cara trading saham

Cara Trading Saham : Dari Pemula Sampai Expert

Cara Trading Saham – Halo sobat Tekno Advisor. Saat ini ada berbagai macam jenis bisnis investasi yang dahulu menjadi bisnis untuk beberapa kalangan masyarkat saja namun sekarang hampir semua orang dapat melaukan bisnis investasi tersebut, contohnya Trading saham.

Trading saham mungkin 5 sampai 10 tahun kebalakang hanya orang – orang yang memiliki kekayaan yang cukup tinggi, namun sekarang bisnis tersebut bisa dilakukan oleh siapa saja mulai dari anak muda hingga orang tua sekalipun.

Semakin majunya teknologi sejalan juga dengan perkembangan investasi ini. Saat ini untuk trading saham bisa di lakukan dimana saja asalkan kalian memiliki jaringan intenet, karena trading saham bisa dilakukan secara online.

Oleh karena alasan itu juga sekarang banyak orang yang ingin mengetahui bagaimana cara trading saham online itu lakukan. Apa saja yang harus disiapkan sebelum memulai trading, lalu berapakah modal awal untuk membeli saham tersebut.

Maka dari itu kami akan berikan cara trading saham untuk pemula agar bisa menjadi expert atau ahli dibidangnya, namun semua itu tidak terlapas dari seberapa besar keinginan kalian untuk belajar.

Baca Juga :   Psikologi Trading : Teknik Menguasi Pasar dan Cara Melatihnya

CARA BERMAIN TRADING SAHAM ONLINE

Cara main trading saham online saat sudah sangat mudah karena sudah banyak broker saham yang memiliki aplikasi online. Akan tetapi masih banyak pertanyaan bagaimana cara trading saham online, maka dari itu kami akan berikan cara bermain trading saham online.

  • Memilih Broker Saham

Pada umumnya, semua broker yang sudah terdaftar di BEI adalah broker yang kompeten secara keuangan karena telah memenuhi modal minimun yang di tentukan oleh OJK. Namun, tidak semua broker tersebut memiliki aplikasi online yang bagus. Maka dari itu kalian harus bisa memilih broker saham yang memiliki aplikasi trading saham online dan memiliki fitur – fitur yang lengkap dan juga aman.

  • Membuka Rekening Saham dan Rekening Dana Nasabah

Selesai kalian memilih broker saham, kalian di wajibkan untuk membuka rekening baru untuk saham, biasanya broker akan memfasilitasi kalian untuk membuka rekening dan kalian perlu mengisi formulir dan menyiapkan dokumen terkait secara online.

Selain kalian membuka rekening saham, kalian juga diharuskan membuka Rekning Dana Nasabah (RDN). RDN adalah sebuah rekening khusus yang dibuat bank dengan tujuan menyimpan dana transaksi jual dan beli saham. Untuk setoran modal dan hasil penjualan saham akan disimpan di RDN ini. Oleh karena itu kalian harus membuka Rekening Saham dan RDN bersamaan agar kegiatan transaksi dapat dilakukan.

  • Menyetor Modal

Setelah kalian selesai melakukan pembukaan rekening, maka selanjutnya kalian tinggal menyetor dana untuk transaksi saham, jumlah setoran modal pun tergantung pada jumlah transaski saham yang akan kalian lakukan.

  • Transaksi Beli dan Jual Saham Online

Setelah kalian menyetor modal dan efektif di RDN, kalian lansung bisa membeli saham di aplikasi yang diberikan oleh broker kalian. Setelah transaksi beli saham berhasil, maka kalian dapat melihatnya di halaman portofolio yang memperlihatkan kepemilikan saham kalian.

Sedangkan untuk menjual saham kalian bisa dilakukan juga di aplikasi tersebut, namun kalian harus memperhatian harga jual saham karena itu akan mempengaruhi seberapa cepat transaksi dilakukan.

Baca Juga :   Psikologi Trading : Teknik Menguasi Pasar dan Cara Melatihnya
  • Mengubah Order Saham Online

Ketika kalian melakukan perdaganan saham, kalian dapat merubah atau amend harga beli maupun harga jual, fitur ini dapat kalian temukan di aplikasi saham online. Kalian juga dapat melihat posisi harga jual atau harga beli yang tersedia pada saat itu dan kalian juga dapat merubah harga untuk menyesuaikan dengan kondisi pasar saat itu.

  • Penyelesaian Transaksi

Pada bursa saham penyelesaian transaksi dapat dilakukan hanya dalam waktu dua hari saja.

  • Biaya Transaksi Saham

Di perdagangan saham ada biaya transaksi yang harus kalian bayar ke broker. Komponen biaya transaksi, yaitu Brokereage fee 0.15% dari nilai transaksi dan pajak biaya transaksi sebesar 10%, lalu ada biaya BEI dan KPEI. Maka dari itu kalian harus sangat memperhatikan biaya transaksi agar profitmu tidak terpotong.

 

CARA BELAJAR TRADING SAHAM

Sebenarnya investasi saham bukan bisnis sesulit yang selalu dibayangkan oleh kebanyakan orang – orang. Saat ini sudah banyak sekali video atau artikel yang memberikan penjelasan cara trading saham bagi pemula bahkan hanya dengan menggunakan smartphone.

Terlepas dari kemudahan yang didapat pada saat ini, ada beberapa hal juga yang harus pelajari tentang investasi saham agar kalian bisa menjadi expert dibidang ini.

  • Kenali pasar modal dan saham
  • Mulailah dari modal awal yang kecil
  • Pelajari analisis tekninak dan fundamental
  • Pelajari cara menggunakan aplikasi trading online untuk membeli dan menjual saham
  • Mulai dengan membeli dan menjual saham yang memiliki likuid LQ45
  • Terapkan strategi, “Beli Saat Harga Murah dan Jual Saat Harga Tinggi”
Baca Juga :   Psikologi Trading : Teknik Menguasi Pasar dan Cara Melatihnya

CARA MEMULAI TRADING SAHAM

Cara trading saham mungkin untuk sebagian orang terlihat mudah, namun untuk beberapa orang cara memulai trading saham adalah hal yang begitu sulit. Sebagian  besarnya kami telah jelaskan di atas. Namun kami akan berikan cara memulai trading saham agar kalian tidak salah langkah saat melakukan trading saham.

  • Tentukan Indeks Saham

Di Bursa Efek Indonesia (BEI) terdapat 22 jenis indeks saham, kalian perlu mengenali jenis – jenis yan sering digunakan oleh pemain saham lainnya. Contohnya kalian dapat memilih IDX30 atau LQ45, keduanya memiliki likuiditas tinggi dan didukung oleh perushaan berkualitas dan terpercaya. IDX30 adalah 30 saham yang memiliki likuiditas tertinggi sedangkan untuk LQ45 adalah indeks saham yang terdiri dari 45 perushaan.

  • Pilih Sekuritas

Sekuritas atau broker adalah perantara atau jembatan antara investor dengan pasar saham. Oleh karena alasan itu kalian perlu memilih sekuritas yang sesuai dengan kalian dan menawarkan biaya transaksi lebih rendah, misalnya 0,10% dari jumlah pembelian saham. Hal ini perlu di perhatikan untuk keuntungan kalian menjadi lebih optimal.

  • Rencanakan Periode Trading

Periode trading saham perlu kalian sesuikan dengan keinginan kalian. Ada dua periode yaitu jangka pendek dan jangka panjang. Pada jangka pendek, peluang profit dapat didapatkan lebih cepat namun risiko nya pun lebih tinggi. Akan tetapi pada jangka panjang peluang profit akan didapatkan lebih lama namun dengan risiko yang lebih rendah dulu.

  • Kesabaran

Kesabaran adalah kunci kesuksesan. Mungkin itu juga berlaku pada trading saham, karena jika kalian terburu – buru mengambil keputusan untuk membeli maupun menjual saham kalian, kemungkinan mengalami kerugian akan lebih besar.

CARA TRADING SAHAM HARIAN

Sebenarnya kalian bisa melalukan transaksi saham setiap hari, hal ini dilakukan oleh beberapa trader yang ingin mendapatkan profit setiap hari tanpa harus menunggu pergerakan harga di pasar terlalu lama. Akan tetapi jika strategi ini dilakukan profitnya pun tidak terlalu besar, karena pergerakan harga tidak tentu pada tiap harinya.

 

CARA TRADING SAHAM YANG BENAR

Kami akan berikpan beberapa hal yang perlu kalian perhatikan agar trading saham kalian tidak salah.

  • Belajar tentang saham, pasar saham dan analisis

Dalam bisnis ini, belajar adalah hal yang sangat penting agar kalian dapat melakukan trading saham yang benar. Tidak hanya belajar tetang saham akan tetapi belajar juga tentang analisis teknikal dan analisis fundamental.

  • Pilih Perushaan Sekuritas yang Resmi dan Tepat

Hal ini sudah kami jelaskan juga diatas, kalian harus tepat memilih broker yang kredible, profesional dan resmi di Indonesia. Tidak hanya itu kalian juga harus tetap memperhatikan biaya transaksi yang ditawarka oleh para broker.

  • Pilih Saham dengan Likuiditas Tinggi

Seperti yang disebutkan oleh kami juga diatas, kalian perlu mengenali jenis – jenis indeks saham yang memiliki likuiditas tinggi sepeti LQ45 dan IDX30 yang merukapan indeks populer di Indonesia.

  • Diversifikasi

Diversifikasi investasi adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan investor dengan tujuan meminimalkan potensi kerugian. Hal ini tidak sulit yaitu kalian perlu membeli saham di berbagai sektor seperti perbankan, properti, consumer goods dsb.

Baca Juga :   Psikologi Trading : Teknik Menguasi Pasar dan Cara Melatihnya

STRATEGI TRADING SAHAM

Kami akan berikan strategi trading yang jitu agar kalian mendapatkan profit yang maksimal.

  • Strategi Scalping adalah strategi trading untuk jangka pendek dengan time frame muladi dari harian sampai mingguan.
  • Strategi Swing Trader adalah strategi yang umum digunakan oleh para trader pada saat posisi sideways. Artinya, transaksi jual beli saham dilakukan pada titik – titik tertenu dalam pembalikan harga agar mendapatkan keuntungan optinmal
  • Strategi Rally adalah strategi yang mengguakan konsep “Beli saat murah dan Jual saat mahal”
Baca Juga :   Psikologi Trading : Teknik Menguasi Pasar dan Cara Melatihnya

BUKU TRADING SAHAM

Bagi kalian yang ingin belajar saham secara lebih dalam kalian bisa membaca buku tentang trading saham dibawah ini. Buku – buku ini membahas tentang trading saham secara lengkap oleh para ahli dibidangnya.

  • Buku Security Analysis Karya Benjamin Graham & David Doodd
  • Buku The Intelligent Investor Karya Benjamin Graham
  • Buku Invested Karya Danielle Town

Tentang Rahmat Saefullah

Author & Penulis ,Alumni UNIKOM yang telah berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang Komputer dan Teknik Informatika

Check Also

psikologi trading

Psikologi Trading : Teknik Menguasi Pasar dan Cara Melatihnya

Psikologi Trading – Halo sobat Tekno Advisor. Saat ini cukup banyak trader atau investor yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *