Hardisk Tidak Terbaca Di BIOS, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Hardisk Tidak Terbaca Di BIOS – Secara umum hardisk dipakai untuk simpan data dan OS pada PC/Laptop. Bila hardisk tidak teridentifikasi pada BIOS maka menyebabkan tidak dapat booting secara normal.

Malah di saat booting ada tulisan operating system not found. Tulisan itu maknanya sistem operasi di komputer kamu tidak dapat detek hard disk intern yang dipakai.

Jika harddisk sudah tidak terbaca di BIOS atau UEFI, peluang permasalahannya ada di hard drivenya . Maka kamu perlu selekasnya tangani supaya HDD kembali kebaca oleh sistem Windows.

Tetapi tidak semua pemakai Windows seperti kamu memahami masalah memperbaiki hardisk yang tidak terbaca di BIOS. Akhirnya solusi yang terbaik mengatasinya dengan ikuti anjuran terbaik kami di bawah ini.

Baca Juga :   Hardisk Tidak Terbaca Di BIOS, Bagaimana Cara Mengatasinya?
Cara Mengatasi This MIUI Version Can’t be Installed on This Device”]

Penyebab Hardisk Tidak Terbaca di BIOS / EUFI

Adapun pemicu hardisk terkadang atau sering tidak terbaca, diantaranya:

  • Pin Hardisk Kotor: Umumnya permasalahan khusus berada di tingkat kekotoran pada hardisk itu. Kekotoran paling umum terjadi pada pin HDD hingga menyebabkan sistem susah membaca HDD itu.
  • Bad Sector: Kerusakan fisik pada hardisk dapat menjadi dasar masalahnya lho. Misalnya saja seperti bad sector di mana piringan hardisk telah rusak hingga membuat hardisk itu tidak ingin terbaca oleh sistem komputer.
  • Salah Instalasi: Penempatan hardisk tidak bisa asal-asalan diinstall demikian saja. Kamu perlu pastikan benar-benar jika koneksi hardisk ke PSU dan Motherboard sudah masuk pada pin yang betul.
    Sesudah ketahui pemicunya apa, berikut solusi tangani hardisk intern tidak terbaca di BIOS PC:
Baca Juga :   13 Cara Mengatasi USB Android Tidak Bisa Connect ke PC

Cara Mengatasi Hardisk Tidak Terbaca Di BIOS

Bersihkan Pin Hardisk

Alat yang dibutuhkan :

    • Bersihkan Pin Hardisk
    • Alat Penghapus
    • Obeng
    • Kuas Tisu Kering
Baca Juga :   Cara Mengatasi Error 0xc00000f di Windows

Membersihkan pin hardisk memang jadi solusi pertama yang perlu kamu kerjakan. Pasalnya pin berikut yang menolong sistem membaca tersedianya perangkat penyimpanan itu.

Bila pin hardisknya kotor, ya kemungkinan tidak akan terdeteksi oleh sistem PC/Laptop. Malah itu kamu perlu membersihkan dengan cara membedah hardisk memakai alat dan bahan seperti di atas.

Namun pada alat penghapus kamu perlu mempersiapkan penghapus bersih dari kotoran juga. Jika ingin lebih baik pakai penghapus baru ya, tidak perlu baru tidak masalah.

Namun pakai penghapus yang bersih, mengapa? Karena supaya saat bersihkan pin hardisk tidak menambahkan kekotoran lagi.

Untuk itu, berikut beberapa cara mengatasi hardisk tidak terbaca di BIOS dengan membersihkanya:

    1. Persiapkan obeng dan hardisk
    2. Ada 6 baut pada hardisk yang perlu dilepaskan dengan obeng
    3. Membuka semua baut itu
    4. Di dalam mesin hardisk ada banyak pin, bersihkan semua pin dengan penghapus secara perlahan-lahan (baik pin depan atau belakang)
    5. Pakai kuas buat bersihkan tersisa penghapus
    6. Sesudah usai, balikkan seperti sebelumnya dan test hardisk pada PC dapat baca atau tidak

Catatan: Janganlah sampai tangan kamu basah karena keringat, keringkan dengan memakai tisu kering yang telah disiapkan barusan

Baca Juga :   Cara Mengatasi Corel Draw X7 Trial Expired : Crack, Path, dan Keygen

Update BIOS

Berdasarkan sebagian sumber yang sudah kami dalami, mengupdate BIOS terkadang dapat mengatasi HDD tidak terbaca lho. Jalinan versus BIOS dengan keterbacaan hardisk karena perangkat keras hardisk terkini umumnya memerlukan versus BIOS terkini juga.

Tetapi beberapa kasus tertentu getho ada yang memakai versus BIOS lama tetapi tetap dapat detek hardisknya. Nach mungkin tho hardisk kamu tidak terbaca karena BIOS-nya meminta update.

Coba kamu update lebih dulu BIOSnya selanjutnya check lagi hardisknya terbaca atau tidak. Ohya, update BIOS ini berlaku pada UEFI ya, karena BIOS dan UEFI sama program penataan sistem saat sebelum diinstall dan menyaksikan perangkat apa saja yang teridentifikasi.

Periksa Kabel IDE

IDE (Integrated Drive Elektroniks) sebagai perangkat keras penyambung di antara CPU dengan Hardisk intern. Bila kabel IDE ini tidak dipasang dengan benar dan baik, karena itu peluang hardisknya tidak ingin terbaca oleh BIOS.

Saat sebelum hidupkan komputernya, akan lebih bagus jika kamu periksa instalasi kabel IDE-nya. Mungkin ada kekeliruan penempatan kabel IDE yang membuat tidak teridentifikasi.

Ganti HDD Baru

Bila semua cara telah dilaksanakan tapi tidak jadi solusi terbaik. Seharusnya ubahlah hardisk dengan yang baru. Misalkan saja mengganti hardisk bermerek Seagate SATA.

Jika anjuran terbaik kami sich pakai SSD sekaligus saja agar tahu kerusakan sekarang ini terjadi cuman pada hardisk saja apa SSD merasakannya.

Baca Juga :   Cara Mengatasi Handphone Panas Dengan Langkah Mudah Ini

Lebih kurang Pembahasan kita kali ini mengenai cara mengatasi hardisk tidak terbaca di BIOS seperti di atas. Bila ada kekurangan, kamu bisa menambahnya lewat komentar apabila berguna silahkan bagi ke sosial media kamu ya!

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.