Jangan Sampai Kena Sadap, Ini Tips & Trik Amankan Whatsapp

Whatsapp adalah salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan untuk berkomunikasi jarak jauh. Namun, Anda perlu lebih hati-hati karena aplikasi ini juga bisa disadap oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Modus yang dilakukan biasanya pelaku melakukan penyadapan dengan mengirimkan virus malware kepada korbannya sehingga bisa memantau percakapan yang dilakukan.

Namun, jangan khawatir ada beberapa pencegahan yang bisa dilakukan untuk mengatasi penyadapan pada akun WhatsApp.

1. Verifikasi Dua Faktor

Pengguna bisa mengaktifkan fitur ini dengan menuju ke pengaturan > pengaturan akun. Lalu pilih opsi autentikasi dua faktor. Berikutnya WhatsApp akan meminta mengaktifkan dengan PIN, dengan masukan enam digit angka dan email yang terintegrasi dengan akun.

2. Fitur Pindai Sidik Jari

Dengan menggunakan fitur ini, artinya pengguna harus memindai sidik jari saat membuka akun WhatsApp. Pelaku akan kesulitan untuk menyadap akun karena tidak bisa membuka tanpa sidik jari pengguna.

Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna menuju ke menu Settings > Account > Privacy > Fingerprint Lock.

3. Keluar dari Perangkat Tak Dikenal

Perangkat yang terhubung dengan akun WhatsApp bisa dilihat lewat menu pengaturan. Setelah itu pilih opsi WhatsApp Web dan akan terlihat daftar perangkatnya. Setelah itu, hapus akses WhatsApp dari perangkat yang tidak dikenal atau tidak digunakan.

Ciri-ciri WhatsApp Disadap

Selain mengetahui cara pengamanan akun dari modus penyadapan, pengguna juga perlu mengetahui ciri-ciri HP yang kena sadap. Berikut informasinya:

Baca Juga :   Fitur Andalan Aplikasi Signal, Lebih Baik Dari WhatsApp?

1. Akun pengguna mendadak logout dari aplikasi

Sebagai informasi, WhatsApp hanya bisa digunakan pada satu smartphone dengan nomor yang sama. Jadi jika tiba-tiba akun log out otomatis artinya kemungkinan ada pihak lain yang menggunakan akun di smartphone lain.

2. Pesan telah dibaca

Pengguna juga bisa mengetahui sedang disadap jika ada pesan yang belum dibaca namun ternyata telah dibaca.

3. Ada pesan terkirim ke kontak tertentu tanpa sepengetahuan pengguna

Ciri lainnya adalah mengirim pesan pada kontak tertentu tanpa diketahui oleh pemilik akun.

4. Whatsapp web tiba-tiba aktif

Untuk mengetahui apakah ada pihak lain yang menggunakan akun WhatsApp, klik ikon tiga titik di kanan dan pilih mode WhatsApp Web. Nantinya akan terlihat apakah akun terkoneksi.

5. Ada kiriman OTP

One Time Password (OTP) dikirimkan melalui SMS ke nomor ponsel yang terhubung dengan akun WhatsApp. Jika ada pesan berisi kode itu artinya ada yang mencoba masuk ke akun WhatsApp. Ingat untuk tidak memberikannya pada siapapun.

 

 

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.