Control Panel Hosting

Penjelasan Lengkap Control Panel Hosting : Pengertian, Contoh dan Fungsinya

Control Panel Hosting Untuk kalian yang sering bergelut dalam dunia internet dan website. pastinya seringkali mendengar istilah ini.

Tapi apakah kalian tau apa arti nya? berikut di artikel ini akan kita bahas dengan tuntas mengenai Pengertian Control Panel Hosting, Contoh dan fungsinya. check this out!

Pengertian Control Panel Hosting

Control Panel Hosting Adalah tool yang akan membuat Anda bisa Mengatur semua unsur layanan hosting. Lewat hosting control panel, Anda dapat melakukan bermacam setting pada mekanisme admin yang kompleks dengan melakukan beberapa click pada interface admin. Sebelum muncul hosting control panel, kegiatan tingkat lanjut pada mekanisme admin dilaksanakan dalam cara manual.

Disamping itu, diperlukan waktu yang tidak lama untuk mengerjakan dan menyetting nya, Beberapa kegiatan tingkat lanjut, salah satunya migrasi server dan penggantian website server bisa dilaksanakan hanya dengan beberapa click. Ada beberapa hosting control panel yang dapat Anda pakai, baik yang gratis atau yang berbayar.

Baca Juga :   Rekomendasi Hosting Terbaik / Hosting Bagus Stabil Handal

Fungsi Control Panel Hosting

Berikut keterangan lengkap berkenaan beberapa fungsinya:

1. Manajemen Domain

Semua hal yang terkait dengan domain dapat Anda kerjakan disini. Beberapa salah satunya ialah:

  • Pembaruan domain
  • Edit DNS
  • Domain forwarding
  • Setting subdomain
  • Mendaftar domain baru
  • Setting IP address

2. Menginstall Aplikasi dengan Mudah

Ada lumayan banyak aplikasi atau layanan yang dapat kalian install lewat control panel. Dimulai dari WordPress, Drupal, atau Joomla.

Dengan demikian, kalian tak perlu repot bermasalah dengan beberapa hal teknis saat memasangkannya. Cukup sekali click dan aplikasi/layanan pilihan kalian langsung bisa terinstall.

3. Melakukan FTP ( Transfer File ke Server)

FTP ialah proses transfer file dari computer ke server web kalian. FTP bisa juga menolong kalian menyaksikan dan mengatur file/folder pada web kalian. Namun, saat sebelum dapat lakukan FTP, Anda harus mengendalikannya dulu di control panel hosting.

4. Mengatur File

Selain dari file/folder lewat FTP, kalian bisa juga melakukan langsung lewat control panel. Karena, ada banyak hosting yang menyediakan feature ini. Meskipun tidak sedetail FTP, tetapi feature ini sudah pasti menolong bila kalian cuman ingin lakukan pengujian.

5. Mengatur Email

Yap, kalian bisa juga melakukan manajemen email lewat control panel hosting. Apa saja?

  • Mengatur account email baru
  • Mengatur forward email
  • Mengatur filter spamming
  • Manajemen akun-akun email kalian
  • Hapus account email

6. Manajemen Database

Rupanya, kalian bisa juga lakukan manajemen database langsung dari control panel, lho. Banyak control panel hosting yang telah memadukan MySQL ke dalamnya, hingga kalian tinggal gunakan saja. Ini sudah pasti sangat menolong karena Anda tidak perlu memakai aplikasi atau layanan di luar.

7. Backup Data

Tidak perlu takut data di web kalian hilang karena Control Panel ini menyediakan feature backup. Bahkan juga, seringkali feature itu dapat lakukan backup automatis dalam periode waktu tertentu, lho. Ringkas sekali, kan?

6 Faktor Penting Control Panel Hosting

Saat sebelum milih hosting panel control, kalian bisa menimbang 6 faktor ini. Dengan demikian kalian dapat milih Contrl Pnel Hosting yang pas dan sesuai keperluan.

1. Mudah Dioperasikan

Sebuah hosting control panel harus mudah dioperasikan dan ditata. Simpel, fungsional, dan tidak memusingkan sebagai kualitas yang harus kalian mencari daro sebuah panel hosting.

2. Pas dengan Mekanisme Operasi

Kecocokan dengan mekanisme operasi kalian. Janganlah sampai kalian yang memakai Windows milih hosting panel untuk Linux. Sudah pasti hal itu salah dan tidak berperan.

3. Layanan Dukungan

Sebagus apa saja kalian pasti memerlukan dukungan, baik dari pembikin hosting panel atau dari komunitas yang bicara berkenaan beragam permasalahan yang ada. Terlebih bila kalian seorang pemula, kalian harus memakai hosting panel yang menyediakan dukungan penuh.

4. Dukungan Software

Memilih hosting panel yang memberikan dukungan software yang kalian pakai. Lihatlah daftar aplikasi yang cocok. Ketidakselarasan akan menghalangi kerja kalian di masa datang.

5. Harga Dapat dijangkau

Samakan bujet kalian dengan biaya panel hosting. Bila bujet sangat terbatas mencari saja yang gratis (tidak boleh tanggung). milih hosting panel yang penuhi keperluan bukan yang terbaik.

6. Dukungan Keamanan

Keamanan yang teratur diperbarui sebagai aspek khusus. Karena itu kalian harus milih hosting panel yang menjamin kestabilan dan keamanan.

5 Contoh Control Panel Hosting Terkenal

1. cPanel

Hosting control panel satu ini cuman ada pada mekanisme operasi Linux. Sebagian besar pengamat dunia website masukkan cPanel dalam perincian hosting control panel yang terkenal. Hosing control panel ini pas untuk kalian beberapa pemula dan pengembang yang memilih fungsi konsol dibanding design yang kelihatan mengagumkan. Ada bermacam feature yang bisa dengan mudah kalian akses pada sebuah halaman.

Beberapa feature khusus cPanel ialah penataan nama domain, register, dan transfer, manajemen email dan spamming, feature keamanan mulai dari pemblok IP sampai perlindungan leech, pemonitor perform server, file manajer dan FTP users creation, dan backup. Operasionalisasi cPanel tidak susah. kalian cuman membutuhkan beberapa click supaya operasi bisa dilaksanakan. Ada deskripsi singkat yang menerangkan masing-masing pilihan.

Bila memakai layanan Niagahoster, kalian akan mengurus hosting kalian dengan cPanel . Maka dapat dipikirkan begitu gampangnya mengurus hosting untuk WordPress di Niagahoster!

2. Plesk

Plesk ialah hosting control panel terkenal, khususnya di kelompok penyedia hosting Eropa. Panel ini bisa dipakai pada Windows dan Linux. Bersama cPanel, Plesk ialah hosting control panel yang terbanyak dipakai. Interface Plesk simpel dan cukup intuitif hingga kalian tidak aka cari tool apa yang akan dipakai. Plesk diperlengkapi dengan automaton yang bervariatif.

Automaton-automaton itu akan mengirit waktu dan sumberdaya kalian. Mengakibatkan, kalian akan konsentrasi langsung pada pembangunan web. Anda pun tak perlu mencemaskan perawatan server. Plesk mempunyai feature unik berupa login levels. Ada 4 tingkat pada feature itu di mana masing-masing tingkat mempunyai ketidaksamaan isi. Keempat jenjang itu ialah Mail Pemakai, Domain Owner, Klien/Reseller, dan Administrator.

3. Direct Admin

Direct Admin adalah hosting panel yang paling mudah dan paling cepat. Disamping itu, hosting panel satu ini cukup stabil. Direct Admin ada untuk Linux. Direct Admin memberikan dukungan akses multi tingkat, mulai dari Administrator, Pemakai, sampai Reseller. Panel ini pas dipakai untuk beberapa pemula atau kalian yang tidak membutuhkan penataan tingkat menengah yang kompleks.

Kalian tak perlu mempunyai kekuatan yang khusus dalam sektor IT agar bisa menjalankan hosting panel satu ini. Beberapa feature dan pilihan penataan yang ada pada Direct Admin ialah manajemen DNS, pembikinan database, pembikinan manajemen, pembikinan backup, account reseller, dan manajemen file. Direct Admin menyediakan statistik pemakai dan mempunyai tool anti-spam.

4. Webmin

Webmin memanglah bukan untuk kalian yang mengutamakan kesederhanaan dan keringanan. Untuk yang baru memulai, kalian tidak langsung akan menguasai hosting panel ini. Webmin pas bangi kalian yang suka mendalami komposisi yang pas untuk menjalankan feature dan pilihan yang ada. Dalam operasionalisasinya, Webmin ini menyediakan panel sama sesuai yang akan sesuaikan dengan fungsi dan jenis hosting.

Tiga type hosting pada hosting panel ini ialah Usermin, Cloudmin, dan Virtualmin. Usermin dipakai untuk manajemen email, sandi, dan lain-lain. Cloudmin dipakai untuk manajemen server virtual. Virtualmin dipakai untuk manajemen virtual hosts. Webmin ini gratis dan ada untuk pemakai Linux, Solaris, dan mekanisme BSD. Webmin bisa dipakai di Windows dengan pilihan dan fungsi yang terbatas.

5. ISPmanager

ISPmanager ialah hosting panel yang mempunyai penampilan dan design yang simpel. Sekilas, hosting panel ini kelihatan sangat standard bila dibanding dengan hosting panel lain. ISPmanager ada untuk pemakai Linux. Ada 2 versus hosting panel ini. Versus pertama ialah versus Lite dengan sejumlah fitur dasar yang dapat kalian dapatkan pada hosting panel secara umum.

Nah guys itulah pembahasan kita mengenai Control Panel Hosting, semoga artikel ini bermanfaat dan membantu ya.

Tentang Citra Palastri

SEO Professional ,Author & Penulis yang Berpengalaman di Bidang Teknologi Komunikasi lebih dari 5 Tahun

Check Also

wordpress hosting

WordPress Hosting : Pengertian Kelebihan dan Kekurangan nya

WordPress Hosting – Halo sobat Tekno Advisor. Kalian yang memiliki sebuah website yang menggunakan CMS …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *