Xiaomi Redmi 10

Xiaomi Redmi 10 : HP Entry Level Terbaik Dari Xiaomi

Xiaomi Redmi 10 – Halo sobat Tekno Advisor. Xiaomi belum lama ini telah meluncurkan hp terbaru mereka di Indonesia yaitu Xiaomi Redmi 10, Hp 2 jutaan terbaik yang bisa kalian beli saat ini. Redmi 10 hadir sebagai pelengkap dari kakak – kakaknya yaitu Redmi Note 10 series, hp ini datang dengan membawa chipset terbaru dari MediaTek serta kamera yang berukuran besar.

Ada beberapa Key Selling Point yang Xiaomi sangat tekankan seperti kamera yang sudah 50MP, layar FullHD+ dengan adaptive 90Hz, lalu desain yang terlihat mewah seperti hp – hp Xiaomi lainnya. Bahkan di akun sosial medianya Xioami menyidir hp – hp sekelas dengan desain yang begitu – begitu saja hingga layar yang masih HD.

Dengan rilis nya Xiaomi Redmi 10 maka dari itu produksi dari Redmi Note 10 akhirnya di berhentikan, karena memang harga dari kedua hp ini mirip – mirip dengan spek yang tidak jauh berbeda. Lalu apakah dengan harga 2 jutaan hp ini lebih wort it di bandingan dengan hp 2 jutaan lainnya ?

Jika kalian berencana beli hp ini atau sekedar penasaran kalian bisa membaca ulasan lengkapnya dari kami yang akan membahas secara mendalam dan detail tentang Hp ini.

Spesifikasi Xiaomi Redmi 10

  1. Bodi

  • Dimensi : 162 x 75.5 x 8.9 mm
  • Berat : 181 gr
  1. Layar

  • Panel : IPS LCD
  • Ukuran : 5 inci
  • Resolusi : Full HD+ (1080 x 2400)
  1. Platform

  • OS : Android 11, MIUI 12.5
  • Chipset : MediaTek G88 (12nm)
  • GPU : Mali-G52 MC2
  1. Memori

  • RAM : 4GB / 6GB
  • ROM : 64GB / 128GB
  1. Kamera

  • Kamera Belakang : 50 MP, f/1.8, (wide), PDAF, 8 MP, f/2.2, 120˚ (ultrawide), 2 MP, f/2.4, (macro), 2 MP, f/2.4 (depth)
  • Video : 1080p 30fps
  • Kamera Depan : 8 MP, f/2.0, (wide)
  • Video : 1080p 30fps
  1. Baterai

  • Kapasitas : Li-Po 5.000mAh
  • Pengisian : Fast Charging 18W, Reverse Charging 9W

Harga Xiaomi Redmi 10

  • Xiaomi Redmi 10 4/64GB   : Rp. 1.999.000
  • Xiaomi Redmi 10 6/128GB : Rp. 2.399.000

Review Xiaomi Redmi 10

1. Desain

Xiaomi Redmi 10

Xiaomi Redmi 10 dari segi desain mungkin salah satu desain hp entry level yang paling cantik walau memang desainnya sama seperti hp – hp Xiaomi lainnya, tapi itu bukan sesuatu yang jelek malah hp ini tampil mewah di harga 2 jutaan.

Xiaomi Redmi 10

Hp ini hadir dengan tiga pilihan warna yaitu Carbon Grey, Pabble White dan Sea Blue, untuk warna abu dan putih xioami memberikan finishing matte atau doff pada bodi bagian belakannya membua hp ini tampil begitu elegan dan terlihat mewah. Sedangkan untuk varian warna biru di berikan finishing glossy membuat tampilan bodi belakang hp ini lebih meriah apalagi adanya degradasi warna jika terkena cahaya.

Bagian belakang hp ini seperti hp – hp xioami lainnya di tahun 2021 ini dengan modul kamera yang besar dan berbentuk kotak dengan setiap sudutnya melengkung. Lalu untuk kelengkapan port dan peletakan tombol – tombolnya di Hp ini juga sudah lengkap. Dibagian kanan tombol volume up & down lalu tombol power yang sekaligus sebagai sensor sidik jari, untuk di bagian atas ada audio jack 3.5mm, speaker setereo dan tentunya IR Blaster.

Sedangkan untuk sisi sebelah kiri ada SIM tray dedicated dan untuk bagian bawah ada lubang mic, port USB Type-C dan Speaker Stereo. Xiaomi Redmi 10 hadir dengan keunggunalan yaitu sudah memiliki Stereo Speaker yang kualitasnya bagus. Selain itu hp ini juga di bagian layar sudah memakai model dot display yang berada di tengah.

2. Layar

Xiaomi Redmi 10

Xiaomi Redmi 10 memiliki layar yang bisa di bilang paling bagus di kelasanya karena hp sudah memakai panel IPS dengan Resolusi FullHD+ (1080 x 2400) dimana parang kompetitornya mayoritas masih menggunakan resolusi HD+ tetapi Hp ini berhasil menggebrak pasar hp enty level.

Selain sudah memakai IPS dengan Resolusi FullHD+ layar di hp ini juga sudah menggunakan Refresh Rate 90Hz yang membuat pengalaman scorilling di Xiaomi Redmi 10 menjadi sangat mulus dan lancar. Bukan hanya itu saja layar di hp ini juga dapat menghasilkan warna yang sangat bagus apalagi dengan bentang layar 6.5 inci pengalaman meniktmatik konten hiburan di hp ini semakin menyenangkan.

3. Performa

Xiaomi Redmi 10

Xiaomi Redmi 10 di bekali dengan chipset terbaru dari MediaTek yaitu Helio G88. Chipset ini merupakan pembaharuan dari G85 di sektor support kamera menjadi 50MP dan tentunya untuk performa ada peningkatan namun memang tidak signifikan dengan Helio G85.

Maka dari itu tidak heran di Xioami Redmi 10 kamera yang di pakai memiliki resolusi 50MP dan hal itu yang menjadi Tagline dari hp ini yaitu “Jagonya 50MP”. Selain chipset baru dari MediaTek, hp ini juga memiliki RAM 4GB / 6GB serta memori intenal 64GB / 128GB.

Untuk pemakaian casual hp ini sangat – sangat lancar apalagi Helio G85 merupakan chipset menang yang sangat bagus, bahkan hp dengan harga 3 jutaan saja masih menggunakan chipset G85. Apalagi Redmi 10 yang sudah memakai G88 tentu performanya juga lebih bagus lagi, untuk pemakaian ringan hp ini tidak ada masalah dan untuk bermain game juga masih lancar di ajak bermain game – game keninian.

Performa yang kencang di Xiaomi Redmi 10 tentunya di dukung dengan baterai jumbo yang memiliki kapasitas 5.000mAh dan sudah support Fast Charging 18W bahkan bisa Fast Revese Charge 9W yang membuat hp ini bisa di jadikan powerbank.

Price to Perfomance di hp ini sangat bagus karena di harga 2jutaan kita sudah mendapatkan performa hp yang ada di harga 3 jutaan.

4. Kamera

Xiaomi Redmi 10

Xiaomi Redmi 10 untuk urusan kamera sudah memakai setup Quad Camera di bagian belakang dengan kamera utama sebesar 50MP lalu di temani kamera Ultrawide 8MP dan juga kamera makro dan depth masing – masing sebesar 2MP. Untuk kamera selfienya di hp ini sudah memakai model dot display yang berada di tengah atas layar dan memiliki resolusi sebesar 8MP.

Untuk hasil kamera utama di hp ini langsung mengingatkan kita hp ini berada di enty level, tidak buruk sebenarnya namun memang jangan beraharap lebih di hp ini apalagi kualitas kamera tidak di tentukan dengan besarnya resolusi kamera yang dipakai. Secara garis besarnya hasil dari kamera utama di hp ini terbilang bagus di kelasnya dengan detail yang tajam warna yang bisa dibilang oke walau terlihat sedikit kusam lalu untuk dyamic range masih oke saat di pakai foto di tengah hari.

Lalu untuk kamera ultrawidenya memang ada penurunan kualitas yang signifikan dimana detail gambar terlihat kurang tajam warna yang di hasilpun terlihat kusam dan dyamic range yang sempit, saran dari kami saat memfoto pake kamera di Xiaomi Redmi 10 pastikan mode HDR nya selalu aktif. Untuk lowlight pastinya hp dengan harga segini tidak perlu mengharapkan lebih pastikan saja selalu memakai mode malam dan tangan di jaga agar tetap stabil.

Untuk kamera selfienya hasilnya seperti hp – hp xiaomi yang sekelas dengan detail yang cukup baik, warna yang di hasilkanpun cukup natural namun memang kamera depan di hp ini terlihat kurang luas, terlihat terlalu dekat dengan kita.

Kesimpulan

Xiaomi Redmi 10 di luncurkan untuk menggantikan Xioami Redmi Note 10 yang di suntik mati oleh Xiaomi sendiri. Lalu apakah hp ini worth it untuk di beli ? Jawabanya sangat wort it jika kalian membeli varian paling rendah yaitu 4/64GB dengan harga 2 juta kurang seribu.

Karena apa ? jika kalian membeli varian yang 6/128GB dengan harga 2,4jutaan rasanya lebih baik kalian menambah beberapa ratus ribu lagi untuk membeli Redmi Note 10S dimana hp memberikan hal lebih jika di bandingkan dengan Xiaomi Redmi 10.

Segitu saja ulasan dari kami, mohon maaf jika ada salah – salah kata jika ulasan ini bermanfaat bagi kalian jangan lupa bagian kesemua teman dan keluarga kalian, Terima Kasih.

Tentang Rahmat Saefullah

Author & Penulis ,Alumni UNIKOM yang telah berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang Komputer dan Teknik Informatika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *