Samsung Galaxy Z Fold3

Samsung Galaxy Z Fold 3 : HP Masa Depan Dari Samsung

Samsung Galaxy Z Fold 3 – Halo sobat Tekno Advisor, Samsung Indoensia di akhir tahun 2021 ini telah merilis dua hp mereka terbaru yaitu Samsung Galaxy Z Fold 3 dan Samsung Galazy Z Flip3. Kedua hp ini merupakan penerus dari hp lipat dari samsung.

Lewat seri Fold dan Flip mereka Samsung seperti ingin memberi tahu kepada semua orang bahwa hp masa depan itu seperti Samsung Galaxy Fold 3 dan Flip3. Bagaimana hp ini seperti datang dari masa depan desain desain layar lipatnya, menjadi cocok untuk orang – orang yang sibuk dengan bisnis melalui hp mereka.

Memang target dari hp ini bukan untuk kaum mendang – mending, karena harga hp ini terbilang mahal di atas 20 juta, tapi samsung di seri Samsung Galaxy Z Fold 3 ini berhasil memberika harga yang lebih murah di bandingkan dengan seri sebelumnya Z Fold2 yang dahulu saat keluar di hargai 30 juta lebih.

Dengan harga di atas 20 juta memang untuk sebagian besar orang akan lebih memilih untuk membeli hal lain, tapi untuk orang yang tidak masalah dengan uang mereka akan mendapatkan sebuah inovasi di bidang teknologi khususnya di bidang smartphone.

Jika kaian membeli Samsung Galaxy Z Fold 3 kalian akan di berikan sebuah smartphone dengan chipset terkencang dari Snapdragon yaitu Snapdragon 888 dan dua buah layar Dynamic AMOLED terbaik dari samsung di bagian cover maupun di bagian dalam.

Tetapi apa hanya itu yang diberikan oleh hp seharga 20 juta lebih ini ? jika kalian penasaran kalian dapat membaca ulasan Samsung Galaxy Z Fold 3 dari kami ini.

SPESIFIKASI

Dimension

  • Open    : 2 x 128.1 x 6.4 mm
  • Close    : 2 x 67.1 x 16.0 ~ 14.4 mm
  • Weight : 271 g

Screen Size

  • Cover Screen : Dynamic AMOLED 6.2” (832 x 2268) 120Hz
  • Main Screen  : Dyanmic AMOLED 7.6” (2208 x 1768) 120Hz

Platfrom

  • CPU : Qualcomm Snapdragon 888 5G (5nm) Octa-core
  • GPU : Adreno 660
  • OS    : Android 11, One UI 3.1.1

Memory

  • RAM : 12GB
  • ROM : 256GB / 512GB
Baca Juga :   Samsung Galaxy S21 Ultra Spesifikasi & Review Lengkap

Camera

  • Main Camera  : 12MP Wide, 12MP Ultra Wide, 12MP Telephoto
  • Front Camera : 10MP Front Cover (Infinity O Display), 4MP Front Main ( Under display Camera)

Battery

  • Capacity  : Li-Po 4400 mAh
  • Charging : Fast Charging 25W, Fast Wireless Charging 11W, Reverse Wireless Charging 4.5W

HARGA

Samsung Galaxy Z Fold 3 12/256GB : Rp.24.999.000

Samsung Galaxy Z Fold 3 12/512GB : Rp 26.999.000

REVIEW

Desain

Samsung Galaxy Z Fold3

Samsung Galaxy Z Fold 3 memiliki desain yang benar – benar cantik dan elegan, saat keadaan tertutup hp ini memiliki layar depan yang luas sebesar 6.2 inci berbeda dengan pendahulunya yaitu Fold1. Generasi awal dari seri Fold Samsung mungkin masih banyak kekuranganyan namun di generasi ke 3 ini semua kekurangan tersebut sudah di perbaiki oleh Samsung.

Samsung kali ini meluncurkan 3 warna untuk seri Fold 3 kali ini yaitu Phantom Black, Phantom Green dan Phantom Silver. Bahasa desainya pun seperti seri S maupun seri A Samsung di tahun 2021 ini, dengan finishin backcover matte atau doff membuat backcover ini tampil semakin mewah apalagi sudah memakai kaca dari Corning Gorilla Glass Victus.

Samsung Galaxy Z Fold3

Bukan hanya bagian belakang saja yang memakai Gorilla Glass Victus bagian cover depan pun sama di lindungi oleh tipe kaca terbaik dari Corning. Bagian layar depan ini juga tampil dengan cantik menggunakan layar Dynamic AMOLED dengan desain Infinity O Display untuk menyematkan kamera depan yang sebesar 10MP.

Mungkin layar depan di Samsung Galaxy Z Fold 3 ini hanya untuk mengecek notifikasi atau ingin menggunkan kamera atau sekedar mengangkat telepon. Karena pengalaman terbaik adalah di layar utamanya yang sebesar 7.6 inci, dengan layar luas pengalaman untuk hiburan atau kerjaan menjadi sangat maksimal, mungkin saat dibuka hp ini tidak pantas diebut hp karena luas layarnya sudah sama dengan sebuah tablet.

Samsung Galaxy Z Fold 3 juga sudah mendapatkan rating IPx8 dimana hp ini tahan air bahkan di kedalaman 1M selama 30 menit, namun hp ini tidak tahan akan debu, sehingga hp ini di simpan di tas jangan di simpan di kantong celana.

Baca Juga :   Samsung Galaxy A22 5G : Review,Spesifikasi dan Harga Lengkap

Layar

Samsung Galaxy Z Fold3

Samsung Galaxy Z Fold 3 memiliki dua layar dimana layar di bagian depan menggunakan panel Dynamic AMOLED 6.2 inci 2K 120Hz, sedangkan layar utama Fold3 menggunakan Dynamic AMOLED 7.6 inci 2 120Hz layar utama ini seperti namanya Fold layar ini dapat di lipat seperti buku.

Layar ini merupakan sebuah inovasi di dunia smarphone, karena layar yang biasanya kaku tapi ini dapat di lipat, yah memang saat ini masih ada bekas lipatan di tengah layar tapi di seri Fold 3 lipatan itu sudah sedikit tidak terlihat.

Di layar utama ini juga samsung pertama kali memakai teknologi kamera di dalam layar untuk menyembunyikan kamea sebesar 4MP. Untuk kualitas layar di hp ini sudah tidak perlu di ragukan karena panel AMOLED dari samsung merupakan panel terbaik.

Untuk pengalaman menggunakan hp ini sangat asik apalagi dengan layar yang luas membuat kebutuhan hiburan dan kerjaan menjadi lebih asik dan produktif. Dengan layar luas juga kita dapat membuat 2 aplikasi sekaligus menjadikan produktifitas semakin fluid dan lancar.

Performa

Samsung Galaxy Z Fold3

Samsung Galaxy Z Fold 3 ini tenagai dengan chipset terkencang dari Snapdragon, yaitu Snapdragon 888 5G (5nm) dengan RAM 12GB dan memori internal 256GB atau 512GB. Diatas kertas hp ini mempunyai spek yang dewa banget lah, apapun gamenya pasti dapat di libas dengan gampang.

Apalagi dengan RAM yang Jumbo yaitu 12GB membuat kegiatan multitasking di hp ini sangat lancar. Jika kalian orangnya yang multitasking banget hp ini juga cocok untuk kalian dengan layar utama yang besar menjadikannya dapat mengoperasikan 2 aplikasi sekaligus dengan fitur multi windownya.

Samsung Galaxy Z Fold3

Samsung Galaxy Z Fold 3 benar – benar cocok untuk power user yang membutuhkan hp kencang, layar lega, RAM gede dan memori internal yang juga besar. Untuk urusan performa hp ini memang sejatinya adalah flagship jadi tapi perlu lagi di ragukan.

Apalagi Samsung Galaxy Z Fold3 ini di jadikan samsung sebagai pengganti seri Note mereka yang di berhentikan di Note 20 series, jadi layar utama di hp ini sudah support dengan S-Pen samsung yang terkenal dengan akurasi yang presisi dengan delay yang rendah. Namun sayangnya S-Pen di hp ini dijual terpisah oleh samsung dengan harga sekitar 1 jutaan.

Baca Juga :   Samsung Galaxy Z Flip 3 : HP Paling Cantik Dari Samsung

Kamera

Samsung Galaxy Z Fold3

Untuk urusan kamera Samsung Galaxy Z Fold 3 persentai dengan 3 Kamera dengan semua lensanya beresolusi 12MP, dengan detail ke tiga lensnya sebagai berikut. Lensa Utama 12 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/1.76″, 1.8µm, Dual Pixel PDAF, OIS, Lensa Ultra Wide 12 MP, f/2.2, 123˚, 12mm (ultrawide), 1.12µm dan Lensa Telephoto 12 MP, f/2.4, 52mm (telephoto), 1/3.6″, 1.0µm, PDAF, OIS, 2x optical zoom.

Secara angka memang terlihat kecil tapi jangan salah kamera flagship samsung sangat bagus di semua kondisi baik siang maupun malam / lowlight. Hasil dari kamera belakang samsung ini begitu tajam dengan warna yang begitu akurat, dynamic range yang luas saat lowlught detail masih terjaga dan hasil foto pun masih terlihat bagus, yah seperti Flagship lainnya bagus namun tidak ada yang spesial.

Samsung Galaxy Z Fold3

Sementara untuk kamera depan Samsung Galaxy Z Fold 3 ada dua di bagian cover/depan serta di bagian layar utama. Untuk layar depan samsung menggunakan kamera 10MP berbentuk Infiity O Display, sementara untuk bagian layar utama samsung pertama kalinya menggunakan teknologi kamera di bawah layar dengan resolusi 4MP.

Hasil dari kedua kamera ini mungkin hanya untuk kebutuhan video call atau meeting online, yah karena hasilnya yang kurang apalagi kamera yang di bawah layar mungkin karena terhalangi oleh LED dari layar menjadikan hasil dari kamera ini sedikit terlihat berkabut.

Lagian jika ingin selfie di hp ini kalian bisa menggunakan kamera belakangnya dan buka hp ini, layar depannya bisa menjadi view finder untuk kamera belakang, hasilnya foto selife kalian akan jadi sangat bagus.

KESIMPULAN

Samsung Galaxy Z Fold 3 memang bukan hp untuk semua orang apalagi jika mengingat harganya yang bisa untuk membeli sebuah motor, tapi untuk orang yang tidak ada masalah dengan uang dan mereka senang dengan inovasi dan teknologi masa depan hp ini cocok untuk orang tersebut.

Tentang Rahmat Saefullah

Author & Penulis ,Alumni UNIKOM yang telah berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang Komputer dan Teknik Informatika

Check Also

samsung galaxy z flip 3

Samsung Galaxy Z Flip 3 : HP Paling Cantik Dari Samsung

Samsung Galaxy Z Flip 3 : HP Paling Cantik Dari Samsung Samsung Galaxy Z Flip …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *