Apa Itu Hanacaraka? Dari Sini Nama Tersebut Berasal

Apa Itu Hanacaraka awalnya Apakah kalian pernah dengar kata Hanacaraka ini? Hanacaraka sebagai panggilan untuk beberapa aksara Serumpun yang khusus dipakai di pulau Jawa dan Bali pada era ke-15. Rupanya hanacaraka ini umum dipakai lho sahabat saat mengulas aksara Jawa dan aksara Bali. Hanacaraka ini kerap dipakai pada aksara semacam yang mana seperti aksara turunan atau modifikasi dari ke-2 aksara Jawa dan Bali tersebut.

Yang belum mengetahui, aksara ini umum diketahui dengan mekanisme penulisan. Aksara sebagai mekanisme atau simbol visual yang umumnya ada di kertas atau media semacam yang lain yang umumnya dipakai untuk mengutarakan satu ekspresi pada sebuah bahasa yakni bahasa Jawa.

Rupanya hanacaraka ini mempunyai asal nama lo sahabat. Silahkan baca penuturannya berikut ini.

Apa Itu Hanacaraka?

Hanacaraka sebagai panggilan untuk bagian-bagian aksara Jawa yang biasanya aksara ini dipakai di pulau Jawa dan Bali. Hanacaraka ini sebagai tipe aksara yang umum dipakai dan dikatakan sebagai aksara semacam atau aksara turunan dan modifikasi dari aksara Jawa dan Bali.

Asal Nama Hanacaraka

Hanacaraka mempunyai asal nama yang memikat loh sahabat Bila disaksikan dari deretan aksara Jawa tradisional. Hanacaraka sendiri berasal dari 5 huruf pertama yang mana ini hampir serupa atau sama dengan alfabet yang berasal dari 2 huruf pertama alfabet Yunani kata abjad yang berasal dari 4 huruf pertama dalam abjad Arab.

Legenda Ajisaka adalah hal yang kerap dihubungkan dalam bahasa Jawa modern yang mana ke-20 aksara dasar tersebut akan membuat sebuah pangram. Sebetulnya narasi mengenai macam ini ini mempunyai versus yang berbeda juga yang mana umumnya beberapa sumber tersebut diketemukan di beberapa wilayah masing-masing.

Baca Juga :   Apa Itu Aksara Jawa? | Sejarah, Media, Penggunaan dan Bentuk

Selanjutnya ada deret yang disebutkan deret hanacaraka yang mana deret ini dipakai oleh warga Jawa pra kemerdekaan sekitaran era ke-15 saat pulau Jawa mulai terima tuntunan Islam secara detail. Selanjutnya pada era ke-19 baru diadaptasi di Bali dengan diperkenalkannya sekolah rakyat, buku pelajaran Jawa dan bahasa non Jawa.

Deret Herna Caraka Jawa dan Bali sudah pasti mempunyai perbedaan luas obat seakan ada yang berperanan double bergantung kata yang berkaitan dan lain-lain.

Ada istilah bunyi retroflex yang mana bun tersebut kerap dipakai dalam bahasa Jawa wa yang disebut sebagai bunyi yang condong tidak lazim dalam bahasa Austronesia hingga tidak dipakai oleh bahasa bahasa terhitung bahasa Jawa.

Untuk bahasa Bali sendiri ada pengejaan yang dipandang sama hingga deret hanacaraka versus Bali tidak memandang beberapa huruf tersebut sebagai huruf dasar yang mana hal tersebut terjadi dalam penulisan bahasa Sunda.

Aksara Jawa

Aksara jawa mempunyai nama lain yakni dentawyanjana atau carakan yang disebut salah satunya aksara tradisional Indonesia yang berkembang di pulau Jawa dan aksara tradisional Indonesia sendiri mempunyai 12 aksara yang berasal dari beragam wilayah.

Namun pada perubahan aksara jawa sendiri aksara ini sebagai turunan dari aksara brahmi yang berasal dari India dan lewat mediator aksara kawi.

Aksara jawa mulai aktif dipakai dalam sastra bahkan juga perbincangan setiap hari pada warga Jawa telah diawali semenjak tengah era ke-15 sampai era ke-20 selanjutnya dengan bertahap bahasa ke Jawa mulai diganti dengan huruf latin.

Tetapi di sejumlah wilayah di pulau Jawa seperti pada Jawa tengah sampai Jawa Timur mengaplikasikan aksara jawa ini sebagai pelajaran di sekolah bahkan juga sering diaplikasikan di kehidupan setiap hari.

Baca Juga :   Apa Itu Aksara Sunda? | Ada Sunda Kuno dan Baku!

Aksara Bali

Setelah mengetahui Apa Itu Hanacaraka, Selanjutnya ada aksara Bali. Aksara Bali sebagai salah satunya aksara tradisional dari 12 aksara yang berada di Indonesia yang berkembang di Pulau Bali.

Aksara yang ini dipakai untuk menulis bahasa Bali, Kawi dan Sansekerta tapi di saat aksara ini berkembang cukup banyak dan menulis beberapa bahasa wilayah yang lain seperti bahasa Sasak bahkan juga Melayu dan juga diubah atau ditambahkan tambah.

Sama seperti dengan aksara Jawa, aksara Bali sebagai turunan dari aksara brahmi India yang lewat mediator aksara kawi hingga warga Bali aktif memakai aksara Bali ini dalam sastra atau tulisan setiap hari yang mana hal tersebut telah diawali semenjak tengah era ke-15 sampai sekarang ini.

Sama dengan aksara jawa, aksara Bali diberikan pada pelajaran sekolah tetapi tidak begitu dipakai di kehidupan setiap hari.

Akhir Kata

Tersebut info tentang Apa itu hanacaraka dimulai dari pengertian, asal nama dan hubungan dengan aksara Jawa dan aksara Bali. Bagaimana sahabat, Apakah kalian telah pahami?

Beri kritikan dan anjuran yang membuat dan jalan keluar yang yang memberikan dukungan supaya kami tetap membenahi web dan artikel kami nantinya.
Terima kasih, mudah-mudahan bisa membantu~

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.