Public Cloud

Public Cloud : Pengertian, Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangan

Apa itu Public Cloud? – Bersamaan mengembangnya jaman ke digitalisasi, kedatangan cloud makin diperlukan dan dipandang seperti poin utama dalam penyukupan kebutuhan. Cloud yang memungkinkannya pemakainya untuk menyimpan data dengan menyediakan kemampuan yang besar, dipandang sanggup mainkan peran yang penting. Khususnya di dunia bisnis.

Untuk Kalian yang menjalankan bisnis, pastinya tak terlepas dari yang namanya cloud ini. Cloud adalah layanan menguntungkan yang dapat dinikmati oleh siapa aja karena sifatnya yang tersedia untuk publik. Salah satunya perusahaan yang sukses dengan memakai layanan ini adalah Kodisoft. Perusahaan manufacturing ini manfaatkan layanan public cloud untuk menolong penuhi keperluan pelanggan mereka.

Kemungkinan Kalian kerap udah pernah mendengar istilah public cloud. Lantas, apa yang diartikan dengan publik cloud sendiri?

Baca Juga :   Cloud Hosting : Pengertian, Kelebihan Dan Kekurangan

Pengertian Public Cloud

Public cloud sebagai layanan cloud yang disiapkan oleh pihak tertentu dan memiliki jaringan infrastruktur yang menyebar di semua tempat di dunia hingga layanan ini dapat dipakai oleh siapapun. Selainnya itu, layanan ini umumnya dapat dinikmati tanpa biaya alis gratis.

Tetapi ada pula pihak tertentu yang tawarkan paket kemampuan data yang semakin besar hingga mewajibkan pemakainya untuk bayar supaya bisa menikmatinya. cloud publik ini dapat dijangkau oleh siapa sepanjang Kalian memiliki koneksi internet untuk memberikan akses ke cloud itu. Beberapa layanan cloud publik yang dapat dipakai dengan gratis adalah Bing atau Windows Live Mail dan Google Drive. Apa Kalian salah satunya penggunanya?

Baca Juga :   Mengenal Hybrid Cloud : Pengertian, Kekurangan dan Kelebihanya

Karakteristik Public Cloud

Keringanan yang ditawari oleh public cloud adalah, Kalian tak perlu menyimpan data Kalian pada hardware yang tentu saja memiliki kemampuan yang terbatas. Ini kurang efisien mengingat perusahaan yang berkembang selalu melakukan tambahan data hingga public cloud menjadi jalan keluar yang pas untuk memuat data itu.

Karena ada pihak ke-3 sebagai penyedia layanan cloud, Kalian tak perlu pusing mikirin perawatan infrastruktur. Karena tidak membutuhkan instalasi infrastruktur dan perawatannya, karena itu Kalian juga dapat melakukan aktivitas bisnis lebih efisien karena tersedianya waktu yang semakin banyak.

Selainnya itu dari segi bujet, menggunakan public cloud bisa juga mengirit bujet pengeluaran perusahaan Kalian karena Kalian. Yang lebih utama, karena tidak membutuhkan infrastruktur, Kalian tak perlu menyediakan tempat hingga public cloud adalah jalan keluar pas untuk Kalian yang mengharapkan layanan cloud tetapi tidak mempunyai cukup tempat untuk keperluan infrastruktur.

Baca Juga :   Private Cloud : Kelebihan, Kekurangan dan Cara Kerjanya

Yang Perlu Jadi perhatian Saat Menggunakan Public Cloud

Karena layanan ini dapat digunakan oleh siapapun, karena itu Kalian harus juga memahami akan resikonya. Tidak seluruhnya penyedia layanan publik cloud memberi jaminan akan beberapa data yang kita simpan di situ hingga bila perusahaan Kalian lumayan besar dan privacy pelanggan adalah target utama Kalian, karena itu seharusnya pikirkan dengan matang saat sebelum menggunakan layanan public cloud ini. Tetapi, bila perusahaan Kalian tidak beroperasi di sektor layanan atau privacy data, Nggak ada masalah untuk Kalian, karena itu public cloud ini telah cukup buat dijadikan jalan keluar.

Disamping itu, seperti yang sudah disebut awalnya jika untuk dapat terhubung public cloud Kalian harus memiliki koneksi internet, karena itu akses Kalian mayoritas dipengaruhi oleh keadaan koneksi internet. Bila koneksi internet Kalian lancar jadi akses ke layanan ini bukan masalah dan Kalian dapat Mengupload atau download data setiap saat secara lancar dan persoalan muncul bila Kalian tidak memiliki jaringan yang cukup stabil untuk terhubung beberapa data itu.

Saat sebelum memilih layanan public cloud, sebaiknya Kalian mengonsultasikannya lebih dulu degan pihak penyedia layanan .apa saja keuntungan yang akan mereka beri untuk Kalian sebagai calon pemakainya.

Tentang administrator

Seorang Entrepreneur, Professional Networker dan Penulis yang senang berbagi segala hal mengenai Bisnis, Trading dan Teknologi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *