Laptop Tiba tiba Mati

7 Sebab Laptop Tiba tiba Mati Dan Cara Memperbaikinya

Tekno Advisor – Ketika laptop Tiba tiba Mati, itu bisa menjadi Kejadian yang cukup membingungkan. Kebanyakan orang pertama-tama akan melihat ke sumber daya mereka, yang seharusnya mereka lakukan, untuk melihat apakah itu penyebabnya.

Namun faktanya adalah bahwa Laptop lebih merupakan keajaiban daripada yang disadari kebanyakan orang. Mereka memiliki mekanisme perlindungan diri built-in yang mematikan Laptop jika salah satu komponen menjadi terlalu panas. Ini biasanya demi kepentingan terbaik Kamu jika dimatikan, karena kemungkinan dimatikan untuk melindungi Laptop Kamu dari kemungkinan kerusakan.

7 Alasan Laptop Tiba-tiba Mati

Saya pernah berada dalam situasi di mana PC saya mati secara acak. Sementara solusi tepat yang berlaku untuk Laptop, seperti penggunaan pasta termal, mungkin tidak berlaku untuk laptop, masalah dasarnya sama. Beberapa masalah, seperti panas berlebih, lebih memengaruhi laptop karena strukturnya yang ringkas dan ukurannya yang lebih kecil.

Kami melihat alasan paling umum yang menyebabkan masalah Laptop mati dan mengeksplorasi langkah-langkah yang dapat Kamu ambil untuk menemukan solusi yang tepat.

Laptop Tiba tiba Mati karena Kipas Kotor / Overheating

Laptop Tiba tiba Mati

Salah satu alasan pertama dan paling mungkin mengapa Laptop atau laptop tiba tiba mati secara acak, terutama saat Kamu bermain game, adalah kepanasan. Ini adalah kutukan kebanyakan Laptop, terutama laptop, karena panasnya tidak bisa kemana-mana. Sangat penting bahwa kipas Laptop Bekerja dengan baik untuk menghindari terjadinya masalah ini.

Ini adalah masalah yang umum dan penting pada kenyataannya bahwa kebanyakan Laptop sekarang memiliki mekanisme built-in yang akan mematikan Laptop Kamu jika salah satu komponen menjadi terlalu panas. Anggap ini ibu peri digital Kamu yang melindungi perangkat elektronik mahal Kamu.

Apa yang ingin Kamu lakukan untuk mengatasi masalah ini ialah mencari tau apa hal yang menyebabkanya overheating/panas tidak hilang dengan tepat, dan kipas yang rusak atau kotor adalah penyebab yang paling mungkin. Kamu harus memperhatikan suara yang dibuat oleh kipas untuk melihat apakah ada di antara mereka yang memekik. Jika ada, itu mungkin berarti salah satunya rusak.

Untuk Laptop yang mati secara acak, Kamu harus melihat kipas kartu video, kipas casing, dan kipas prosesor, dan luangkan waktu untuk membersihkan komponen dengan benar. Kipas kipas itu mungkin ditutupi oleh rambut, debu, dan bermacam residu kotor  yang dapat menghambat Laptopmu untuk mendinginkan dirinya.

Untuk laptop, Kamu juga wajib periksa ventilasi dan memastikanya tidak ada yang tersumbat, tapi mungkin kamu akan sulit untuk bisa membersihkannya. Pendekatan lain untuk memecahkan masalah ini adalah dengan memantau suhu internal dan mencoba mengurangi jumlah panas yang dihasilkan.

 

Apa yang dapat Kamu lakukan untuk mencoba dan mendinginkan laptop mu?

Kamu dapat mencoba menghentikan penggunaan CPU yang tinggi dan memperbaiki masalah kebocoran memori untuk memastikan sistem Kamu tetap pada kinerja dan tingkat termal yang optimal.

Jika Kamu menghadapi masalah ini saat menggunakan laptop untuk bermain game, pemrosesan video, atau aplikasi intensif lainnya, Kamu mungkin ingin menggunakan kartu grafis eksternal untuk laptop dan menggunakan bantalan pendingin laptop untuk mengurangi suhu.

Laptop Tiba tiba Mati karena Kegagalan Hardware

Alasan umum lainnya untuk mematikan Laptop Kamu secara acak adalah kegagalan komponen perangkat keras, yang tidak pernah terdengar sebelumnya, terutama pada Laptop yang telah diperbaharui. Jika Kamu baru saja menambahkan Hardware  baru, inilah saatnya untuk menghapusnya untuk melihat apakah masalah mati sudah hilang.

Cara yang lebih sederhana untuk memeriksa kesalahan perangkat keras adalah pergi ke Pengelola Perangkat dan lihat apakah itu melaporkan kesalahan apa pun. Kesalahan perangkat keras yang disorot, jika ada, akan menjadi titik awal yang baik untuk mulai mencari solusi untuk masalah tersebut.

Laptop mati secara acak karena masalah perangkat keras, dan ini termasuk kerusakan fisik pada komponen internal. Pada saat seperti itu, pemeriksaan semua komponen internal untuk memastikan koneksi yang tepat dan integritas perangkat keras dijamin. Sulit untuk melakukannya sendiri untuk laptop dan kami sarankan untuk menyelesaikannya di pusat layanan.

Driver Yang Kedaluwarsa, Hilang, atau Rusak

Seringkali, masalah dengan komponen perangkat keras yang menyebabkan masalah bukanlah perangkat keras itu sendiri tetapi driver yang menyertainya. Driver yang tidak cocok dapat menyebabkan segala macam masalah. Jika Kamu telah mengutak-atik sistem operasi Kamu atau telah mengubah driver di Laptop Kamu, ini juga bisa merepotkan. Kecelakaan pengemudi selalu dapat mematikan Laptop sepenuhnya.

Driver tampilan AMD atau AMD Catalyst Suite adalah dua driver tampilan umum yang diketahui mogok, tetapi ada terlalu banyak driver di luar sana yang dapat menyebabkan masalah serupa. Kamu mungkin menemukan Blue Screen of Death yang terkenal di Windows, memaksa Kamu untuk me-restart Laptop.

Virus Laptop

Penyebab yang lebih jarang dari Laptop yang mati secara acak adalah virus Laptop. Beberapa virus Laptop benar-benar akan mematikan Laptop Kamu, dan kemudian menyalakannya kembali.

Virus ini biasanya diaktifkan oleh hal tertentu yang Kamu lakukan di Laptop, apakah itu penekanan tombol atau membuka program tertentu. Untuk memastikan Kamu memiliki pertahanan terbaik melawan virus, pastikan Kamu menjalankan program anti-virus latar belakang yang hebat seperti Malwarebytes, dan Kamu secara teratur memperbarui definisi virus dan memindai Laptop Kamu.

Pengisi Daya, Baterai, atau Catu Daya Rusak

Jika Kamu seorang gamer dan laptop tiba tiba mati secara acak saat Kamu bermain game pada pengaturan kinerja biasa, kemungkinan itu adalah pengisi daya / sumber daya Kamu.

Sebagian besar perangkat dilengkapi dengan peringkat khusus pengisi daya yang dimaksudkan untuk digunakan dengan perangkat. Menggunakan adaptor tegangan rendah atau arus lebih tinggi dapat menyebabkan perangkat Kamu tidak berjalan dengan semestinya dan bahkan mati.

Game termasuk salah satu hal yang paling memakan sumber daya yang dapat Kamu lakukan di laptop, terutama karena hampir selalu membuat penggemar Kamu berlari dengan kecepatan tinggi. Game juga menyebabkan penggunaan CPU dan GPU yang tinggi dan skenario overclocking yang disebutkan di atas juga dapat muncul. Dengan demikian, jika laptop Kamu terus mati hanya saat Kamu bermain game, ini mungkin penyebabnya.

Untuk PC, masalah serupa dapat disebabkan juga karena catu dayanya. Saya pernah berada dalam situasi di mana catu daya yang rusak menyebabkan Laptop mati setiap kali kipas tambahan di casing Laptop dihidupkan untuk mengurangi suhu yang lebih tinggi yang terdeteksi dalam casing.

Mengaktifkan Fast Startup Di Windows

Fitur Fast Startup bertujuan untuk mengurangi waktu booting Laptop setelah dimatikan, tetapi dapat menyebabkan masalah shutdown acak Windows 10. Setelah fitur ini diaktifkan di Laptop Kamu, Windows akan menutup semua aplikasi dan log off semua pengguna seperti yang akan dilakukan untuk shutdown normal.

Namun, sebelum shutdown selesai, status sistem saat ini disimpan dalam file hibernasi. Saat Kamu mem-boot PC Kamu, Windows tidak perlu memuat kernel, file sistem, dan driver lagi. Windows membaca file hibernasi untuk menyegarkan RAM dan secara signifikan mengurangi waktu boot.

Meskipun fitur ini mempercepat proses booting, pendekatan hybrid yang diperlukan dapat menyebabkan sistem Kamu menjadi tidak stabil yang menyebabkan beberapa masalah dan bahkan mematikan laptop Kamu secara acak. Masalah seperti itu terlihat pada perangkat yang tidak mendukung mode tidur atau hibernasi.

Langkah-langkah untuk Menonaktifkan Fast Startup di Windows 10:

  1. Buka Panel Kontrol > Opsi Daya.
  2. Selanjutnya,Pilih apa saja yang telah dilakukan oleh tombol power yang ada di sisi kiri jendela saat ini.
  3. Kami harus mematikan fitur ini di pengaturan tetapi tidak tersedia karena hak adminnya. Untuk menonaktifkan startup cepat, klik Ubah pengaturan yang saat ini not available / tidak tersedia.
  4. Sekarang hapus centang pada kotak Aktifkan startup cepat (disarankan). Terakhir, klik Simpan perubahan.

Mematikan Fast Startup dapat membantu Kamu menghilangkan masalah matinya PC secara acak.

Kurangnya Service/Perawatan

Meskipun Laptop biasanya jarang bermasalah, terkadang memerlukan perawatan yang tepat. Tanpa mendapatkan service, laptop dapat mengalami overheating, kinerja dan bahkan masalah baterai.

Biarkan laptop mu diservis oleh seorang profesional untuk menghilangkan sebagian besar masalah yang terkait dengan laptop mu termasuk masalah Laptop yang terus mati dan masalah kinerja lainnya. Jika Kamu perlu mengganti komponen perangkat keras, Kamu selalu dapat mengurangi pengeluaran dengan membeli suku cadang Laptop bekas.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Laptop Tetap Mati?

Saya sangat berharap kunjungan ke Service Center akan menyelesaikan masalah Kamu. Tetapi jika Kamu tidak ingin menempuh cara itu, pilihan terbaik Kamu adalah menjelajahi forum. Sebagian besar perusahaan terkenal memiliki forum dan komunitas yang dapat Kamu hubungi untuk meminta bantuan.

Kamu harus melakukan lebih banyak eksplorasi dan juga berbagi lebih banyak informasi tentang model Laptop Kamu, spesifikasi perangkat keras, pengaturan atau bahkan perangkat lunak yang diinstal untuk mendapatkan informasi berharga. Komunitas ini biasanya sangat membantu dan mereka mungkin dapat membantu mengidentifikasi masalah dan membagikan solusi saat Kamu memberikan detail yang diperlukan.

Kesimpulan

Kita semua mengharapkan kinerja yang bagus dari Laptop kita. Kami berharap solusi yang tercantum di sini dapat membantu Kamu menyelesaikan masalah pematian apa pun dan mengembalikan kinerja stabil yang Kamu harapkan darinya.

Tentang Citra Palastri

SEO Professional ,Author & Penulis yang Berpengalaman di Bidang Teknologi Komunikasi lebih dari 5 Tahun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *