Hp Sering Restart Sendiri

Hp Sering Restart Sendiri? Lakukan 6 Cara ini

Hp Sering Restart Sendiri – Smartphone Android memainkan peran penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Ketergantungan manusia terhadap smartphone semakin meningkat seiring dengan kemajuan teknologi. Namun, banyak pengguna Android mengeluh tentang Hp Sering Restart Sendiri. Ini bisa mengganggu, terutama jika Sobat berada di tengah-tengah panggilan telepon atau pekerjaan kantor yang mendesak.

Sobat mungkin bertanya-tanya Mengapa Android restart secara acak? Untuk membantu Sobat, Tekno Advisor telah membuat panduan ini yang menjelaskan kemungkinan alasan mengapa Hp Restart Sendiri. Selain itu, Tekno Advisor telah menyusun daftar solusi untuk memperbaiki ponsel Android yang restart sendiri.

Tekno Advisor akan membahas semua Cara yang mungkin untuk memperbaiki masalah restart Android secara acak. Tapi sebelum itu mari kita pahami alasan untuk masalah ini.

Mengapa Hp Sering Restart Sendiri?

Aplikasi yang berbahaya: Sobat mungkin telah mengunduh aplikasi yang mencurigakan di Hp Sobat tanpa disadari. Aplikasi ini mungkin tidak kompatibel dan dapat menyebabkan Hp Android Kalian Restart Sendiri.

Masalah Hardware: Alasan lain mengapa Hp Sering Restart Sendiri adalah karena beberapa kesalahan atau kerusakan pada perangkat keras perangkat seperti layar perangkat, motherboard, atau sirkuit elektronik.

Overheating: Sebagian besar perangkat Android akan mati secara otomatis jika terlalu panas saat digunakan. Ini adalah fitur keamanan untuk melindungi perangkat Android Sobat. Jadi, jika perangkat Sobat secara otomatis memulai ulang sendiri, itu mungkin karena penggunaan yang berlebihan dan/atau kepanasan. Overheating juga dapat terjadi karena pengisian daya ponsel Kalian yang berlebihan.

Karenanya, Sobat harus menggunakan dan merawat Smartphone dengan bijak untuk menghindari masalah seperti itu, sama sekali.

Masalah baterai: Jika perangkat Sobat memiliki baterai yang dapat dilepas, ada kemungkinan baterai tersebut tidak terpasang dengan benar, meninggalkan celah antara baterai dan pin. Selain itu, baterai ponsel juga memiliki masa kadaluwarsa dan mungkin perlu diganti. Ini juga dapat menyebabkan Hp Sering Restart Sendiri.

Catatan: Karena ponsel cerdas tidak memiliki opsi Pengaturan yang sama, dan mereka berbeda dari satu produsen ke produsen lainnya, pastikan pengaturan yang benar sebelum mengubahnya.

Cara Mengatasi Hp Sering Restart Sendiri

Cara 1 : Perbarui OS Android

Untuk memastikan perangkat Sobat berjalan dengan lancar, penting untuk selalu memperbarui sistem operasi Android Kalian. Ingatlah untuk memeriksa dan mengunduh pembaruan terkini dari waktu ke waktu. Memperbarui itu akan membantu meningkatkan fungsi keseluruhan perangkat dan melindungi dari ancaman keamanan, jika ada. Oleh karena itu, jika Hp Kalian masih saja Sering Restart Sendiri dan mogok, maka pembaruan Sistem Operasi sederhana dapat membantu Sobat memperbaiki masalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Pengaturan di ponsel Android dan buka bagian Tentang ponsel, seperti yang ditunjukkan.
  2. Ketuk Pembaruan sistem, seperti yang digambarkan.
  3. Ketuk Periksa pembaruan.
  4. Perangkat mu akan secara otomatis mengunduh pembaruan yang tersedia.

Jika pembaruan tersebut tidak tersedia, maka pesan berikut akan ditampilkan: Perangkat Kalian mutakhir.

Cara 2 : Tutup Aplikasi Latar Belakang

Jika Kalian bertanya-tanya bagaimana cara memperbaiki ponsel yang terus restart, Kalian harus menutup semua aplikasi yang berjalan di latar belakang. Ada kemungkinan salah satu aplikasi ini menyebabkan ponsel Android Kalian restart sendiri. Jelas, menghentikan aplikasi yang tidak berfungsi seperti itu akan membantu. Berikut adalah bagaimana Kalian dapat memaksa menghentikan aplikasi di ponsel Android Sobat:

  1. Buka Pengaturan perangkat dan ketuk Aplikasi.
  2. Kemudian, ketuk Kelola aplikasi.
  3. Sekarang, cari dan pilih aplikasi yang ingin Sobat hentikan.
  4. Ketuk Paksa Berhenti untuk menghentikan paksa aplikasi yang dipilih. Tekno Advisor telah menjelaskannya dengan mengambil Instagram sebagai contoh di bawah ini.
  5. Ketuk OK untuk mengonfirmasinya di kotak pop-up yang sekarang muncul.
  6. Ulangi langkah 3-5 untuk semua aplikasi yang ingin dihentikan.

Jika Android secara acak me-restart sendiri masalah tetap ada, Tekno Advisor akan membahas Cara untuk menghapus cache aplikasi dan proses uninstall aplikasi di bawah ini.

Cara 3 : Perbarui Aplikasi

Terkadang, aplikasi di Hp dapat menyebabkan Hp restart sendiri. Selain itu, versi lama dari aplikasi ini dapat menjawab pertanyaan: mengapa Android dimulai ulang secara acak. Oleh karena itu, Sobat perlu memeriksa pembaruan secara teratur, dan menginstal pembaruan aplikasi seperti yang dijelaskan di bawah ini:

  1. Luncurkan Google Play Store dan ketuk ikon profil dari sudut kanan atas layar.
  2. Sekarang, ketuk Kelola aplikasi dan perangkat.
  3. Di bagian Memperbarui aplikasi, ketuk Lihat detail. Kalian akan melihat pembaruan yang tersedia untuk perangkat.
  4. Pilih Perbarui semua untuk memperbarui semua aplikasi yang diinstal sekaligus.

Cara 4 : Hapus Cache Aplikasi dan Data Aplikasi

Jika Sobat membebani perangkat Android dengan file dan data yang tidak perlu, maka ada kemungkinan besar Hp Sering Restart Sendiri dan Mogok.

Untuk mengosongkan ruang penyimpanan, sobat harus:

  • Singkirkan aplikasi yang tidak digunakan.
  • Hapus foto, video, dan file lain yang tidak perlu.
  • Hapus data cache dari perangkat.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk Menghapus cache & data yang disimpan untuk semua aplikasi:

  1. Buka Pengaturan > Aplikasi seperti yang dilakukan sebelumnya.
  2. Ketuk Kelola aplikasi, seperti yang ditunjukkan.
  3. Temukan dan buka aplikasi mana pun. Ketuk opsi Penyimpanan/Penyimpanan Media.
  4. Ketuk Hapus Data, seperti yang digambarkan di bawah ini.
  5. Selain itu, ketuk Hapus Cache dari layar yang sama, seperti yang disorot di bawah ini.
  6. Terakhir, ketuk OK untuk mengonfirmasi penghapusan tersebut.
  7. Ulangi Langkah 3-6 untuk semua aplikasi untuk mengosongkan ruang maksimum.

Cara Ini akan menghilangkan bug kecil di aplikasi dan mungkin memperbaiki Android secara acak memulai kembali masalah itu sendiri.

Cara 5 : Hapus Instalasi yang Tidak Berfungsi/Aplikasi yang Jarang Digunakan

Seringkali,sobat dengan tidak sengaja mengunduh aplikasi yang berbahaya atau aplikasi yang rusak. Ini mungkin menyebabkan Hp Sering Restart Sendiri. Sekarang, pertanyaan yang muncul adalah: bagaimana cara menentukan apakah aplikasi pihak ketiga rusak dan bagaimana cara mengetahui aplikasi pihak ketiga mana yang menyebabkan masalah ini.

Jawabannya terletak pada penggunaan ponsel dalam Safe Mode. Saat Sobat menggunakan ponsel dalam mode aman, dan perangkat berjalan dengan lancar, tanpa gangguan apa pun, maka masalah pada perangkat Sobat pasti disebabkan oleh aplikasi. Sobat dapat mempelajari cara mem-boot ponsel dalam mode Aman dengan mengunjungi situs web produsen perangkat Sobat.

Nah, untuk mengatasi masalah ini :

  • Hapus unduhan aplikasi terbaru dari ponsel Android Kalian.
  • Copot pemasangan aplikasi yang tidak di perlukan atau yang jarang digunakan.
  • Buka Laci Aplikasi di ponsel Android Kalian.
  • Tekan-tahan aplikasi yang ingin dihapus dan ketuk Copot pemasangan

Cara 6 : Lakukan Reset Pabrik

Jika tidak ada Cara di atas yang dapat memperbaiki ponsel Android terus restart masalah, maka pilihan terakhir adalah Factory Reset. Saat Sobat melakukan reset pabrik, telepon akan diatur ulang ke status sistem asli dengan demikian, menyelesaikan semua masalah pada perangkat Sobat.

CATATAN : Pastikan untuk mencadangkan semua data penting, foto, video, dan file lainnya karena reset pabrik akan menghapus semua data dari Hp mu dan Pastikan Sobat memiliki masa pakai baterai yang cukup pada perangkat untuk melakukan reset pabrik.

Pertanyaan yang Sering Diajukan (FAQ)

Q1. Bagaimana cara Mengatasi Hp Sering Restart Sendiri?

Untuk menghentikan Hp Sering Restart Sendiri, Sobat harus terlebih dahulu mengidentifikasi penyebab masalahnya. Ini bisa karena aplikasi jahat atau penimbunan penyimpanan yang tidak perlu oleh aplikasi pihak ketiga. Setelah mengidentifikasi penyebab masalah, Sobat dapat mengikuti Cara yang relevan yang tercantum dalam panduan Tekno Advisor untuk memperbaiki ponsel Android terus memulai ulang masalah.

Q2. Mengapa Hp Sering Restart Sendiri di malam hari?

Jika Hp Sering Restart Sendiri di malam hari, itu karena fitur Auto-restart pada perangkat Kalian. Di sebagian besar ponsel, fitur mulai ulang otomatis disebut Jadwal hidup/mati. Untuk mematikan fitur auto-restart,

  1. Buka Pengaturan perangkat.
  2. Arahkan ke Baterai dan kinerja.
  3. Pilih Baterai, dan ketuk Jadwalkan daya hidup/mati.
  4. Terakhir, matikan opsi berjudul Power on and off time.

Tentang David Bagaskara

SEO Professional, Author & Penulis yang berpengalaman di bidang Komputer dan Software selama 6 Tahun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *