Shortcut Windows yang Jarang Orang Tahu

Shortcut Windows yang Jarang Orang Tahu

Shortcut Windows  yang Jarang Orang Tahu – Halo Sobat Teknok Advisor, bagi kalian yang seroang pelajar atau orang yang bekerja menggunakan komputer atau laptop pasti kalian sering menggunakan Shortcut Windows berupa CTRL+A, CRTL+C dan CTRL+V.

Mungkin Shortcut Windows tersebut sudah di keteahui oleh banyak orang, tapi Shortcut Windows bukannya hanya itu masih banyak sekali shortcut yang orang jarang ketahui khususnya di Windows 10.

Saat ini di dunia Windows 10 menjadi OS paling di pakai oleh orang – orang, menurut data pada tahun 2019 OS Windows 10 menjadi paling banyak digunakaan yaitu sebesar 47,7% di susul oleh Windows 7 32,7%. Sementara itu OS untuk komputer dari Apple telah di pakai sebesar 5,2% pengguna dan sisanya di kuasi oleh OS Open Source dari Linux sebesar 1,4%.

Karena pengguna OS Wndows di seluruh dunia sangat banyak, maka Microsoft menambahkan shortcut untuk suatu perintah tertentu agar penggunanya dapat melakukan pekerjaannya dengan cepat dan efisien. Shortcut Windows ini juga sangat cocok untuk kalian kaum “mageran” karena tidak perlu memindahkan tangan yang sudah nyaman di keyboard dan males untuk berpindah ke mouse.

Maka dari itu kami akan memberikan beberapa Shortcut Windows yang sangat berguna untuk kalian yang mageran. Shortcut ini juga dapat membantu pekerjaan kalian lebih efisien tanpa harus memindahkan tangan ke mouse terlebih dahulu, dan inilah beberapa daftar Shortcut Windows yang jarang orang tahu yang berhasil kami kumpulkan.

  1. MENUTUP TAB

Kalo kalian biasanya mungkin jika ingin menutup sebuah tab kalian harus mengarahkan pointer ke tanda x lalu mengkliknya, mungkin satu dua tab tidak masalah jika melakukannya dengan cara itu tetapi jika tab yang kalian buka cukup banyak yah pastinya kalian cukup repot untuk menutupnya.

Tapi kalian sekarang tapi perlu lagi kerepotan saat menutup banyak tab di komputer kalian, hanyan dengan menekan kombinasi tombol yaitu ALT + F4, kalian sudah dapat menutup tabs yang sedang dibukan tanpa harus menggunakan mouse lagi.

  1. REFRESH

Kalo kalian merasa saat membuka tab sering sekali lambat atau buffering terus, kalian dapat menggunakan kombinasi tombol CTRL + F5 atau laptop kalian jika tombol F nya harus menggunakan tombol Fn maka tinggal tekan saja secara bersamaan Fn + F5. Hal ini setidaknya dapat sedikit melancarkan komputer atau laptop kalian.

  1. MENAMBAHKAN VIRTUAL DESKTOP

Jika kalian orang yang menggunakan komputer atau laptop dengan multitasking atau mengerjakan banyak hal secara bersamaan. Mungkin Shortcut Windows ini akan sangat membantu kalian.

Sekarang di Windows 10 kalian dapat menambahkan desktop virtual sampai 100 lebih, lalu apa kegunaan dari virtual desktop ? di virtual desktop ini kalian dapat menambahkan desktop baru jika di desktop pertama sudah penuh dengan tabs dan masih digunakan oleh kalian. Jadi multitasking kalian tidak akan terganggu dan masih bisa bekerja efisien.

Lalu untuk menambahkan desktop virtual ini kalian cukup menggunakan Shortcut Windows  dengan kombinasi tombol Windows Key + CTRL + D maka desktop kedua kalian sudah muncul. Jika kalian ingin berpindah dari desktop sebelumnya atau desktop yang ingin kalian gunakan cukup menggunakan kombinasi tombol Windows Key + CTRL + Tombol Arah (kanan atau kiri), atau kalian juga dapat menggunakan Windows Key + TAB lalu akan muncul pilihan destop virtual yang ada.

Setelah desktop virtual kalian tidak lagi digunakan kalian bisa menutupnya dengan kombinasi tombol Windows Key + CTRL + F4.

  1. Minimize Semua Tab

Mungkin sebagian dari kalian pernah di pergoki oleh orang tua atau teman saat kalian menoton video ena – ena di komputer atau laptop kalian. Mungkin saat itu kalian panik jadi tidak sempat untuk menutup semua tab yang ada.

Mungkin kalian bisa menggunakan Shortcut Windows dengan kombinasi tombol Windows Key + M untuk Minimize semua tab yang terbuka secara bersamaan. Sehingga kalian tidak perlu lagi repot untuk minimize tab satu persatu.

Namun jika kalian hanya ingin mengintip desktop kalian sesaat seperti wallpaper kalian adalah jadwal pelajaran atau jadwal kuliah kalian bisa menggunakan Windows Key + , (koma) maka kalian dapat melihat wallpaper desktop kalian tanpa perlu minimize tab yang dibuka.

  1. Membuka Aplikasi dari Taksbar

Jika kalian senang membuka aplikasi secara bersamaan, saat ingin membuka aplikasi tersebut kalian harus mengarahkan pointer ke aplikasi tersebut yang ada di taskbar, tetapi sekarang kalian tapi perlu lagi melakukan hal itu.

Sekarang kalian tinggal menggunakan shortcut windown dengan kombinasi tombol Windows Key + 10  untuk membuka aplikasi yang ada di taskbar sesuai urutannya. Jadi sekarang kalian tidak perlu lagi repot – repot untuk mengklik aplikasi yang ingin di tampilkan.

  1. Split Screen

Shortcut Windows yang selanjutnya yaitu split screen atau membagi layar. Fitur ini sangat berguna jika kalian ingin bermulti tasking, seperti di tab 1 kalian sedang membuka sebuah artikel di tab lainnya kalian sedang membuka word.

Shortcut ini dapat membagi layar komputer atau laptop kalian menjadi 2 bahkan 4 secara rapih. Kalian tinggal menggunakan kombinasi tombol Windows Key + Tombol Arah baik kanan, kiri dan juga atas, bawah. Maka layar komputer kalian dapat terbagi secara rapih.

  1. Beralih Aplikasi

Kegunaan Shortcut Windows ini mungkin sedikit mirip dengan shortcut sebelumnya yaitu membuka aplikasi yang dari taskbar. Namun perbedaanya dengan shortcut ini kalian akan di perlihatkan tampilkan dari aplikasi tersebut jadi kalian bisa tau apa yang di tampilan aplikasi tersebut untuk menghindari hal – hal yang tidak di inginkan.

Kalian cukup menggunakan kombinasi tombol ALT + TAB atau Windows Key ­­+ TAB untuk berpindah – pindah aplikasi yang ingin kalian gunakan.

  1. Screen Shoot

Mungkin Shorcut Windows ini dapat membantu kalian yang sering screen shoot gambar yang ada di komputer, mungkin kalian sebelumnya  menggunakan aplikasi Snipping Tool untuk screen shoot layar komputer atau laptop kalian.

Tetapi sekarang kalian cukup menggunakan kombinasi Windows Key + SHIFT + S lalu kalian pilih area yang ingin di tangkap layarnya, lalu kalian bisa langsung Paste di Word atau PowerPoint, jika kalian ingin menyimpannya kalian tinggal klik notifikasi bar lalu klik notifikasi screen tadi dan save gambar tersebut.

  1. Mengatasi Aplikasi Trouble

Kalian juga pasti pernah sedang menggunakan aplikasi tersebut lalu tiba – tiba hang atau Not Responding dan kalian saat klik close aplikasi tersebut tidak kunjung menutup. Maka dari itu kalian dapat mengatasi masalah itu dengan Shortcut Windows menggunakan kombinasi tombol CTRL + SHIFT + ESC.

  1. Membuka File Explore

Shortcut Windows ini dapat kalian gunakan saat kalian ingin membuat File Explore tanpa harus mengklik ini itu hanya dengan menggunakan kombinasi tombol Windows + E kalian bisa langsung membuka File Explore dengan mudah dan cepat.

  1. Kaca Pembesar

Shortcut ini cocok untuk kalian yang mempunyai mata minus, kalian dapat menggunakan fitur kaca pembesar yang ada di windows dengan menggunakan kombinasi tombol Windows Key + () Minus atau (+) Plus.

  1. Screen Record

Shortcut ini cocok bagi kalian seorang konten kreator, gamer atau pelajar karean di Windows 10 kalian dapat merekam layar kalian tanpa perlu aplikasi tambahan lainnya. Kalian cukup menggunakan Shortcut Windows dengan menekan kombinasi tombol Windows Key + ALT + R untuk merekam layar kalian.

  1. Emoji

Kalian mungkin baru tahu jika laptop atau komputer kalian dapat memunculkan emoji layaknya yang ada di smartphone. Kalian cukup menggunakan kombinasi tombol Windows Key + ; atau . (titik) maka kalian tinggal pilih emoji yang ingin digunakan.

  1. Sleep

Mungkin setelah digunakan kalian sering membiarkan laptop atau komputer kalian dalam keadaan Sleep dan kalian harus mengklik mode sleepnya. Tetapi sekarang kalian dapat dengan cepat menggunakan mode sleep ini di laptop atau komputer hanya dengan menggunakan Shortcut Windows kombinasi tombol Windows Key + L dan laptop atau komputer kalian dengan cepat dalam mode Sleep.

  1. Keyboard Virtual

Saat keyboard kita sebagian tombolnya tidak dapat berfungsi membuat kita jengkel dan ingin memperbaiki bahkan ingin laptop baru, tapi kalian jangan dulu terburu – buru dengan Shortcut Windows ini kalian dapat memunculkan keyboard virtulal dengan mudah, yaitu dengan kombinasi tombol Windows Key + CTRL + O maka keyboard  virtual akan langsung muncul.

 

Berikut beberapa Shorcut Windows yang jarang orang tahu dari kami semoga shortcut – shortcut tersebut berguna untuk kalian saat menggunakan laptop atau kompter. Jika artikel ini bermanfaat bagi kalian, bisa kalian bagikan kepada teman – teman kalian semua, Terima Kasih.

Tentang Rahmat Saefullah

Author & Penulis ,Alumni UNIKOM yang telah berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang Komputer dan Teknik Informatika

Check Also

realme c25

Realme C25 : HP 2Jutaan Kencang dan Irit

Realme C25 – Halo sobat Tekno Advisor. Realme kembali mengularkan Hp baru mereka di awal …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *