Contoh Kasus Investasi Saham

Contoh Kasus Investasi Saham Yang Sedang Viral

Contoh Kasus Investasi Saham Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengutarakan rugi karena ada investasi ilegal alias investasi bodong dalam periode waktu 10 tahun akhir capai Rp 92 triliun.

Contoh Kasus Investasi Saham Perusahaaan besar

Contoh Kasus Investasi Saham
Contoh Kasus Investasi Saham
Contoh Kasus Investasi Saham
Contoh Kasus Investasi Saham

Kepala Deputi Pemantauan Pasar Modal 1A OJK Luthfy Zain Fuady menjelaskan ada investasi bodong ini dikarenakan oleh ada ruangan kosong dalam ketentuan investasi dan wewenang antarlembaga hingga digunakan oleh oknum-oknum tertentu untuk membuat produk yang tidak mempunyai watak dalam hukum investasi itu.

Baca Juga :   Jenis Jenis Trading Online Yang Perlu Kamu Ketahui

“Jadi yang kita temui tidak cuma orang yang ‘jahat’, tetapi juga orang yang memahami peraturan dan memahami bagaimana manfaatkan sela peraturan itu,” kata Luthfy dalam acara Capital Pasar Summit dan Expo 2020 yang diadakan lewat virtual, Kamis (22/10/2020).

Jumlah ini dipandang sangat besar dan belum terhitung rugi yang dikarenakan oleh investasi oleh lembaga legal.

Wujud pelanggaran investasi tidak cuman terjadi pada lembaga-lembaga ilegal yang tidak berijin, tetapi sering dilaksanakan substansi yang mempunyai ijin operasional dan ditata oleh regulator. Seperti beberapa kasus yang terjadi di pasar modal yang dilaksanakan oleh lembaga-lembaga berkaitan.

“Meskipun investasi di pasar modal masuk dalam kelompok legal, maknanya bukan bodong, dilaksanakan oleh entity yang punyai ijin dan dipantau. Tetapi tidak berarti di situ bersih dari pelanggaran. Tidak. Banyak pelanggaran dan ada pula yang memunculkan rugi hingga tidak berbeda jauh dengan investasi bodong barusan, justru lebih jahat karena ia telah mempunyai ijin,” tutur ia.

Baca Juga :   Investasi Saham : Cara Kerja, Contoh, Manfaat dan Keuntunganya

Ia mengutarakan ada empat instansi yang sering lakukan pelanggaran di pasar modal dengan beragam modus. Dimulai dari perusahaan dampak, manager investasi, emiten bahan oleh karier/instansi pendukung.

Beberapa kasus pelanggaran yang dilaksanakan perusahaan dampak seperti ada perdagangan semu yang membuat harga yang tidak seutuhnya dikarenakan oleh ada keinginan jual dan membeli dampak di pasar. Ini memunculkan ada kecurangan harga saham.

Selainnya itu, permasalahan investasi dilaksanakan oleh direksi perusahaan dampak walau sebenarnya sudah dilaksanakan bugar and proper tes saat sebelum memegang. Ini berpengaruh pada sikap dan pengaturan intern perusahaan dampak yang tidak bagus.

Baca Juga :   Perbedaan Trading dan Investasi yang Sering Disalahartikan

Aktivitas yang lain yang umum terjadi ialah kegiatan transaksi bisnis oleh karyawan yang dilaksanakan tanpa ijin dan aktivitas arranger emisi dampak yang dilaksanakan tanpa ijin.

Nah, itulah yang bisa kami sampaikan di artikel Contoh Kasus Investasi Saham ini, semoga bermanfaat dan berhati hatilah dalam bermain saham. terimakasih!

Tentang Adjie Prasetyo

Seseorang yang senang berbagi segala hal tentang teknologi

Check Also

Jenis Jenis Trading Online

Jenis Jenis Trading Online Yang Perlu Kamu Ketahui

Jenis Jenis Trading Online –¬†Apabila dalam arti luas bisnis online selaku bisnis komoditas umum, apa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *