Cara Blokir Nomor Spam

Berikut Cara Blokir Nomor Spam dengan Mudah

Cara Blokir Nomor Hp Spam – Halo Sobat Tekno Advisor , apakah kamu pernah diganggu oleh nomor spam yang sering mengirim pesan teks atau bahkan menelpon mu? wah tentu sangat mengganggu ya

Memblokir Nomor Hp Spam menjadi lebih baik, dengan banyak operator menerapkan STIR/SHAKEN (lebih lanjut tentang itu di bawah) dan metode berbasis operator lainnya untuk mencegah penelepon spam sebelum mereka menelepon di ponsel Anda.

Tetapi bahkan dengan teknologi terbaru, jelas dari komentar dari pembaca kami dan pengalaman kami sendiri bahwa banyak penelepon spam masih dapat dihubungi. Dan jika Anda tidak menjawab panggilan itu, mereka akan mengisi kotak surat Anda dengan pesan samar tentang garansi mobil atau penawaran klub liburan Anda.

Sayangnya, mencegah penelepon spam meninggalkan pesan suara di ponsel Anda bisa jadi rumit. Kami telah meneliti opsi dari setiap operator dan menguji sejumlah aplikasi pemblokiran panggilan untuk melihat apa yang benar-benar berfungsi. Berikut adalah solusi yang kami temukan untuk memblokir panggilan spam dan pesan suara langsung melalui ponsel Anda, melalui operator Anda atau aplikasi pihak ketiga, serta fitur dan batasan setiap metode.

Cara Blokir Nomor Spam di iPhone

Pada iPhone yang menjalankan iOS 8 atau lebih tinggi, buka tab Panggilan Terbaru di aplikasi Telepon, ketuk ikon “i” di sebelah kanan nomor yang ingin Anda blokir. Jika nomor tersebut ada di daftar Kontak Anda, buka halaman kontak tersebut di aplikasi Kontak. Dari halaman kontak untuk penelepon atau kontak, gulir ke bagian bawah halaman dan ketuk Blokir Penelepon Ini.

Tetapi metode ini memiliki dua kelemahan :

  • Pertama, seseorang harus menelepon Anda untuk memblokir nomor tersebut. Dan karena spammer jarang menggunakan nomor yang sama, atau menggunakan teknik “spoofing lingkungan” (di mana mereka menggunakan kode area Anda dan tiga awalan nomor), ini tidak akan memblokir sebagian besar panggilan spam yang kami terima.
  • Kedua, panggilan yang diblokir itu masih masuk ke pesan suara, meskipun pesan suara ini muncul di folder “Pesan yang Diblokir” di bagian bawah daftar pesan suara Anda dan Anda tidak akan mendapatkan pemberitahuan.

Anda juga dapat memilih untuk membungkam penelepon yang tidak dikenal – siapa pun yang tidak terdaftar di Kontak iPhone Anda. IPhone Anda tidak akan berdering, tetapi panggilan akan muncul di panggilan terakhir dan Anda akan melihat pesan suara di kotak masuk pesan suara biasa Anda.

Cara Blokir Nomor Spam di Android (dan pesan suara di Pixel)

Android memiliki pemblokiran panggilan bawaan, mirip dengan iOS. Cukup ketuk nomor di log panggilan Anda dan tekan Blokir/laporkan spam. Dan seperti Apple, metode ini memiliki dua kelemahan yang sama – spammer harus menelepon pertama Anda dan penelepon yang diblokir masih pergi ke pesan suara.

Android juga memiliki opsi di pengaturan aplikasi Telepon untuk secara otomatis mengidentifikasi dan memblokir panggilan yang dicurigai sebagai spam sehingga mereka tidak membunyikan perangkat Anda. Seharusnya diaktifkan secara default, tetapi Anda dapat memeriksa dengan masuk ke “Pengaturan” di aplikasi Telepon Anda, lalu “Spam dan Penyaringan Panggilan”, dan pastikan “Lihat ID penelepon & spam” diaktifkan. Namun, fitur ini masih mengirimkan panggilan tersebut ke pesan suara.

Jika Anda memiliki ponsel Google Pixel, Anda dapat memilih agar Asisten Google menjawab panggilan yang dicurigai sebagai spam dan menyalin percakapan secara real time, sehingga Anda dapat memutuskan apakah Anda ingin menjawab panggilan atau menutup telepon.

Dan karena Asisten Google sudah mengangkat panggilan, menutup telepon tidak akan mengirimkannya ke pesan suara. Untuk mengaktifkannya, buka “Pengaturan” di aplikasi Telepon Anda, lalu “Spam dan Penyaringan Panggilan”, dan pastikan “Lihat ID penelepon & spam” diaktifkan. Ketuk “Layar Panggilan”. Di bagian “Setelan panggilan tidak dikenal”, ketuk jenis penelepon yang ingin Anda saring “Spam”, “Kemungkinan nomor palsu”, “Penelepon pertama kali”, dan “Pribadi atau disembunyikan”.

Aplikasi Blokir Nomor Spam untuk Android & iOS

Ada lusinan aplikasi di Apple App Store dan Google Play yang diberi label sebagai pemblokir panggilan. Tetapi kamu harus Waspada tentang apa yang kamu instal, karena kamu memberi aplikasi akses penuh ke ponsel, teks, kontak, dan lainnya, yang berarti ada banyak potensi penyalahgunaan.

Dan masing-masing aplikasi itu hanya akan berkinerja sebaik teknologi (dan daftar hitam) yang menjalankannya. Selain itu, meskipun aplikasi ini akan memblokir panggilan, karena pembatasan yang diterapkan pada aplikasi oleh sistem operasi Android dan iOS, sebagian besar tidak akan menghentikan panggilan tersebut masuk ke pesan suara.

Namun, aplikasi Kontrol Panggilan untuk Android sebenarnya akan memblokir robocall agar tidak meninggalkan Voice Note. Panggilan di daftar blokir Anda, panggilan spoofing lingkungan dan panggilan yang diidentifikasi oleh pemblokiran komunitas Kontrol Panggilan dijatuhkan begitu saja – tidak ada dering, tidak ada kotak surat yang diisi dengan omong kosong yang harus Anda hapus.

Dengan $29,99 per tahun, itu tidak murah, tapi itu sejalan dengan pemblokir panggilan utama lainnya, seperti Hiya atau Truecaller, yang tidak menawarkan kemampuan memblokir pesan suara. Kontrol Panggilan memang memiliki penawaran gratis, yang memblokir nomor spoofing lingkungan tetapi bukan nomor di daftar blokir komunitas; jika sebagian besar panggilan yang Anda terima adalah jenis itu, Anda bisa lolos dengan opsi ini.

Sayangnya, Kontrol Panggilan untuk iOS tidak menawarkan pemblokiran pesan suara karena Batas yang diberikan Apple ke akses perangkat iOS, jadi Anda mungkin lebih baik menggunakan Hiya& atau Truecaller, yang memiliki daftar pemblokiran komunitas yang lebih besar.

Secara pribadi, saya lebih suka Hiya yang memberi label putih pada teknologinya daripada Samsung, AT&T dan lainnya, memiliki daftar hitam berbasis komunitas yang luas, memungkinkan Anda untuk memblokir panggilan spoofing lingkungan, dan bahkan menyediakan fitur ID penelepon yang biasanya harus Anda bayar dengan operator Anda. Hiya adalah $2,99 per bulan atau $14,99 per tahun.

Blokir Nomor Hp Spam Google Voice

Google Voice menyediakan cara lain untuk memblokir panggilan spam yang mengganggu dan mencegahnya masuk ke pesan suara. Triknya adalah Anda harus beralih ke Google Voice sebagai nomor utama Anda dan berhenti memberikan nomor operator lama Anda.

Dengan Voice, Anda dapat memblokir panggilan spam yang diketahui dengan tiga cara: dengan mengirim panggilan ke pesan suara, dengan memperlakukan panggilan sebagai spam (membiarkan penelepon meninggalkan pesan suara tetapi ditandai sebagai spam) atau dengan memblokir panggilan (dalam hal ini penelepon akan mendengar ” Nomor tidak dalam layanan” dan tidak akan dapat meninggalkan pesan suara).

Kelemahan besar di sini adalah bahwa nomor Google Voice Anda sekarang menjadi nomor utama Anda, yang Anda teruskan ke nomor dari operator Anda, dan Anda perlu menggunakan aplikasi Google Voice sebagai aplikasi panggilan utama di ponsel Anda. Dan masih tidak ada jaminan bahwa penelepon spam tidak akan menghubungi nomor operator Anda secara langsung, baik karena sudah ada di luar sana (pelajari bagaimana telemarketer mendapatkan nomor Anda) atau hanya karena robodialer sedang melalui setiap kombinasi nomor.

Blokir Nomor Hp Spam Menggunakan Layanan operator

Pemblokiran panggilan dan pencegahan pesan suara yang benar-benar efektif harus berada di tingkat operator – operatorlah yang memiliki kemampuan teknis untuk mengidentifikasi sumber asal panggilan dan membuat layanan yang mencegah spam dan memblokir panggilan masuk ke pesan suara (karena merekalah yang mengontrol layanan pesan suara). Di bawah TRACED Act yang mulai berlaku tahun lalu, operator sekarang akhirnya dapat memblokir panggilan yang dicurigai sebagai spam sebelum mencapai perangkat Anda.

FCC juga telah bekerja dengan operator selama bertahun-tahun untuk menerapkan teknologi yang disebut STIR/SHAKEN, yang mengotentikasi panggilan. Saat panggilan berasal, ID penelepon “ditandatangani” sebagai sah dan divalidasi setiap langkahnya, saat berpindah dari jaringan ke jaringan, sebelum mencapai Anda. Operator utama telah menerapkan STIR/SHAKEN dan mulai menunjukkan ketika nomor telah diverifikasi. Ini dapat muncul sebagai “nomor terverifikasi”, “penelepon terverifikasi”, atau “nomor valid”.

Pada iPhone yang menjalankan iOS 13 atau lebih tinggi, Anda akan melihat tanda centang di bawah panggilan dalam daftar Panggilan Terbaru yang telah diverifikasi. Saat ini, kurangnya label verifikasi ini tidak berarti bahwa nomor tersebut palsu. Ini hanya berarti bahwa nomor dengan tag telah berhasil divalidasi melalui perutean panggilan dan Anda dapat mengetahui bahwa nomor tersebut tidak palsu.

Segera operator Anda mungkin mulai memblokir panggilan yang belum divalidasi. Menurut pernyataan FCC baru-baru ini (dokumen PDF), “Mulai 28 September 2021, jika sertifikasi penyedia layanan suara tidak muncul di database, penyedia layanan perantara dan suara akan dilarang menerima lalu lintas penyedia secara langsung.” Ini bisa menjadi kemajuan besar, karena hampir 95 persen dari semua robocall berasal dari jaringan kecil, menurut sebuah studi baru-baru ini oleh Transaction Network Services, sebuah perusahaan teknologi anti-robocalling. Kita harus melihat bagaimana robocaller beradaptasi.

Sementara itu, semua operator utama menawarkan berbagai macam layanan pemblokiran spam, beberapa gratis dan beberapa yang Anda memiliki hak istimewa untuk membayar ekstra.

Blokir Nomor Hp Spam di AT&T

Pada tingkat dasar, pelanggan pascabayar AT&T dapat mengaktifkan layanan Call Protect gratis AT&T di akun mereka dengan aplikasi Call Protect. Call Protect akan memblokir panggilan spam yang diketahui sepenuhnya, mencegahnya meninggalkan pesan suara, dan memungkinkan Anda memblokir nomor tertentu. Anda juga akan melihat “Nomor Valid” jika panggilan telah diverifikasi.

Jika Anda menginginkan lebih banyak fitur, Anda dapat meningkatkan ke Call Protect Plus dengan biaya $ 3,99 per bulan yang mahal. Pengguna Call Protect Plus dapat memblokir kategori panggilan, termasuk: penelepon pribadi, panggilan politik, telemarketer, layanan akun, dan spam umum. Anda dapat memilih agar panggilan ini masuk ke pesan suara atau diblokir seluruhnya. Dan, Anda dapat melakukan pencarian nomor terbalik, untuk melihat siapa yang menelepon

Blokir Nomor Hp Spam Melalui T-Mobile (dan Sprint)

Meskipun T-Mobile dan Sprint telah bergabung, pemblokiran panggilan masih ditangani secara terpisah.

Pelanggan T-Mobile dapat mengunduh dan menggunakan aplikasi Scam Shield gratis untuk diberi tahu saat panggilan penipuan masuk atau memblokir panggilan spam dan mencegah penelepon meninggalkan pesan suara. Anda juga dapat mengaktifkan pemblokiran penipuan T-Mobile dengan menekan #662# dan menekan tombol panggil. Anda juga akan melihat “Pemanggil Terverifikasi”, jika panggilan telah diverifikasi.

Dengan $4 per bulan, Scam Shield Premium memungkinkan Anda mengirim kategori panggilan, seperti panggilan telemarketing, panggilan survei, panggilan politik, dan panggilan amal, langsung ke pesan suara. Dan, Anda dapat melakukan pencarian nomor terbalik, untuk melihat siapa yang menelepon.

Mantan pelanggan Sprint dapat menggunakan aplikasi Sprint Call Screener gratis, yang telah dimuat sebelumnya di sebagian besar ponsel Android dan dapat diunduh untuk iPhone. Aplikasi secara otomatis mengidentifikasi penelepon dan akan menampilkan panggilan terverifikasi sebagai “Nomor Terverifikasi”. Anda juga dapat mengatur daftar pemblokiran panggilan yang dipersonalisasi.

Blokir Nomor Hp Spam di Verizon

Layanan Filter Panggilan Verizon menawarkan pemblokiran spam secara gratis. Anda akan mendapatkan peringatan kemungkinan spam yang masuk dan dapat mengirim panggilan tersebut ke pesan suara. Dengan aplikasi ini, Anda dapat memblokir panggilan spam berdasarkan tingkat risiko (baik mengirim ke pesan suara atau menutup telepon), melaporkan panggilan untuk meningkatkan daftar pemblokiran komunitas Verizon, dan menambahkan perlindungan spoofing lingkungan.

Tentang Zhafira Diandra

SEO Professional, Author & Penulis yang telah berpengalaman di bidang Internet Marketing dan Teknologi selama 5 Tahun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *