cara membuat video jegad jedug

Cara Membuat Video Jedag Jedug Dengan Mudah

Cara membuat video jedag jedug – Halo sobat Tekno Advisor. Kamu yang aktif dan sering membuat video di TikTok pasti sering menemukan video jedag jedug yang masuk ke beranda kamu, lalu sebenarnya apa video jedag jedug itu ?

Sebenarnya video jedag jedug itu video yang di kombinasikan dengan musik DJ dan video tersebut mengikuti ketukan musik dengan efek – efek yang banyak. Memang video jedag jedug itu banyak sekali efeknya dan tak jarang membuat kita pusing untuk menontonya.

Baca Juga : Aplikasi Edit Video Animasi Terbaik dan Mudah Digunakan

Bagi kita orang awam cara membuat video jedag jedug sepertinya sangat sulit dan rumit apalagi banyak sekali efek yang di pakai. Kita juga mengira jika ingin membuat video jedag jedug harus memakain aplikasi edit video yang ada di pc seperti Adobe After Effect. Premier Pro, Vegas dan lain sebagainya.

Namun saat ini cara membuat video jedag jedug dapat di lakukan dengan aplikasi editing video yang ada di Android dan iOS. Selain Hp zaman sekarang speksifikasinya sudah mampu untuk mengedit video, pada aplikasi tersebut sudah banyak preset / template video jedag jedug.

Ini lah beberapa aplikasi dan cara membuat video jedag jedug dengan mudah.

CARA MEMBUAT VIDEO JEDAG JEDUG DI CAPCUT

Cara membuat video jedag jedug

cara membuat video jedag jedug yang pertama dengan menggunakan CapCut. CapCut sendiri adalah apikasi edit video paling populer di Playstore dengan jumlah download sebanyak 2 Juta lebih.

Baca Juga : Cara Memperjelas Foto yang Blur

Aplikasi ini sangat cocok untuk pemula hingga yang sudah expert, karena memang aplikasi ini memiliki UI yang simple tidak membuat pusing penggunanya dan juga saat ini banyak sekali preset / template video yang sudah tersedia.

Download CapCut

 Inilah langkah – langkah cara membuat video jedag jedug menggunakan CapCut.

  1. Buka Aplikasi CapCut di HP kamu.
  2. Tekan tombol New Project untuk membuat video baru di CapCut.
  3. Kemudian pilih video yang ingin kamu edit menjadi jedag jedug, lalu tekan tombol Add untuk menambahkan video tersebut di Capcut.
  4. Berikutnya kamu tekan tombol Audio, pilih Sound dan tekan tombol Your Sound.
  5. Lalu kamu pilih tombol From Device untuk memilih lagu yang ada di penyimpanan HP kamu. Setelah mendapatkan lagu yang ingin di masukan tekan tombol + (Plus) yang ada di sebelah lagu tersebut untuk menambahkan lagu tersebut ke CapCut.
  6. Tekan file audio yang ada di timeline dan tekan tombol Match Cut.
  7. Kamu dengarkan terlebih dahulu lagu tersebut, dan berikan penan pada beat / ketukan, dengan menekan tombol Add Beat. Jika kamu sudah selesai memberikan tanda maka kamu dapat menekan tombol Centang.
  8. Kemudian kamu tekan video pada timeline lalu potong – potong vdeo tersebut sesaui dengan penanda beat dengan menekan tombol Split tepat berada di penanda beat.
  9. Setelah video dipotong sesuai tanda beat, kamu bisa menambahkan transisi dengan menekan tombol Animation, pilih IN dan kamu bisa pilih transisi Shake.
  10. Tambahkan Transisi pada semua potongan video yang ada, lalu putar video dahulu untuk melihat hasilnya jika di rasa kurang bagus kamu dapat mengganti transisi sesuai selera kamu.
  11. Selanjutnya jika video kamu sudah pas dan di rasa sudah bagus, tinggal tekan tombol Export yang ada di pojok kanan atas dan tunggu hingga selesai dan tekan tombol Done.

CARA MEMBUAT VIDEO JEDAG JEDUG DI ALIGHT MOTION

Cara membuat video jedag jedugCara membuat video jedag jedug berikutnya dengan menggunakan Alight Motion. Alight Motion adalah aplikasi editing video yang ada di perangkat Android maupun iOS fitur andalan dari aplikasi ini adalah Motion Graphic dengan animasi kualitas tinggi, selain itu aplikasi ini dapat memberikan efek visual yang terbilang cukup banyak.

Download Alight Motion

 Lalu bagaimana cara membuat video jedag jedug dengan Alight Motion ? Untuk membuat video dengan efek jedag jedug sebenarnya cukup mudah, kamu dapat mengikuti langkah – langkah yang dibawah ini.

  1. Buka terlebih dahulu aplikasi Alight Motion di HP kamu.
  2. Baca panduan dan syarat penggunaan untuk masuk ke halam utama Alight Motion.
  3. Kamu bisa menambahkan foto atau video dengan mengklik tombol Tambah, lalu atur durasi yang kamu mau.
  4. Selanjutnya klik Move and Transfrom lalu pada pilihan yang ada di sebelah kanan klik ikon yang ketiga atau panas yang ada ada didalam kotak.
  5. Kemudian tambahkan efek pada foto dengan klik Efek lalu pilih opsi Distorsi/Wrap dan pilih efek animasi Ubin dan aktifkan pilihan Mirror.
  6. Selanjutnya tambahkan Shaepe kotak lalu perbesar seukuran dengan foto.
  7. Seletah itu kamu masking foto atatu layer dan kamu pilih layer kedua paling atas.
  8. Yang terkahir kamu dapat tambahkan animasi kembali dengan memberikan efek ubin dan pada plihian move and transform tarik kebelakng untuk memperkecil ukurannya.
  9. Jika selesai kamu dapat Export Project dan simpan ke galeri. Sekarang kamu sudah membagikan hasil video kamu ke sosial media.

CARA MEMBUAT VIDEO JEDAG JEDUG DI VN

Cara membuat video jedag jedug

Cara membuat video jedag jedug berikutnya dengan menggunakan aplikasi VlogNow atau yang lebih di kenal dengan VN. VN sendiri merupakan aplikasi edit video dengan tampilan seperti editor video profesional namun cara menggunakannya mudah dan juga simple tidak heran banyak yang menggunakan aplikasi ini untuk mengedit video mereka.

Download VN

Lalu bagaimana caranya membuat video jedag jedug di VN ? Berikut kami berikan langkah – langkahnya.

  1. Buka aplikasi VN di HP kamu.
  2. Kemudian masukan musik yang ingin di pakai dan bertika Beat Mark sesuai ketukan musik tersebut.
  3. Selanjutnya kamu masukan video yang ingin diberikan efek jedag jedug.
  4. Lalu kamu pilih garis Beat Mark pertama, lalu kamu potong videonya menggunakan Split.
  5. Setelah itu kamu cari klip di video kamu dengan gambar yang berbeda dengan klip pertama, lalu potong kembali menggunakan Split.
  6. Kemudian kamu seleksi sisa klip dari gambar yang pertama, lalu kamu Delete klip tersebut.
  7. Maka klip dengan gambar yang berbeda akan maju, lalu kamu pilih garis Beat Mark kedua dan kamu potong kembali menggunakan Split.
  8. Lakukan hal tersebut hingga semua Beat Mark selesai dan video terpotong seusai Beat Mark.
  9. Lalu kamu pilih klip kedua dan pilih menu FX, kemudian pilih Zoom In dan letakang pada awal klip dengan durasi 0,40 detik.
  10. Selanjutnya lakukan hal tersebut di klip ketiga namun sekarang efek yang di pakai adalah Zoom Out dan letakan kembali pada awal klip dengan durasi 0,40 detik.
  11. Jika sudah kamu langsung tekan tombol Ceklis dan kamu dapat melihat preview dari editan video kamu.

CARA MEMBUAT VIDEO JEDAG JEDUG DI KINEMASTER

Cara membuat video jedag jedug

Cara membuat video jedag jedug yang terakhir adalah menggunakan aplikasi Kinemaster. Siapa yang tidak tau dengan aplikasi editor video ini, dengan tampilan seperti profesional namun sangat mudah di gunakan, maka tidak heran kinemaster di jadikan pilihan untuk editing video di HP. Fitur yang di tawakan pun cukup lengkap serta sekarang sudah sangat banyak tutorial membuat video dengan kinemaster di youtube.

Download Kinemaster

Jika ingin membuat video jedag jedug di kinemaster sangat mudah kamu tinggal mengikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

  1. Pertama kamu buka aplikasi Kinemaster di HP kalian.
  2. Kemudian klik ikon Tambah lalu buat Proyek Kosong.
  3. Selanjutnya masukan foto yang akan di edit menjadi jedag jedug.
  4. Lalu klik pada foto tersbut dan pilih titik tiga di sudut kiri atas kemudian pilih Duplikat sebanyak kalian butuhkan.
  5. Selanjutnya kamu klik foto yang sudah di duplikat dan pilih Klip Grafis, lalu Animasi Masuk kemudian pilih Animasi No 44 dan kemduian klik Centang.
  6. Lalu kamu klik pada foto dan pilih menu Pan & Zoom dan pada Posisi Awal kamu tinggal perbesar foto dan jika sudah klik ikon Centang.

Berikut cara membuat video jedag jedug menggunakan aplikasi di hp, jika kamu ingin semakin jago mengedit video tentu harusnya sering berlatih dan menonton tutorial yang ada di youtube. Kamu juga harus menerima segala macam kritikan dan masukan terhadap hasil video yang kamu edit.

Tentang Rahmat Saefullah

Author & Penulis ,Alumni UNIKOM yang telah berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang Komputer dan Teknik Informatika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *