Cara Menghapus Akun Facebook

Cara Menghapus Akun Facebook, Secara Permanen dan Sementara

Cara Menghapus Akun Facebook – Menghapus akun Facebook Anda seharusnya tidak menjadi tantangan. Sayangnya, karena perusahaan enggan membiarkan penggunanya pergi, prosesnya sangat panjang dan rumit. Apakah Anda ingin istirahat dari Facebook atau hapus sepenuhnya akun Anda, panduan langkah demi langkah ini akan membantu Anda melakukannya dengan mudah hanya dalam beberapa menit.

Cara Menghapus Akun Facebook Secara Permanen

Penting! Facebook menawarkan masa tenggang 30 hari untuk setiap pengguna yang ingin menghapus akun mereka. Dalam periode ini, Anda dapat masuk ke profil Anda atau aplikasi pihak ketiga yang ditautkan ke akun Facebook Anda (seperti Candy Crush atau Spotify) dan membalikkan proses penghapusan.

Catatan : Sebelum Melakukan tindakan ini, Pastikan anda sudah mendownload data data pribadi anda, karena jika facebook dihapus , data data anda didalamnya juga akan ikut terhapus

Mengapa Anda harus Mendownload Data-data sebelum Menghapus Akun?

Menghapus akun Facebook Anda secara permanen menghapus semua data Anda dari sistem. Karena platform digunakan untuk berbagi dan menyimpan kenangan berharga, Anda harus menyimpan data Anda (seperti gambar dan video) sebelum menghapus akun Facebook Anda. Untuk melakukannya, ikuti panduan Tekno Advisor dan simpan file yang diarsipkan pada perangkat Anda.

Panduan Mudah untuk Mengunduh Arsip Akun Facebook Anda :

  • Pilih “Pengaturan” dari menu drop-down.
  • Klik pada “Informasi Facebook Anda” dan pergi ke “Unduh Informasi Anda.” Atau, pilih “Transfer salinan foto atau video” untuk memindahkan file media Anda ke Google Foto.
  • Dalam tab “Minta Salinan”, pilih informasi mana yang ingin Anda simpan. Anda dapat mencentang hanya satu kotak atau semuanya, tergantung pada data mana yang ingin Anda simpan. Selanjutnya, klik “Buat File.”
  • Facebook akan mulai membuat salinan file yang dipilih untuk Anda. Anda dapat memeriksa progres file Anda diarsipan di tab “Salinan Tersedia”. Anda akan menerima notifikasi setelah file siap diunduh.
  • Ketika salinan dibuat, Anda dapat mengaksesnya di tab “Salinan Tersedia” dan unduh ke perangkat Anda.

Ada banyak langkah pencegahan yang dapat Anda ambil sebelum Anda memutuskan untuk menghapus secara permanen akun Facebook Anda, seperti membatasi siapa yang dapat melihat profil Anda atau secara teratur menghapus cookie yang dikumpulkan oleh platform. Mereka tidak akan sepenuhnya mengamankan data Anda, tetapi jika Anda belum siap untuk keluar dari Facebook, langkah-langkah keselamatan ekstra ini akan memastikan hanya informasi paling penting yang disimpan di server.

Cara Menghapus Akun Facebook Melalui Desktop

  1. Buka “Pengaturan” dengan mengklik tab di menu drop-down di sudut kanan atas.
  2. Klik “Informasi Facebook Anda.” Dari sana, masuk ke “penonaktifan atau penghapusan.”
  3. Pilih “Hapus akun Anda secara permanen” dan tekan “Lanjutkan.”
  4. Aplikasi akan meminta Anda untuk menyimpan salah satu data Anda, termasuk foto dan posting, dan edit grup apa pun yang Anda admin. Anda dapat menyimpan data Anda dan kemudian menghapus atau cukup pilih “Hapus Akun.”
  5. Masukkan kata sandi Anda dan klik “Lanjutkan.”
  6. Anda akan melihat peringatan pop-up yang memberi tahu Anda tentang periode penonaktifan 30 hari Facebook. Ini memberi Anda kesempatan untuk masuk kembali dan membatalkan proses jika Anda berubah pikiran. Untuk melanjutkan, tekan “Hapus akun.”
    Sekarang akun Anda dijadwalkan untuk dihapus setelah masa tenggang 30 hari!

Cara Menghapus Akun Facebook Melalui Ponsel

  1. Klik pada tiga garis horizontal di sudut kanan bawah layar Anda. Pilih “Pengaturan” dari “Pengaturan & Privasi.”
  2. Gulir ke bawah ke “Informasi Facebook Anda” dan klik “Kepemilikan dan Kontrol Akun.”
  3. Tekan “Penonaktifan dan Penghapusan.”
  4. Pilih “Hapus akun” dan klik “Lanjutkan ke penghapusan akun.”
  5. Sebelum Anda melanjutkan lebih jauh, Facebook akan memberi Anda opsi untuk menonaktifkan akun Anda, unduh file Anda, dan kelola halaman yang Anda admin. Untuk mengkonfirmasi pilihan Anda, tekan “Hapus akun.”
  6. Masukkan kata sandi Anda dan klik “Lanjutkan.”
  7. Akhirnya, untuk menyelesaikan proses, tekan “Hapus akun.”
  8. Akun Anda sekarang dijadwalkan untuk dihapus.

Cara Mengaktifkan Kembali Akun Yang Sudah Dihapus

Berubah pikiran? Inilah cara mendapatkan akun Anda kembali

Facebook menawarkan masa tenggang 30 hari untuk setiap orang yang memutuskan untuk menghapus akun mereka. Jika Anda berubah pikiran kapan saja, Anda dapat mengaktifkan kembali akun Anda. Masuk kembali menggunakan detail Anda akan secara instan mengembalikan semua data Anda yang memungkinkan Anda untuk menggunakan Facebook tanpa perubahan.

Namun, jika Anda berubah pikiran setelah masa tenggang, Anda tidak akan dapat membalikkan proses. Jika Anda tidak yakin ingin menghapus akun Facebook Anda, Anda harus mempertimbangkan untuk menonaktifkannya terlebih dahulu.

Menghapus Akun VS Menonaktifkan Akun : Apa bedanya?

Jika tadi kita membahas Cara Menghapus Akun Facebook ,Ada perbedaan besar antara menonaktifkan dan menghapus akun Facebook Anda. Jika Anda memutuskan untuk menghapus profil Anda, itu adalah tindakan permanen dan ireversibel. Anda tidak akan dapat menggunakan opsi login Facebook untuk aplikasi pihak ketiga mana pun, seperti Spotify atau Tinder. Melepaskan Akun Anda dari platform juga secara otomatis menghapus Anda dari Messenger. Semua teks dan percakapan lama Anda akan dihapus dan dihapus tanpa opsi pemulihan.

Di sisi lain, menonaktifkan akun Anda akan sementara membuat akun Anda tidak terlihat oleh orang lain. Setiap detail Pada profil dan timeline Anda, di samping suka, foto, dan posting Anda, akan disembunyikan sampai Anda memutuskan untuk mengaktifkannya kembali. Tidak ada batasan waktu di tempat, sehingga Anda dapat kembali ke akun Facebook Anda bahkan setahun kemudian. Menonaktifkan juga memungkinkan Anda untuk terus menggunakan Messenger tanpa perubahan. Pesan lama Anda masih akan terlihat, di samping nama dan gambar profil Anda.

Cukup ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menghilangkan sementara diri dari situs.

Cara Menonaktifkan Sementara Akun Facebook Anda

  1. Pergi ke pengaturan.”
  2. Klik pada tab “Informasi Facebook Anda” dan pilih “Penonaktifan dan Penghapusan.”
  3. Pilih “Nonaktifkan Akun” dan tekan “Lanjutkan ke deaktivasi akun.”
  4. Masukkan kata sandi Anda dan klik “Lanjutkan.”
  5. Facebook mengharuskan penggunanya untuk memilih alasan penonaktifan. Karena ini adalah bidang yang diperlukan, untuk melanjutkan lebih jauh, klik satu atau lebih alasan. Setelah Anda memilih alasan, tekan “Nonaktifkan.”
  6. Di jendela sembul, klik “Nonaktifkan sekarang.”
  7. Akun Anda sekarang dinonaktifkan. Untuk memulihkan kembali akun mu, cukup login menggunakan detail login lama Anda.
  8. Lindungi diri Anda dari aplikasi pihak ketiga dengan “Off-Facebook”

Karena kebijakan pihak ketiga Facebook yang kabur, Anda mungkin memberikan informasi yang lebih rinci daripada yang Anda pikirkan. Menggunakan detail Facebook Anda untuk masuk ke aplikasi pihak ketiga secara otomatis memungkinkan kedua platform untuk menukar data yang dikumpulkan Anda.

Facebook tidak menentukan data apa aplikasi pihak ketiga dapat mengakses profil Anda

Pada Januari 2020, Facebook merilis Off-Facebook, fitur keamanan yang memungkinkan pengguna untuk memutuskan data mana dari aplikasi pihak ketiga dapat disimpan dan digunakan oleh platform. Untuk menambahkan keamanan data, yang harus Anda lakukan secara teratur menghapus aktivitas pihak ketiga Anda.

Fitur ini hanya dapat digunakan pada aplikasi seluler Facebook, jadi ikuti langkah-langkah ini dari perangkat iOS atau Android Anda.

Cara Menghapus Aktivitas Facebook Anda

  • Klik pada menu di sudut kanan atas. Buka pengaturan Anda di bawah “Pengaturan & Privasi.”
  • Pilih “aktivitas off-facebook” dari daftar.
  • Untuk melihat semua aktivitas off-facebook Anda, pilih “Kelola aktivitas off-facebook Anda.”
  • Masukkan kata sandi Anda. Kemudian Anda dapat memilih setiap item dari daftar dan menghapus yang tidak Anda inginkan.
  • Atau, untuk menghapus semua aktivitas Anda, tekan “Hapus Riwayat.” Ini akan secara otomatis menghapus setiap aktivitas pada daftar.
  • Kendalikan keamanan Anda di Facebook dengan mengubah pengaturan Anda

Menghapus akun Facebook Anda bukan satu-satunya pilihan untuk melindungi data Anda. Jika Anda belum siap untuk keluar dari platform, tetapi ingin merasa lebih aman saat menggunakannya, sesuaikan pengaturan keamanan Anda.

Cara Mengubah Pengaturan Keamanan di Facebook

  • Dari menu drop-down di sudut kanan atas, pilih “Pengaturan.”
  • Buka tab “Privasi”.
  • Untuk mengubah siapa yang dapat melihat posting Anda, pilih “Edit” di bawah “Aktivitas Anda.” Anda dapat memilih untuk membuat posting Anda terlihat oleh semua orang, hanya teman Anda, atau menjaga mereka sepenuhnya pribadi.
  • Untuk meninjau dan mengedit posting apa yang ditandai, klik “Gunakan Log Aktivitas.” Ini akan membawa Anda ke daftar posting yang Anda tag. Di sana, secara individual pilih posting mana yang ingin kalian tambahkan ke timeline Anda dan yang mana yang ingin Anda sembunyikan.
  • Anda dapat membatasi siapa yang dapat melihat posting lama Anda pada timeline Anda dengan mengklik “Batas posting sebelumnya.” Ini akan secara otomatis menyembunyikan semua posting Anda sebelumnya, membuatnya hanya terlihat oleh teman Anda.
  • Akhirnya, pilih bagaimana Anda ingin dihubungi oleh orang lain. Kalian bisa melakukannya dengan memilih setiap opsi dan memilih kategori yang diinginkan dari menu drop-down.

Kesimpulan

Nah, Begitulah Cara Menghapus akun Facebook Secara Permanen ataupun sekedar Menonaktifkanya sementara.

Tekno Advisor menyarankan sobat untuk memikirkanya matang-matang terlebih dahulu sebelum menghapus akun. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu

Tentang David Bagaskara

SEO Professional, Author & Penulis yang berpengalaman di bidang Komputer dan Software selama 6 Tahun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *