Cara Meredupkan Layar Laptop Asus dengan Mudah Tanpa Ribet

APAKAH kamu merupakan pengguna laptop Asus dan sering merasa terganggu dengan layar yang terlalu terang? Kabar baik, karena Asus telah menghadirkan fitur pengatur kecerahan secara instan. Cara meredupkan layar laptop Asus pun bisa dilakukan dengan mudah.

Ya, seperti yang diketahui, layar yang terlalu terang akan memberikan efek buruk pada mata, seperti mata yang akan lebih mudah lelah dan juga penglihatan menjadi kabur. Oleh karenanya, mengatur kecerahan laptop menjadi hal yang cukup penting untuk dilakukan.

Nah, berbincang tentang mengatur kecerahan laptop, cara meredupkan layar laptop Asus sebenarnya bisa dilakukan dengan beberapa metode. Dengan melakukan pengaturan kecerahan layar ini, kamu bisa menyesuaikan tingkat kecerahan laptop agar mata kamu pun nyaman saat mengoperasikan perangkat dalam waktu yang lama.

Penasaran bagaimana cara untuk meredupkan dan mengatur kecerahan layar laptop Asus? Simak ulasannya!

Mengatur Kecerahan dan Meredupkan Layar Laptop Asus

Berbincang tentang meredupkan atau mencerahkan layar laptop Asus, sebenarnya kamu bisa melakukannya dengan beberapa metode mudah.

Memang, fitur pengatur kecerahan terkadang terletak di tempat yang berbeda tergantung seri produk Asus yang digunakan. Namun, secara umum, cara penggunaannya tetap sama.

Mengutip informasi dari laman Teknogram, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatur kecerahan layar pada laptop Asus adalah sebagai berikut:

1. Menggunakan kombinasi tombol FN

Cara pertama yang bisa digunakan untuk mengatur kecerahan layar pada laptop Asus adalah dengan menggunakan kombinasi tombol FN. Ini adalah cara yang sangat mudah untuk dilakukan. Meskipun, tombol yang digunakan bisa saja berbeda sesuai dengan produk laptop Asus yang kamu gunakan.

Dalam hal ini, kamu bisa menekan secara bersamaan tombol FN+F1 untuk mengurangi kecerahan atau meredupkan. Sedangkan untuk meningkatkan kecerahan, tekan tombol FN+F2. Jika detail fungsi tombol F1 dan F2 berbeda, maka cari tombol F di bagian atas yang berisi simbol matahari.

2. Menggunakan kombinasi tombol Windows

Selain menggunakan kombinasi tombol FN, kamu juga bisa menggunakan kombinasi tombol Windows untuk mengatur kecerahan layar laptop Asus. Ini juga merupakan langkah yang cukup mudah untuk dilakukan.

Di sini kamu bisa menekan bersamaan tombol Windows dan tombol X. Dengan demikian, nantinya akan muncul menu brightness. Nah, dari menu tersebut kamu bisa mengatur kecerahan layar laptop Asus sesuai dengan selera kamu.

3. Menggunakan mobility center

Untuk mengatur kecerahan layar laptop Asus, termasuk meredupkan layar, kamu bisa memanfaatkan fitur mobility center. Fitur ini merupakan sebuah pusat pengaturan yang mencakup beragam item, seperti volume, baterai, display dan lainnya.

Nah, untuk masuk ke mobility center, kamu tinggal melakukan beberapa langkah mudah, yaitu:

  • Klik kanan pada start menu dan kemudian masuk ke Win X
  • Jika sudah, scroll dan pilih opsi mobility center
  • Nah, di dalam fitur tersebut, terdapat menu brightness. Slide ke kanan untuk menambah kecerahan dan slide ke kiri untuk meredupkan
  • Jika sudah selesai, close dan kecerahan layar laptop Asus sudah berhasil diubah sesuai keinginan

Beberapa poin di atas adalah cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatur kecerahan layar laptop Asus berbagai seri. Selain cara di atas, kamu juga bisa meredupkan atau mencerahkan layar laptop menggunakan menu display yang tersedia secara default.

Nah, dengan banyaknya pilihan metode pengaturan kecerahan layar laptop Asus, kamu tinggal memilih mana yang menurut kamu paling mudah dan tingkat kecerahan layar sesuai dengan keinginan.

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.