Aplikasi Blender: Spesifikasi, Fitur, dan Fungsinya

Aplikasi Blender merupakan perangkat lunak grafika komputer 3D. Penggunaan software ini ditunjukkan membuat film animasi, efek visual, model cetak 3D, aplikasi 3D interaktif, dan video games.

Blender memiliki fitur salah satunya pemodelan 3D, penteksturan, penyunting gambar bitmap, penulangan, simulasi fluida dan asap, simulasi partikel, animasi, penyunting video, pemahat digital, dan perenderan.

Berikut ini adalah apa itu aplikasi Blender dan bagaimana spesifikasi lengkapnya.

Spesifikasi Aplikasi Blender adalah

Fitur hebat lainnya adalah Blender benar-benar kompatibel lintas platform, sehingga akan berjalan dengan baik di Windows, Mac OS, atau Linux.

Jika kamu ingin mengunduh Blender, kamu bisa melihat baca sistem di situs web mereka. Apabila tidak ingin menginstal Blender di komputer milikmu, kamu dapat menjalankannya dari stik USB secara manual. Ini berarti kamu dapat membawanya, meskipun masih memerlukan komputer yang cukup kuat untuk dapat menangani program tersebut.

Hal ini mungkin tidak efisien dalam hal rendering pada komputer dengan RAM rendah. (Python 2.5 perlu diinstal dan disarankan untuk menggunakan drive USB 3.0.)
Blender tidak membutuhkan banyak persyaratan perangkat keras dan memiliki rekomendasi minimum berikut:

  • CPU 2GHz dual-core 64-bit dengan dukungan SSE2
  • RAM 4 GB
  • 1280 × 768 tampilan
  • Mouse, trackpad, atau pena dan tablet
  • Kartu grafis dengan setidaknya 1 GB RAM, OpenGL 3.3
  • Komputer yang berusia lebih dari 10 tahun mungkin mengalami sedikit kesulitan menjalankan Blender. Terlepas dari itu, pasti ingin memastikan OS kamu mutakhir.

Fungsi Aplikasi Blender

Blender penuh dengan alat yang berguna, tetapi beberapa akan lebih relevan untuk pemula daripada yang lain. Bagi banyak orang yang datang ke Blender, alat yang paling populer adalah modeling, sculpting, dan texturing, serta animasi. Mereka yang membuat objek untuk pencetakan 3D bahkan mungkin tidak melampaui pemodelan dan pahatan.

Baca Juga :   Fitur-fitur yang Akan Kamu Dapatkan: Linktree Luncurkan Aplikasi iOS dan Android

Namun, bagi mereka yang tertarik untuk menjelajahi teknik dan alat 3D yang lebih canggih, kamu dapat melihat Pensil Gemuk hibrida 2D/3D, simulasi fisika, skrip, dan efek visual.

Dengan itu, kita bisa masuk ke detail lebih lanjut tentang fitur inti yang ditawarkan di Blender.

Pemodelan dan Memahat

Fitur paling kuat dan berguna yang ditawarkan Blender adalah pemodelan 3D dan alat pahatnya. Lagi pula, tidak ada seni 3D tanpa objek 3D!

Ada beberapa cara yang dapat kamu bisa lakukan untuk membuat model 3D di Blender, dan versi terbaru (2.8) membuatnya lebih mudah untuk menggunakan metode ini. Kamu dapat dengan bebas mengubah antara alat pengeditan dan pemahatan mesh dengan satu perintah cepat.

Pemodelan berbasis mesh adalah pendekatan yang paling umum digunakan, juga disebut pemodelan permukaan atau pemodelan kotak. Metode ini bekerja berdasarkan poligon ke poligon, di mana objek dibangun dari permukaan individu, kadang-kadang bahkan satu titik pada satu waktu.

Mirip dengan metode ini adalah metode berbasis kurva, yang disebut pemodelan NURBS di Blender, yang menggunakan garis untuk mendefinisikan objek. Pendekatan ini melibatkan menggambar garis struktural pemandu, yang kemudian digunakan untuk menghasilkan mesh.

Memahat memiliki berbagai alat yang digunakan untuk ‘mendorong’ dan ‘menarik’ mata jaring dengan cara yang berbeda, mirip dengan cara seniman tradisional memahat tanah liat. Metode ini bekerja paling baik ketika ada banyak poligon, dan umumnya digunakan untuk membuat objek yang sangat detail dan bertekstur.

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.