Cara Menghubungkan Iphone Ke TV

Cara Menghubungkan Iphone Ke TV / Smart TV

Cara Menghubungkan Iphone Ke TV / Smart TV – Mengirim foto, video, film, atau konten multimedia apa pun dari iPhone ke Smart TV atau televisi sama sekali tidak sulit. Namun, pertama-tama Kalian harus tahu jenis TV apa untuk menghubungkan iPhone. Beberapa smart TV tentu dapat mempermudah pekerjaan, terutama berkat fitur-fitur canggih yang dimilikinya, sementara TV lawas akan memerlukan penggunaan kabel atau alat yang perlu dibeli secara terpisah.

Beberapa prosedur yang mengikuti juga akan memungkinkan Kalian. layar cermin dari ponsel yang sama, manfaatkan layar TV besar untuk melihat foto di galeri, dan banyak lagi. Oleh karena itu, dalam panduan ini, kami akan menunjukkan kepada Kalian semua metode yang ada untuk mengirimkan konten dari iPhone ke televisi atau Smart TV.

Cara Menghubungkan Iphone Ke TV dengan AirPlay 2

Teknologi yang dikembangkan oleh Apple sendiri untuk menghubungkan perangkatnya ke TV adalah “AirPlay”Sekarang tersedia dalam versi keduanya. Layanan ini dapat diakses sebagai stkalianr di Apple TV (yang akan kita lihat sebentar lagi) dan juga di beberapa Smart TV generasi terbaru. Jadi sebelum Kalian melanjutkan membaca paragraf ini, pastikan Kalian memiliki salah satu perangkat ini. Di bawah ini adalah daftar smart TV yang saat ini didukung.

  • Samsung FHD / HD seri 4 dan 5 (2018)
  • Samsung QLED seri 4K Q6, Q7, Q8 dan Q9 (2018 dan 2019)
  • Samsung QLED seri 8K Q9 (2019)
  • Seri Samsung The Frame (2018 dan 2019)
  • Seri Samsung Serif (2019)
  • Samsung UHD seri 6, 7 dan 8 (2018 dan 2019)
  • Sony Seri Z9G (2019)
  • Seri Sony A9G (2019)
  • Seri Sony X950G (2019)
  • Seri Sony X850G (model 2019, 85 , 75 , 65 , dan 55 )
  • LG OLED (2019)
  • LG NanoCell Seri SM9X (2019)
  • LG NanoCell SM8X Series (2019)
  • Seri LG UHD UM7X (2019)

Jelas, daftar ini terus di Update, jadi Tekno Advisor Menyarankan Kalian untuk mengunjungi halaman dukungan Apple yang dapat Kalian akses dengan mengklik di sini! untuk melihat semua tambahan baru. Setelah Kalian yakin dengan ketersediaan perangkat, Kalian hanya perlu menyalakan Smart TV, sambungkan ke Internet dan lanjutkan sebagai berikut (jelas, iPhone juga harus terhubung ke jaringan rumah yang sama).

  • Putar konten yang dikirim ke TV menggunakan iPhone
  • Temukan dan klik simbol AirPlay di layar pemutaran (ikon persegi panjang dengan segitiga di bagian bawah)
  • Pilih namaa TV Kalian

Konten secara otomatis akan hilang dari iPhone dan muncul di layar TV yang dipilih. Selain itu, Pemutaran dapat dikontrol dengan mudah melalui tombol sentuh yang akan terus tersedia di ponsel.. Untuk mengakhiri sesi pemutaran, cukup ikuti langkah yang sama dan pilih nama iPhone, bukan nama televisi.

Cara Menghubungkan Iphone Ke TV dengan Apple TV

El Apple TV Ini adalah kotak televisi Apple khusus yang dapat dihubungkan ke televisi atau Smart TV apa pun menggunakan kabel HDMI (dijual terpisah) untuk memutar konten iPhone.

Setelah perangkat dibeli dan dikonfigurasi, bahkan TV lama akan secara otomatis menjadi pintar (sedikit seperti Fire TV Amazon, tetapi dengan sistem operasi tvOS Apple). Selain itu, kotak TV yang sudah kita disebutkan di atas jelas memiliki teknologi “AirPlay 2” dan oleh karenanya itu semua langkah yang terlihat di atas akan bekerja dengan cara yang sama.

Cermin layar iPhone dengan AirPlay

Baik itu Apple TV atau Smart TV yang kompatibel, AirPlay 2 juga memungkinkan Kalian untuk mencerminkan seluruh layar iPhone. Namun, dalam kasus ini, sebelum memulai sesi, disarankan untuk mengaktifkan mode mode “Jangan ganggu” atau nonaktifkan notifikasi karena notifikasi akan muncul di layar dan dapat dilihat oleh semua orang.

  • Akses pusat kendali iPhone
  • Klik pada “Layar cermin”
  • Pilih nama TV atau Apple TV Kalian dari daftar yang muncul

Untuk membatalkan duplikasi, klik “Hentikan duplikasi”. setelah menjalankan pusat kontrol dan mengklik “Layar cermin”. Jika kamu kepingin tau lebih dalam tentang konsep pencerminan layar, kami sarankan Kalian membaca artikel khusus dan lebih mendalam.

Cara Menghubungkan Iphone Ke TV dengan layanannya sendiri

Bahkan jika Smart TV tidak mendukung AirPlay 2, belum tentu dapat berinteraksi dengan iPhone. Bahkan dalam beberapa kasus, produsen mengembangkan layanan mereka sendiri yang mampu memperkenalkan streaming konten multimedia ponsel, mungkin melalui aplikasi gratis yang tersedia di App Store atau Play Store.

TV pintar Samsung, misalnya, dilengkapi dengan teknologi ini, tetapi produsen lain telah memutuskan untuk melakukannya juga. Sayangnya, karena itu adalah sesuatu yang berbeda untuk setiap merek, kami tidak dapat secara tepat menunjukkan nama atau langkah-langkah yang harus Kalian ikuti, tetapi pada prinsipnya, Kalian hanya perlu membuka pengaturan Smart TV dan mencari bagian yang didedikasikan untuk koneksi dengan ponsel. atau iPhone. Seperti disebutkan di atas, dalam banyak kasus Kalian perlu mengunduh aplikasi yang berguna untuk memulai streaming.

Untuk mencoba memberikan contoh praktis, di TV pintar Hisense Kalian harus menggunakan layanan “Any Cast View” sedangkan di TV yang dilengkapi Android TV (seperti Philips atau Sony) cukup menggunakan fungsi Casting yang ditawarkan oleh Google. Secara khusus, untuk mempelajari lebih lanjut tentangt konsep terakhir ini, kami merujuk Kalian ke bagian berikutnya yang didedikasikan untuk Chromecast.

Cara Menghubungkan Iphone Ke TV dengan Chromecast (juga dengan Google TV)

Chromecast (juga dengan Google TV) dapat terlihat seperti Apple TV Google dan dengan demikian Kalian dapat memutar konten dengan cara yang sama. Sayangnya, satu-satunya kelemahan menggunakan Chromecast adalah. ketidakmampuan untuk mencerminkan layar secara asli seperti sebelumnya (tetapi kami masih menemukan alternatif). Namun, masih dimungkinkan untuk memutar konten multimedia yang kompatibel dengan layanan ini.

  • Putar konten untuk dikirim ke TV di iPhone
  • Temukan dan klik simbol Chromecast di layar pemutaran (ikon persegi panjang dengan tiga garis lengkung di sudut kiri bawah)
  • Pilih nama Chromecast dari daftar yang muncul
  • Cermin layar iPhone dengan Chromecast

Berkat aplikasi pihak ketiga gratis, Kalian dapat mengatasi kunci pencerminan layar iPhone di Chromecast. Namanya adalah. “Replika: Cermin Layar TV Cast” dan dapat diunduh dari di sini!. Ini akan memungkinkan Kalian membuat sambungan langsung antara iPhone dan Chromecast, mengubah Chromecast menjadi semacam perangkat AirPlay 2.

Selanjutnya, kami melaporkan video pendek yang memperkenalkan penggunaan layanan. Langkah-langkahnya akan diilustrasikan dengan iPad, tetapi akan diterapkan dengan cara yang persis sama di iPhone.

Kami mengingatkan Kalian bahwa “Replika: Layar Cermin Cast TV” Ini juga akan berfungsi di semua Smart TV Android TV dengan dukungan Google Casting, bukan hanya dongle yang dijual terpisah.

Cara Menghubungkan Iphone Ke TV dengan Fire TV

Sayangnya, Fire TV tidak secara langsung mendukung AirPlay 2 atau bahkan Chromecast, tetapi ada alternatif tidak resmi gratis. Namanya “AirScreen” dan dapat diunduh langsung dari toko aplikasi bawaan Fire TV. Ini bukan layanan resmi, sehingga memiliki keterbatasan dan tidak terlalu stabil dalam konteks tertentu. Namun, patut dicoba di televisi Kalian sendiri.

  1. Buka aplikasi “AirScreen” yang sebelumnya didownload di Fire TV on
  2. Klik “Mulai sekarang”lalu “Mulai” lalu lagi di “Mulai”
  3. Putar konten yang dikirim ke TV menggunakan iPhone
  4. Temukan dan klik simbol AirPlay di layar pemutaran (ikon persegi panjang dengan segitiga di bagian bawah)
  5. Pilih nama Fire TV yang muncul dalam daftar

Demikian pula, semua langkah dapat dilakukan untuk Mirroring layar iPhone di Fire TV.

  1. Buka aplikasi “AirScreen” yang sebelumnya didownload di Fire TV
  2. Klik “Mulai sekarang”lalu “Mulai” lalu lagi di “Mulai”
  3. Akses pusat kendali iPhone
  4. Klik pada “Layar cermin”
  5. Pilih nama Fire TV dari daftar yang muncul
  6. Hubungkan iPhone ke TV dengan kabel HDMI

Sejauh ini kami telah melihat semua metode yang tersedia untuk menghubungkan layar iPhone melalui Wi-Fi, tetapi sebelum menutup kami ingin mencurahkan satu paragraf ke prosedur untuk menghubungkan kedua perangkat dengan kabel. Untuk ini, Kalian memerlukan adaptor HDMI dan, jelas, kabel HDMI. Ada berbagai jenis adaptor di pasaran, tetapi satu-satunya yang benar-benar berfungsi tanpa masalah adalah yang resmi dari Apple. Di bawah ini Kalian akan menemukan tautan ke produk yang direkomendasikan.

Setelah Kalian membelinya, Kalian hanya perlu menggunakannya untuk menghubungkan iPhone Kalian ke TV. Kami juga mengingatkan Kalian untuk berhati-hati menggunakan remote control TV untuk mengakses input HDMI yang benar. Jika Kalian memutuskan untuk memilih model adaptor lain, sebaiknya periksa apakah singkatan disertakan dalam informasi “MFi” (Dibuat untuk iOS), sehingga Kalian dapat memastikan kompatibilitas aksesori.

Tentang Zhafira Diandra

SEO Professional, Author & Penulis yang telah berpengalaman di bidang Internet Marketing dan Teknologi selama 5 Tahun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *