Tips Merdeka Finansial bagi Pejuang Investasi

Sebagai penerus bangsa, anak-anak muda Indonesia kini berjuang dengan cara berbeda. Antara lain, untuk merdeka finansial dengan menjadi #PejuangInvestasi.
Merdeka finansial sendiri berarti ketika seseorang memiliki dana yang cukup untuk mencapai tujuan hidup, salah satu caranya melalui investasi saham. Namun, tak sedikit yang khawatir berinvestasi saham karena tidak paham cara memulainya.

Financial Expert Ajaib Sekuritas Yazid Muamar menjelaskan, membuka akun rekening di sekuritas untuk memulai transaksi saham saat ini sangat mudah. Calon investor saham cukup melakukan pendaftaran di perusahaan sekuritas yang telah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), misalnya seperti di Ajaib Sekuritas yang menawarkan registrasi akun 100 persen online yang mudah dan cepat di dalam aplikasi Ajaib.

Dalam hitungan menit, akun bisa langsung aktif dan dapat digunakan untuk investasi saham. Bagi kamu yang ingin memulai investasi saham, Yazid membagikan beberapa tips sukses berinvestasi saham sebagai berikut.

Pastikan biaya hidup dan dana darurat cukup

Sebelum memulai investasi saham, pastikan biaya hidup sudah tersedia dan memiliki dana darurat yang cukup. Jangan melakukan investasi saham dengan dana darurat ataupun dengan menggunakan dana pinjaman.

“Kamu bisa membuat anggaran keuangan untuk melihat pengeluaran per bulan. Ini juga merupakan rutinitas yang memperkuat tujuan kamu untuk merdeka finansial dan memperkuat tekad terhadap godaan untuk berbelanja secara berlebihan. Anggaran keuangan yang jelas juga mempermudah kamu untuk memperkirakan jangka waktu yang kamu butuhkan untuk mencapai merdeka finansial,” kata Yazid.

Pahami keuntungan dan risiko investasi

Jika ingin menekuni saham sebagai instrumen investasi, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan belajar. Berbagai informasi mengenai saham bisa didapatkan di banyak media, tetapi jangan lupa untuk memperhatikan kredibilitas sumber informasi.

Yazid menyarankan agar tak ragu berdiskusi dengan mereka yang memiliki latar belakang pendidikan ekonomi, juga orang-orang yang sudah lama terjun ke dunia saham.

“Pengalaman dari para ahli dan mereka yang berpengalaman akan memberikan kamu gambaran bagaimana berinvestasi saham yang baik. Jika sudah memahami dasar dan tata cara investasi saham yang efektif, maka kamu pun akan lebih mudah mendapatkan keuntungan,”

“Jika kamu ingin mendapatkan keuntungan tinggi, kamu harus tau bahwa akan ada risiko besar juga yang mungkin akan kamu terima. Jadi, jika kamu tidak percaya diri mengambil saham dengan risiko tinggi, pilihlah saham perusahaan yang memiliki track record baik dan dikenal masyarakat luas,” tutur Yazid.

Tentukan tujuan investasi

Menentukan tujuan investasi merupakan kunci keberhasilan berinvestasi saham. Tujuan itu yang nantinya akan mempengaruhi nominal serta jangka waktu yang diinginkan dan membuat kamu termotivasi berinvestasi dengan cara yang tepat.

Investasi sesuai kemampuan

Yazid mengingatkan untuk tak memaksakan diri berinvestasi melebihi kemampuan. Meski keuntungannya sangat menggiurkan, namun ada risiko di balik keuntungan tersebut. Berinvestasi saham bisa dilakukan dari nominal kecil, yang perlahan membesar seiring pertambahan pengetahuan dan keyakinan.

“Tidak perlu modal besar untuk berinvestasi saham, karena dengan mulai Rp100 ribu kamu sudah dapat memulai investasi saham dengan memilih saham perusahaan yang tersedia di Ajaib Sekuritas. Jangan tergesa-gesa untuk investasi dengan nominal besar,” ujarnya.

Jangan mudah merasa FOMO (fear of missing out)

Sebagai investor, godaan terasa kuat ketika nilai saham semakin naik atau kamu ikut membeli saham karena orang tertentu tanpa mempelajari informasi lengkap mengenai perusahaan tersebut.

“Kamu harus fokus dan konsisten terhadap rencana investasi dan keuangan yang telah kamu buat. Sangat jarang investor pemula mendadak kaya ketika baru mulai berinvestasi, maka hindari pengambilan keputusan yang didasari oleh FOMO,” kata Yazid.

Yazid menegaskan, dengan mengetahui ilmu investasi saham, seseorang bisa dengan mudah menentukan saham mana yang baik untuk dibeli. Dia pun mendorong agar tak menunda mempelajari saham, dan mendapatkan keuntungan sebagai salah satu pemilik saham perusahaan.

Berbagai fitur yang memudahkan telah disematkan dalam Ajaib Sekuritas, termasuk Competitive Ranking yang memungkinkan investor untuk mengetahui kekuatan fundamental perusahaan dibandingkan dengan kompetitor. Selain itu, ada pula fitur Ajaib Alert, di mana pengguna Ajaib Sekuritas bisa jadi yang pertama tahu kapan saat terbaik untuk menjual atau membeli saham menurut pilihan investor.

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.