Cara Setting DNS 1.1.1.1 di Android, Biar Kecepatannya Meningkat!

Cara setting DNS 1.1.1.1 di Android bisa dilakukan. Namun, kamu harus mengetahui sistem operasi yang digunakan di gawai milikmu.

Sebab, ada dua cara berbeda untuk mengatur DNS pribadi di HP Android. Pertama, cara yang dikhususkan bagi HP dengan sistem operasi Android 9 ke atas dan kedua untuk Android 8 ke bawah.

Sebelum mengetahui cara setting DNS di Android 10 dan lainnya, simak terlebih dahulu pengertian, fungsi, dan informasi lainnya seputar DNS berikut ini.

Apa itu DNS?

Domain Name Server (DNS) adalah sistem yang menghubungkan URL dengan IP Address. Saat mengakses Internet, user perlu mengetikkan Alamat IP situs web.

Dengan begitu, pengguna memerlukan daftar lengkap alamat IP yang akan dikunjungi dan dimasukkan secara manual. Agar tak merepotkan dan membantu meringankan pekerjaan kamu, dibutuhkannya DNS ini.

Selanjutnya, kamu hanya perlu mengingat nama domain dari situs web yang akan dikunjungi, lalu memasukkannya ke kolom URL di peramban atau browser.

Cara Setting DNS 1.1.1.1 di Android

Tata cara setting DNS Android terbilang mudah jika kamu menggunakan HP Android versi 9 ke atas. Berikut adalah caranya:

  • Buka menu Pengaturan pada ponsel pintar dan masuk ke Jaringan & Internet.
  • Pilih DNS Pribadi dan di layar akan muncul pop up baru.
  • Isi kolom kosong dengan hostname DNS sesuai domain yang ingin kamu pakai.
  • Apabila sudah, kamu bisa memilih Simpan. Setelah itu DNS akan langsung terpasang.

Cara Setting DNS di Android 8 ke Bawah

Sementara itu, jika menggunakan Android versi 8 (oreo) ke bawah, kamu perlu melakukan beberapa langkah lain karena menu DNS masih belum tersedia.

Namun, pengguna yang terhubung ke jaringan WiFi dapat mengubah sendiri ke DNS pribadi. Caranya, ketika ingin terhubung ke WiFi, ubah IP dari DHCP menjadi IP Statis dan masukkan DNS di menu.

Kamu perlu mengetahui IP Address dan juga gateway dari SSID WiFi yang akan dihubungkan untuk melakukannya. Sebagai solusinya, kamu bisa menggunakan aplikasi tertentu yang bisa diunduh melalui Google Play Store, antara lain aplikasi 1.1.1.1 dari Cloudflare atau DNS Changer.

Fungsi DNS

Ada pun beberapa fungsi kehadiran DNS antara lain sebagai berikut:

  • Meminta informasi IP Address dari situs web berdasarkan nama domain yang digunakan.
  • Meminta informasi URL dari situs web berdasarkan IP Address yang akan dimasukkan.
  • Mencari yang tepat dan sesuai untuk mengirimkan email.

Demikian pembahasan mengenai setting DNS 1.1.1.1 di Android yang wajib kamu ketahui agar kamu bisa mengakses pencarian di internet yang diinginkan.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.