Cara Mengatasi Handphone Panas

Cara Mengatasi Handphone Panas Dengan Langkah Mudah Ini

Cara Mengatasi Handphone Panas – Hai Sobat Teknoadvisor ,Ponsel yang terlalu panas mungkin memiliki masalah fisik —baterai lama, misalnya, bisa menjadi salah satu penyebab potensial disfungsi. Pengguna lain mungkin memuat perangkat mereka dengan terlalu banyak Aplikasi/Software atau Aplikasi yang tidak Berguna bagi mereka.

Saat Handphone kalian terlalu panas itu menyebalkan. Pencegahan adalah resep terbaik, tapi jika smartphone kalian sudah panas, Kalian mungkin khawatir terkena virus. Jadi mengapa Handphone kalian terlalu panas? Bagaimana kalian bisa mendinginkannya? Dan bagaimana Kalian tahu jika Handphone kalian terkena virus?

Mengapa perlu Diperhatikan jika Handphone Panas?

Sebelum ke Cara Mengatasi Handphone Panas Kita bahas dulu mengapa itu terjadi .Ketika telepon menjadi terlalu panas, kemampuannya untuk berfungsi mungkin terganggu. Sebagian besar ponsel modern akan memberi tahu Kalian dan bahkan mengambil tindakan pencegahan saat Handphone menjadi terlalu panas, tapi beberapa model lama mungkin tidak.

Penyebab panas ini bisa di mana saja—sel baterai, lingkungan, atau bahkan dari prosesor itu sendiri saat berjalan. Ekspansi termal adalah salah satu sumber kerusakan potensial, seperti risiko melelehnya salah satu komponen perangkat.

Saat ponsel Kalian terlalu panas, baterai akan lebih cepat habis. Prosesor akan berjalan lambat dan aplikasi Kalian kemungkinan besar akan mogok; beberapa baterai telepon bahkan terbukti meledak dalam keadaan yang tepat.

Intinya adalah, demi keselamatan Kalian, kami ingin menjaga semuanya tetap dingin.

Mengapa Handphone Bisa Panas?

Ya, terlalu panas bisa menjadi tanda adanya virus. Tapi kemungkinan besar ada hal lain yang memengaruhi Smartphone Kalian.

Jika Kalian menggunakan ponsel dan Kalian merasakannya terlalu panas di tangan Kalian, masalahnya mungkin pada apa yang Kalian lakukan saat itu. Contohnya:

  • Layar Kalian telah disetel terlalu terang terlalu lama.
  • Kalian memiliki terlalu banyak aplikasi yang digunakan sekaligus.
  • Kalian menggunakan aplikasi yang membebani sistem.
  • Pengaturan Kalian mungkin tidak dioptimalkan untuk kebutuhan Kalian.
  • Grafik permainan terlalu banyak untuk dikelola perangkat Kalian.
  • Ponsel Kalian sedang berjuang untuk tetap terhubung ke Wi-Fi atau sinyal Bluetooth yang lemah.
  • Kasing telepon Kalian mencegah telepon dari ventilasi sendiri secara memadai.
  • Yang lebih menyedihkan adalah ketika Kalian menemukan ponsel Kalian terlalu panas setelah tidak menggunakannya untuk beberapa waktu.
Baca Juga :   Keyboard Laptop Tidak Berfungsi ? Lakukan Cara ini

Inilah mengapa itu bisa terjadi:

  • Salah satu aplikasi Kalian mungkin berjalan di latar belakang dan menghabiskan terlalu banyak sumber daya.
  • Pengisi daya atau port pengisian daya Kalian mungkin rusak; tidak disarankan Kalian mengisi daya ponsel saat bermain game atau streaming video.
  • Kalian mungkin memiliki malware atau adware di ponsel Kalian yang melakukan tugas tidak sah secara mandiri di latar belakang.

Yang paling mengkhawatirkan adalah kemungkinan terakhir. Apa yang Kalian lakukan jika menurut Kalian yang terburuk telah terjadi?

Ilustrasi Virus Hp

Apakah Ponsel Saya Memiliki Virus?

sebelum melakukan Cara Mengatasi Handphone Panas kalian wajib cek dulu apakah handphone kalian memiliki virus.Ada banyak cara untuk mengetahui apakah ponsel Kalian terkena virus. Jika tidak sering memanas, Kalian mungkin baik-baik saja. Namun, jika masalahnya konsisten dan terus-menerus, Kalian mungkin memiliki teman.

Periksa apakah Kalian memiliki cadangan data di sumber eksternal. Itu berarti tidak ada informasi Kalian yang hilang, tergantung pada seberapa baru cadangan itu; namun, pencadangan yang terlalu baru mungkin berarti malware juga dicadangkan!

Jika Kalian sudah berada di tengah-tengah keadaan darurat, berikut adalah beberapa langkah pertama kali yang wajib dilakukan.

Mode Aman untuk Android

  1. Jika ponsel kalian adalah perangkat Android, aktifkan Safe Mode; fitur ini mematikan semua aplikasi pihak ketiga. Untuk masuk kedalam Mode Safe, tekan dan tahan sidekey seperti Kalian me-restart telepon Kalian. Tekan dan tahan opsi Matikan di layar untuk menemukan perintah Safe Mode.
  2. Ponsel Kalian akan boot, dan, setelah bangun, Kalian akan menemukan semua perangkat lunak pihak ketiga di
  3. ponsel Kalian dinonaktifkan. Ini biasanya akan membuat ponsel cukup dapat digunakan untuk mendiagnosis masalah, setidaknya.
  4. Restart telepon Kalian lagi memungkinkan Kalian untuk mematikan Safe Mode saat Kalian tidak lagi membutuhkannya.
Baca Juga :   Cara Download Video di Pinterest (5 Langkah Mudah)

Periksa Unduhan dan Bersihkan Perangkat Kalian

Sudahkah Kalian mengunduh sesuatu yang tidak biasa selama beberapa hari atau minggu terakhir? Hindari mengunduh apa pun yang terlihat mencurigakan, bahkan jika disertifikasi “aman untuk digunakan” oleh toko aplikasi mana pun yang Kalian beli.

Kembali melalui riwayat toko aplikasi Kalian ke waktu ketika Kalian pertama kali melihat ponsel Kalian terlalu panas. Jika ponsel Kalian terkena virus, kemungkinan Kalianlah yang memberikan izin, bahkan secara tidak sengaja.

Jika Kalian menemukan aplikasi yang bisa menjadi penyebabnya, segera hapus instalannya dari perangkat Kalian.

Instal Alat Anti-Malware

Setiap perangkat harus memiliki perangkat lunak yang dirancang untuk melindunginya dari malware. Memindai ponsel Kalian untuk mencari penyusup secara teratur memastikan tidak ada yang lolos dari celah.

Jika Kalian menggunakan pemindai malware, langsung gunakan jika memungkinkan. Banyak smartphone datang dengan semacam pemindai virus langsung dari kotak. Ponsel Samsung Galaxy, misalnya, hadir dengan Samsung Smart Manager, lengkap dengan fungsi pemindaian perangkat yang dapat mengarahkan Kalian ke arah yang benar.

Sebagian besar waktu, setelah Kalian mengeluarkan perangkat Kalian dari apa pun yang mengganggunya, itu akan baik-baik saja untuk digunakan setelahnya. Skenario terburuk? Kalian perlu melakukan hard reset pabrik, atau, bahkan lebih untuk secara ajaib, Kalian bahkan tidak bisa mematikan atau menghidupkan kembali telepon sama sekali.

Cara Mengatasi Handphone Panas

Jika Kalian masih dapat menggunakan telepon, Kalian harus mematikannya segera setelah Kalian melihat ada yang tidak beres. Cabut stekernya jika sedang mengisi daya pada saat itu, keluarkan dari wadah pelindung, dan tempelkan di depan kipas angin atau di atas sekantong kacang polong beku sampai cukup dingin untuk dipegang lagi (dilindungi dengan Bungkus).

Baca Juga :   Cara Mengatasi Gmail Tidak Bisa Menerima Pesan

Setelah Temperaturnya Turun, restart dan turunkan kecerahan layar ke pengaturan terendah. cukup lakukan saja sampai semuanya kembali normal.

Awasi kinerjanya selama beberapa hari mendatang, perhatikan kapan Kalian merasakan panas yang berlebihan lagi.

Bagaimana Cara Mengatasi Handphone Panas /Overheating

  • Hanya unduh aplikasi dan file lain dari sumber tepercaya yang dapat Kalian verifikasi.
  • Merawat perangkat Kalian berarti mengetahui kemampuannya saat Kalian menggunakannya setiap hari; jika penggunaan Kalian tidak melewati ambang batas ini, kemungkinan Kalian akan memperpanjang usia ponsel secara signifikan.

Berikut adalah Cara Mengatasi Handphone Panas terbaik dari kami:

  • Cobalah untuk hanya menggunakan aksesori yang dibuat oleh produsen dan pengecer resmi.
  • Hindari menggunakan ponsel Kalian sebagai perangkat hiburan serba guna jika Kalian memainkan banyak game atau streaming banyak video berkualitas tinggi.
  • Berhati-hatilah terhadap aplikasi yang mencurigakan atau belum diverifikasi.
  • Hapus aplikasi dan file yang tidak Kalian gunakan atau butuhkan.
  • Jangan pernah mengklik iklan pop-up atau banner; mereka akan sering menjadi Trojan yang bertujuan untuk mempelajari detail pribadi Kalian.
  • Pantau kesehatan perangkat Kalian dengan bantuan aplikasi utilitas.
  • Awasi lonjakan penggunaan data atau indikator aktivitas tidak biasa lainnya di akun Kalian.
  • Jauhkan ponsel Kalian dari sinar matahari langsung dan jauhkan dari sumber panas ekstrem lainnya.
  • Menjaga Handphone Kalian tidak harus menjadi pekerjaan penuh waktu. Ketika keselamatan ada di pikiran Kalian, pilihan yang Kalian buat secara alami akan melindungi Kalian dari bencana.

Tentang Zhafira Diandra

SEO Professional, Author & Penulis yang telah berpengalaman di bidang Internet Marketing dan Teknologi selama 5 Tahun

Check Also

Gmail Tidak Bisa Menerima Pesan

Cara Mengatasi Gmail Tidak Bisa Menerima Pesan

Gmail Tidak Bisa Menerima Pesan – Gmail adalah sesuatu yang sebagian besar dari kita gunakan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *