Cara Membersihkan Memori Internal di

Cara Membersihkan Memori Internal Di Android

Tekno Advisor – Cara Membersihkan Memori Internal Di Android

Android seringkali merupakan platform yang lebih disukai untuk digunakan oleh sebagian besar pengguna ponsel. Ini memiliki berbagai macam aplikasi yang dapat Kalian pilih, semuanya dapat diunduh dari play store.

Platform ini secara virtual memungkinkan Kalian melakukan apa pun yang Kalian inginkan. Dengan posting ini, kita akan belajar Cara Membersihkan Memori Internal di Android.

Fleksibilitas perangkat android memungkinkan pengguna untuk mengisinya terus-menerus dengan aplikasi yang sering kali menyebabkan ruang terbatas. Ini pada gilirannya menciptakan kesulitan dalam pemasangan aplikasi baru atau hanya mengunduh media baru.

Cara Membersihkan Memori Internal

Hal pertama yang harus dilakukan ketika Kalian menyadari bahwa perangkat Kalian tiba-tiba penuh adalah mencari tahu apa sebenarnya yang memakan ruang. Untuk melakukan ini;

Arahkan ke penyimpanan dan klik di atasnya. Jendela ini akan memberi tahu Kalian data apa yang menghabiskan ruang Kalian. Ini juga akan memungkinkan Kalian untuk menguraikan apa yang menurut Kalian tidak perlu dan menghapusnya.

Itu tidak akan memberi Kalian secara spesifik; itu hanya akan memberi Kalian pengertian umum tentang apa yang memakan ruang Kalian.

Ada berbagai Cara Membersihkan Memori Internal di Android kalian.

  • Hapus file cache

File cache adalah semacam file referensi, sering disebut sebagai file sampah. Jika Kalian menggunakan aplikasi dan tiba-tiba mati, file cache disimpan untuk memungkinkan Kalian mengambil data dengan mudah saat berikutnya Kalian menginginkan data yang sama.

Ini mencegah aplikasi Kalian memuat ulang kapan pun Kalian ingin menggunakan aplikasi itu. File-file ini aman untuk dihapus. Untuk menghapus file cache Kalian;

Arahkan ke pengaturan> penyimpanan> klik bersih sekarang untuk menghapus data yang tidak perlu. Opsi ini mungkin tidak ditampilkan jika Kalian belum mengalami krisis penyimpanan di ponsel Kalian.

  • Hapus Data

Menghapus data berarti kehilangan detail login sebagian besar aplikasi Kalian, tetapi tindakan ini menghapus data yang telah disimpan dari waktu ke waktu oleh penggunaan aplikasi secara konstan. Untuk menghapus data, Kalian harus melakukannya secara mandiri di setiap aplikasi.

  1. Arahkan ke Pengaturan> aplikasi> pilih aplikasi yang ingin Kalian hapus> klik aplikasi untuk melihat informasinya> klik penyimpanan.
  2. Halaman penyimpanan akan terbuka untuk mengungkapkan jumlah cache dan data yang digunakan pada perangkat Kalian. Klik hapus data atau hapus cache untuk mengosongkan ruang.
  • Pindahkan Aplikasi ke kartu SD

Tidak semua aplikasi ini bisa dipindahkan ke kartu SD tetapi perlu untuk memindahkan aplikasi yang bisa dipindahkan ke kartu SD untuk mengosongkan ruang di perangkat Kalian. Untuk melakukan ini;

  1. Arahkan ke pengaturan> Aplikasi> Pilih aplikasi yang ingin Kalian pindahkan dan klik di atasnya. Info aplikasi akan ditampilkan.
  2. Dari tab aplikasi, klik “penyimpanan”. Di sini Kalian akan melihat di mana aplikasi yang ingin Kalian pindahkan disimpan.
  3. Klik tombol ubah untuk memindahkannya dari penyimpanan internal ke penyimpanan eksternal (kartu SD).

Transfer file dari ponsel ke kartu SD

Berikut adalah bagaimana Transfer file dari ponsel ke kartu SD;

  1. Arahkan ke “file saya” di perangkat android Kalian
  2. Klik pada perangkat saya
  3. Pilih semua dokumen dan klik pada tiga titik di sudut kanan atas layar Kalian
  4. Berbagai pilihan akan muncul. Klik pindah untuk memindahkan semua file Kalian ke kartu SD.
  • Hapus Unduhan Kalian

Setiap perangkat Android dilengkapi dengan folder yang didedikasikan untuk unduhan. Ini sering berisi foto, dokumen, video, dan berbagai file lain termasuk APK. Ada kemungkinan beberapa file pada unduhan Kalian tidak terlalu berarti bagi Kalian.

Namun demikian, mereka mengambil sebagian dari penyimpanan Kalian. (Saya pribadi memiliki unduhan saya yang diisi dengan foto-foto tempat atau Pizza atau beberapa hal aneh yang saya suka untuk google)

Folder unduhan Kalian yang terkadang disebut File Saya akan berada di laci aplikasi Kalian. Kalian harus mengetuk dan menahan file ini untuk mendapatkan opsi hapus. Di lain waktu, mungkin ada ikon tempat sampah. Mengetuk ini akan menghapus konten file ini.

  • Manfaatkan Google Foto

Saya pikir ini adalah salah satu cara paling brilian untuk menghemat Memori Internal di Android Kalian. Foto Google memungkinkan pengguna kesempatan untuk membuat cadangan sejumlah besar foto. Kalian akan dapat mencadangkan setiap foto di perangkat seluler Kalian.

Bagian yang menarik dari ini adalah bahwa itu tidak akan dihitung terhadap ruang google drive Kalian. Segera setelah foto Kalian dicadangkan, Kalian dapat menghapusnya dari ponsel dan membuat ruang penyimpanan ekstra.

Agar ini berfungsi, penting bagi Kalian untuk mengaktifkan Pencadangan dan Sinkronisasi Foto Google di Android Kalian. Buka aplikasi Google Foto, buka setelan, Cadangkan & Sinkronisasi, lalu aktifkan.

Kalian akan memiliki opsi untuk mencadangkan gambar Kalian menggunakan kualitas tinggi (Sebanyak 16 megapiksel) atau ukuran asli. Harap dicatat bahwa ada penyimpanan tak terbatas untuk penyimpanan berkualitas tinggi, tetapi foto ukuran asli memakan batas penyimpanan Google Drive yang Kalian alokasikan.

Segera setelah penyimpanan Kalian dicadangkan, aman untuk pergi dan menghapus file gambar di perangkat seluler Kalian dan mengosongkan beberapa ruang ekstra.

  • Manfaatkan aplikasi eksternal

Ada berbagai aplikasi di Google Play Store yang dapat membantu Kalian menguraikan file yang tidak perlu di Android Kalian. Diskusage yang merupakan aplikasi gratis dapat membantu Kalian melihat apa yang memakan ruang Kalian.

Setelah instalasi, cukup luncurkan aplikasi dan antarmuka akan ditampilkan kepada Kalian tentang aplikasi yang tepat dan jumlah data yang dikonsumsi oleh setiap aplikasi.

Cara Melihat Folder dan File Yang Memakan Banyak Ruang

Android memiliki alat bawaan yang berguna untuk mengetahui ruang yang digunakan oleh berbagai jenis data. Sayangnya, ini mungkin tidak memberikan jumlah ruang yang tepat yang telah digunakan oleh folder dan file individual.

Untuk mencapai ini, pengguna akan memerlukan aplikasi baru bernama Files Go dari Google. Aplikasi ini gratis di Google Play Store. Saat aplikasi diinstal, penting untuk memberikan izin penyimpanan dan akses aplikasi saat memulainya.dapat dipindahkan ke kartu sd

Pada antarmuka utama, ini menampilkan beberapa metrik yang berguna dan penting. Kalian akan dapat melihat aplikasi yang tidak digunakan (jika ada), file duplikat, unduhan, file sementara, dan bahkan file yang menghabiskan banyak ruang.

Aplikasi ini sangat intuitif dan memungkinkan pengguna untuk dengan mudah menemukan aplikasi dan file yang membuang-buang ruang.

Saat pengguna mengetuk salah satu kartu kategori, mereka akan dapat mengakses konten untuk kategori tersebut. Ini memungkinkan mereka untuk memilih atau memilih apa yang perlu dihapus.

Itu juga dilengkapi dengan opsi file sementara yang memungkinkan pengguna untuk mengetahui aplikasi apa yang menahan ruang dan pengguna akan dapat menghapusnya.

Mengetuk opsi “File” di bagian bawah memungkinkan pengguna untuk melihat penyimpanan dalam tampilan yang dikategorikan petter.

Hanya dengan beberapa ketukan, Kalian dapat mengosongkan ruang lebih cepat dan mudah dari sebelumnya: Hapus foto dan meme lama dari aplikasi obrolan, hapus file duplikat, hapus aplikasi yang tidak digunakan, kosongkan cache, dan banyak lagi. Jika Kalian menyukai penguji beta kami, Kalian dapat menghemat rata-rata 1 GB ruang di bulan pertama.

Kesimpulan

Sistem operasi Android terus meningkat popularitasnya dan mengambil sebagian besar dari semua pengguna perangkat seluler. Ini sebagian besar karena kemudahan penggunaan dan kemampuan penyesuaiannya. Sayangnya ini datang dengan beberapa kelemahan salah satunya adalah data yang tidak terpakai ekstra dan sangat mudah untuk mengisi ruang memori.

Kiat yang dibahas dalam artikel ini menangani Cara Membersihkan Memori Internal di Android Kalian. Saya akan senang mendengar tentang pengalaman Kalian dengan mengosongkan ruang di perangkat Kalian.

Sementara saya telah berbicara tentang perbaikan yang telah bekerja sangat baik untuk saya, akan menarik untuk mengetahui apa yang terbaik untuk Kalian. Jika Kalian memiliki rekomendasi atau aplikasi pihak ketiga yang biasa Kalian gunakan, ini juga bagus untuk diketahui.

Tentang Citra Palastri

SEO Professional ,Author & Penulis yang Berpengalaman di Bidang Teknologi Komunikasi lebih dari 5 Tahun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *