Butuh Translate Bahasa Asing dengan Cepat? Coba Aplikasi Android Ini

Kebutuhan menerjemahkan ada dalam banyak kegiatan, mulai dari kegiatan di ruang pendidikan sampai aktivitas saat melakukan perjalanan wisata. Aplikasi translator atau penerjemah, seperti Google Translate, tentu sangat berguna di saat-saat seperti ini.

Tentu saja Google Translate bukan satu-satunya aplikasi penerjemah yang dapat membantu kita menerjemahkan teks, pidato, percakapan, bahkan papan penunjuk arah. Ada banyak aplikasi sejenis yang bisa kita pilih dari Google Play Store atau App Store milik Apple.

Jenis aplikasi penerjemah yang kita butuhkan sebenarnya tergantung pada kebutuhan kita. Aplikasi penerjemah ini umumnya dapat menerjemahkan (translate) teks, ucapan, gambar, atau bahkan melakukan percakapan real time dengan seseorang yang berbicara bahasa yang berbeda.

Beberapa aplikasi lainnya menawarkan pengucapan audio, contoh kalimat, atau bahkan ada aplikasi yang mengemaskan dukungan offline sehingga kita dapat terus menerjemahkan tanpa koneksi internet.

Nah, sebelum memilih, sebaiknya kita perhatikan aspek-aspek berikut dari aplikasi-aplikasi penerjemah yang ada:

1.Kegunaan

Hal yang kita cari dari aplikasi ini adalah kegunaan dan fitur. Pastikan fitur-fitur dan kemampuannya sesuai kebutuhan kita. Jika sulit digunakan, sulit dikelola, atau terlalu lama proses translasinya, alih-alih membantu, aplikasi translator malah akan menyusahkan.

2.Bahasa

Tidak ada aplikasi penerjemah yang mendukung semua bahasa di dunia. Jadi, pastikan aplikasi yang kita unduh memang mendukung bahasa yang kita butuhkan, terutama ketika bahasa itu tidak terlalu umum.

3.Pengucapan

Jika kita membutuhkan cara pengucapan dalam bahasa tertentu, pilih apikasi yang menawarkan fitur pengucapan audio. Aplikasi dengan fitur semacam ini akan bermanfaat ketika kita bepergian ke luar negeri.

4.Ekstra

Beberapa aplikasi hanyalah semacam kamus yang akan menerjemahkan kata-kata secara harfiah atau berdasarkan arti leksikal. Kalau ada aplikasi yang dapat menerjemahkan teks berupa gambar atau membaca menu di restoran tentu akan lebih menyenangkan. Namun, semua kembali pada kebutuhan kita.

Untuk membantu pekerjaan dan kebutuhan menerjemahkan bahasa asing, Anda bisa mencoba empat aplikasi ini di smartphone Android Anda.

1. Google Translate

  • Pengembang : Google LLC
  • Rating : 4,5
  • Download : 1,8B+
  • Ukuran file : 27MB

Ukuran file unduhan Google Translate relatif kecil dan antarmukanya (user interface) simpel. Namun kapabilitas yang diusung aplikasi besutan Google ini cukup bertenaga.

Google Translate mendukung penerjemahan atau translasi teks dari dan ke 108 bahasa di dunia, dan penerjemahan secara luring (offline) dapat dilakukan untuk 59 bahasa.

Translation mode yang diusung Google Translate cukup memadai untuk membantu pengguna menerjemahkan dari berbagai sumber. Pengguna bisa langsung mengetikkan atau menuliskan (dengan fitur handwriting) teks yang akan diterjemahkan pada aplikasi. Pengguna juga bisa melakukan tap to translate, yaitu menyalin teks dari aplikasi lain dan mengetuk ikon Google Translate untuk menerjemahkannya.

Tersedia juga translasi teks yang bersumber dari image atau gambar dengan hanya mengarahkan kamera ke gambar. Di sini pengguna bisa memilih penerjemahan 94 bahasa secara instan atau di-scan dulu. Pilihan scan berlaku jika pengguna ingin menerjemahkan sebagian teks saja.

Google Translate juga menyediakan fitur photo translation untuk 90 bahasa. Pengguna tinggal mengimpor atau mengambil foto dari teks yang akan diterjemahkan.

Aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari satu miliar pengguna ini juga memungkinkan translasi suara secara real time atau on the fly, termasuk percakapan dalam dua bahasa.

Cara menggunakan fitur percakapan yang mendukung 70 bahasa ini cukup mudah. Pertama atur dulu bahasa yang akan Anda gunakan dan bahasa terjemahannya. Klik tombol Conversation. Jika dibutuhkan, klik dulu ikon tangan di sebelah kanan atas layar untuk memberitahukan lawan bicara bahwa Anda akan menggunakan Google Translate untuk bercakap-cakap. Lalu, klik mikropon di kiri atau kanan bawah layar untuk mulai bercakap-cakap. Aplikasi menyajikan percakapan dalam split screen sehingga memudahkan pengguna.

Aplikasi ini juga menyediakan phrasebook sehingga pengguna dapat memberikan tanda bintang dan menyimpan teks yang sudah diterjemahkan sebagai referensi di penerjemahan selanjutnya. Google Translate juga memungkinkan pengguna melakukan sinkronisasi phrasebook di aplikasi dengan desktop.

Plus: gratis; bisa offline; mendukung translasi dari speech, teks, instant voice, image; input beragam, termasuk handwriting; mendukung translasi percakapan; phrasebook; menyediakan tap to translate di aplikasi lain; tersedia versi website.

Minus: translasi percakapan hanya untuk dua orang dan translasi di satu perangkat.

  • Gratis
  • Layanan premium X
  • Mendukung speech/text/instant voice translations V
  • Jumlah bahasa yang didukung: total 108
  • Mendukung camera/Image/handwriting translations V
  • Dictionary, phrasebook V
  • Mendukung online/offline translations V
  • Menerjemahkan dari aplikasi lain V
  • Mendukung penerjemahan percakapan multi-person V (2 orang)

2. Microsoft Translator

  • Pengembang : Microsoft Corporation
  • Rating : 4,7
  • Download : 50M+
  • Ukuran file : 63MB

Selain Google, nama lama di kancah teknologi yang juga mengembangkan aplikasi penerjemah adalah Microsoft. Dapat digunakan secara cuma-cuma alias gratis, aplikasi bernama Microsoft Translator ini dapat menerjemahkan dari dan ke 70 bahasa.

Menurut deskripsi yang ada di Google Play Store, Microsoft Translator ditenagai ole teknologi-tekonlogi mutakhir seperti yang ada di produk Microsoft lainnya, yaitu Office, Bing, Skype, dan Edge.

Dari sisi tampilan antarmuka, aplikasi ini tampil simpel tapi tetap terlihat modern. Aplikasi ini juga dapat digunakan tanpa terkoneksi ke internet atau secara offline dengan terlebih dulu mengunduh bahasa yang akan diterjemahkan. Kemampuan ini akan memudahkan penggunaan aplikasi saat pengguna bepergian.

Microsoft Translator dapat melakukan translasi yang input-nya berupa teks yang diketikkan pengguna, foto atau gambar, maupun tangkapan layar atau screenshot. Hasil terjemahan bisa langsung di-share melalui aplikasi lain. Dan sebaliknya, aplikasi ini dapat menerjemahkan teks yang ada di aplikasi lain.

Pengguna juga dapat menggunakan aplikasi ini untuk voice translation, misalnya menerjemahkan pidato. Microsoft Translator pun menyediakan split-screen mode untuk menerjemahkan percakapan dalam dua bahasa.

Nah, yang menarik, Microsoft Translator juga dapat dimanfaatkan untuk translasi percakapan yang melibatkan sampai 100 orang. Caranya mudah. Pengguna hanya perlu mengkoneksikan perangkatnya dengan peserta konversasi lainnya. Satu peserta akan menjadi host dan membuat kode yang kemudian dibagikan ke peserta lain.

Asyiknya lagi, untuk bisa ikut serta dalam percakapan ini, peserta tidak harus memasang aplikasi Microsoft Translator tapi cukup menggunakan browser.

Seperti aplikasi translasi lainnya, aplikasi ini juga menyediakan phrasebook. Yang berbeda, Microsoft Translator datang dengan phrasebook yang sudah dilengkapi frasa dan kalimat yang penting diketahui dalam bahasa asing saat kita bepergian.

Gunakan pin untuk menyimpan dan menandai translasi yang sering dilakukan. Aplikasi ini juga menyediakan fitur history yang memungkinkan pengguna melihat terjemahan-terjemahan sebelumnya.

Plus: gratis; bisa offline; mendukung translasi dari speech, teks, instant voice, image; mendukung translasi percakapan hingga 100 peserta; phrasebook dilengkapi kalimat dan frasa penting yang dibutuhkan ketika bepergian ke negara lain; tap to translate di aplikasi lain.

Minus: jumlah bahasa yang didukung lebih sedikit; tidak mendukung translasi dengan input handwriting.

  • Gratis
  • Layanan premium X
  • Mendukung speech/text/instant voice translations V
  • Jumlah bahasa yang didukung: total 70 bahasa
  • Mendukung camera/Image translations: V
  • Phrasebook V
  • Mendukung online/offline translations V
  • Menerjemahkan dari aplikasi lain V
  • Mendukung penerjemahan percakapan multi-person V (hingga 100 orang)

3. SayHi Translate

  • Pengembang : SayHi – An Amazon Company
  • Rating : 4,8
  • Download : 1M+
  • Ukuran file : 11MB

Aplikasi besutan SayHi yang merupakan bagian dari Amazon patut diacungi jempol. Di balik desain antarmuka yang modern dan simpel tersimpan kejutan-kejutan berupa fitur “tersembunyi”.

Misalnya, fitur Hold to type yang baru diperkenalkan di versi 5.0.8 yang kami review ini. Fitur ini akan dengan cepat mengubah metode input. Tekan dan tahan ikon mikrofon untuk meng-input teks melalui keyboard.

Perubahan metode input juga bisa dilakukan saat pengguna memilih bahasa. Pada pilihan bahasa, akan ada opsi Type dan Speak. Nah ini fitur tersembunyi lainnya. Pada saat memilih bahasa, pengguna juga dapat memilih suara narator pria atau wanita (jika tersedia), dan mengatur kecepatan bicara narator.

Awalnya kami mengira aplikasi ini tidak menyediakan fitur menerjemahkan teks dari aplikasi lain. Namun ternyata aplikasi ini cukup intuitif. Ketika kami mencoba menyalin teks dari browser dan kami buka SayHi Translate, aplikasi langsung “bertanya” apakah kami akan menerjemahkan teks di clipboard.

Aplikasi yang mendukung penerjemahan dari dan ke lebih dari 50 bahasa ini menyediakan tiga cara penerjemahan. Pengguna bisa menggunakan Tap to talk, Conversation, dan Image. Tap to talk adalah mode penerjemahan voice translation yang bisa langsung dimulai dengan menekan ikon mikrofon untuk mulai berbicara. Aplikasi ini tidak menyediakan fitur untuk swap bahasa secara cepat. Mode conversation memungkinkan pembicara melakukan percakapan dua bahasa.

Untuk membagikan/menyalin teks hasil terjemahan, cukup klik dan tekan pada teks, lalu pilih aplikasi yang akan digunakan untuk membagikan/memuat salinan teks. Jika terjemahan sudah tidak dibutuhkan lagi, pengguna tinggal mengeklik ikon Trash. Namun sayangnya aplikasi ini tidak menyediakan phrasebook maupun fitur untuk menyimpan terjemahan sebelumnya agar bisa dipakai lagi.

Sementara untuk image translation, SayHi Translate tidak menyediakan kemampuan scan & translate, tapi shoot & translate. Aplikasi ini juga selalu membutuhkan koneksi internet untuk bekerja.

Plus: gratis; navigasi intuitif; mendukung translasi dari speech, teks, instant voice, image; mendukung translasi percakapan dua orang; fitur share dan copy.

Minus: tidak bisa offline, jumlah bahasa yang didukung lebih sedikit; tidak ada phrasebook dan history; tidak bisa swap bahasa; tidak mendukung translasi dengan input handwriting.

  • Gratis
  • Layanan premium X
  • Mendukung speech/text/instant voice translations V
  • Jumlah bahasa yang didukung: total 55 bahasa
  • Mendukung camera/image translations V
  • Phrasebook: X
  • Mendukung offline translations X
  • Menerjemahkan dari aplikasi lain V
  • Mendukung penerjemahan percakapan multi-person V (2 orang)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.