level Domain. Registrasi nama domain bisa dilakukan di penyedia jasa registrasi nama domain, seperti DomaiNesia.

DomaiNesia, Registrar Resmi PANDI

Terhitung sejak 2 Juni 2021, melalui anak perusahaan yaitu PT Registrasi Neva Angkasa (RNA), DomaiNesia telah resmi menjadi registrar untuk domain Indonesia. Setelah melewati seleksi yang ketat, DomaiNesia akhirnya berhasil memenuhi seluruh persyaratan dan semua tahapan yang diperlukan. Dengan resminya RNA menjadi registrar domain Indonesia, maka secara resmi kami dapat menjadi mitra PANDI untuk memasarkan domain murah di seluruh Indonesia.
Keuntungan Menggunakan ccTLD

1. ccTLD Diutamakan dalam Pencarian Lokal

ccTLD akan membantu website mendapatkan ranking yang lebih tinggi di mesin pencarian, karena website menggunakan IP lokal. Contohnya, ketika kita mencari toko buah, mesin pencari akan memberikan hasil yang sangat beragam. Namun, ketika kita mencari toko buah di Jakarta, website dengan ccTLD akan diutamakan oleh mesin pencari.

2. Website Lebih Terpercaya, Pelanggan Lebih Setia

Pelanggan akan lebih merasa aman, ketika website yang dikunjungi memiliki kode negara di tempat ia tinggal. Mengunjungi atau melakukan transaksi dengan bahasa yang dipahami oleh pelanggan, akan membuat mereka lebih nyaman.

3. Membuka Ruang untuk Mengembangkan Kreativitas

ccTLD bisa digunakan dengan cara yang lebih kreatif. Sebagai contoh, sebuah website di Belgia menggunakan ccTLD negaranya, yang adalah .BE, untuk membuat website dengan nama domain subscri.be. Ini adalah cara kreatif yang sangat baik untuk menunjang strategi pemasaran. Ekstensi domain .COM tidak akan membuat nama domain menjadi unik, seperti food.ie.

4. Mudah Menentukan Target Pasar

Jika bisnis yang dijalankan berasal dari Indonesia, namun ingin menarik pelanggan yang ada negara lain, kamu bisa menarik pelanggan di negara tersebut dengan menggunakan ccTLD untuk nama domain. Pengusaha bisa menjalankan bisnis yang menargetkan pasar negara lain, tanpa harus berada di negara tersebut.

5. Banyak Kesempatan dalam Hal Ketersediaan Nama

Meskipun kamu sudah memiliki nama yang sangat bagus dan merepresentasikan bisnis, namun jika ekstensi yang kamu inginkan sudah diregistrasi oleh pengguna lain, maka kamu tidak akan bisa menggunakannya. Nama domain yang pendek dan SEO-friendly biasanya sudah tidak tersedia dengan ekstensi .COM. Kamu tidak akan mengalami kesulitan tersebut dengan menggunakan ccTLD. Masih ada kesempatan di ekstensi domain alternatif seperti .co, .it, .ge, dan lain-lain.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.