Cara Memperbaiki Diri Untuk Kualitas yang Lebih Baik

Menjadi lebih baik dari yang sebelumnya adalah impian banyak orang namun sering kali banyak yang tidak tahu bagaimana caranya untuk memperbaiki diri dengan benar. Kamu mungkin salah satu dari sekian banyaknya orang yang ingin memperbaiki diri agar kualitas dirimu pun berubah menjadi lebih baik.

Mengutip Yoursay.id, jika kamu memang berminat untuk memperbaiki diri, ada baiknya jika kamu menyimak dan melaksanakan beberapa hal di bawah ini guna membuat dirimu menjadi lebih baik dan berkualitas. Berikut tiga di antaranya :

1. Fokus pada solusi, bukan pada masalah

Setiap orang pasti memiliki masalah di dalam hidup dan cara menghadapi masalah yang sedang menerpanya. Jika selama ini kamu masih suka berfokus pada masalah yang terjadi dan berlarut-larut memikirkannya, ada baiknya jika kamu mengubah pola pikirmu dan cobalah untuk fokus mencari solusi agar masalah yang sedang kamu hadapi juga cepat selesai.

Jika hal ini sudah bisa kamu lakukan, itu tandanya kamu juga bisa mengontrol dirimu sendiri sehingga hidupmu akan menjadi lebih baik. Selain itu, dengan mengalihkan fokusmu pada solusi, kamu juga bisa terhindar dari stres berkepanjangan dan overthinking.

2. Fokus pada proses, bukan hanya pada hasil

Terkadang ada yang selalu terburu-buru dalam berproses dan berekpetasi tinggi untuk mendapatkan hasil sesuai dengan keinginannya. Jika hasil yang didapatkan tidak sesuai dengan ekspetasi, akan timbul masalah lain.

Jika kamu termasuk pada tipe orang yang fokus pada hasil, ada baiknya jika kamu mulai mengubah pola pikir dan coba untuk menikmati serta fokus pada proses yang sedang kamu jalani sehingga segala sesuatunya bisa lebih maksimal.

3. Berpikir, berencana, dan beraksi

Berpikir, berencana, dan beraksi yang dimaksud adalah jangan hanya sekadar menunggu tanpa ada inisiatif untuk memulai sesuatu. Hal yang baik tidak akan datang begitu saja jika kamu tidak melakukan apa-apa. Maka dari itu, mulailah untuk berpikir dan memiliki rencana untuk apa yang kamu cita-citakan lalu mulai melakukan aksi meski dari hal yang kecil.

Tips Menciptakan Kesan Pertama Dengan Orang Lain

Kamu tentu ingin memiliki first impression yang bagus dengan orang lain. Dalam mewujudkan hal ini terbilang cukup mudah. Sebab, kamu hanya perlu menerapkan beberapa tips sederhana yang bisa menghasilkan pengaruh baik. Agar first impression bisa kamu dapatkan, kamu wajib menerapkan beberapa tips seperti di bawah ini yang dikutip dari Yoursay.id .

1. Penampilan yang Elegan

Penampilan adalah modal utama yang harus kamu lakukan. Sebisa mungkin kamu harus bisa menjaga penampilan. Sehingga, hal ini akan menciptakan first impression yang bagus. Sebab, orang lain akan menghargai dan menghormati kamu. Akan tetapi, jika kamu menyepelekan penampilan. Maka, first impression kamu akan menjadi buruk.

2. Berbicara yang Berbobot

Ketika kamu berbicara yang berbobot, tentu saja akan membuat orang lain segan dengan kamu. Bukan hanya itu, hal tersebut juga akan membuat kamu terlihat berwibawa. Sebab, dalam berbicara kamu tidak suka asal-asalan. Sehingga,hal ini akan menciptakan first impression yang bagus untuk diri kamu pada orang lain.

3. Mau Mendengarkan

Ketika orang lain berbicara banyak hal padamu. Kamu selalu mau mendengarkan. Walaupun hal ini cukup sepele, namun bisa membuat hati orang lain merasa senang. Sebab, ketika kamu mau mendengarkan, itu menandakan kalau kamu selalu menghargai apa yang dibicarakan. Bukan hanya itu, hal ini juga akan membuat orang lain menilai kamu memiliki pribadi yang baik.

4. Menerima Pendapat Orang Lain

Ketika orang lain memiliki pendapat, kamu selalu bisa menerima dengan baik. Bukan hanya itu, kamu juga bisa menghargai hal tersebut. Hal ini disebabkan karena kamu menganggap perbedaan pendapat tidak perlu untuk dijadikan sebuah masalah. Sehingga, hal ini akan membuat first impression kamu sangat bagus. Sebab, kamu selalu menunjukkan sikap yang toleransi dan tidak egois.

Gimana bestie ? Apakah kamu siap menerapkannya ke diri kamu ? Selamat mencoba, semoga bermanfaat !

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.