Sejarah Uang

Sejarah Uang dari Zaman Barter Hingga Sekarang

Siapa di sini yang tidak tahu dengan alat tukar, alat transaksi dalam berniaga? Jawabnya ialah uang yang kita tentunya punya. Entahlah itu logam atau kertas.

Terus Apa ada orang yang tidak membutuhkan uang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya? Rasanya tidak ada ya, karena uang kita bisa bertransaksi untuk memenuhi kebutuhan hidup kita.

Fungsi Uang

Uang memiliki peranan penting dalam sejarah peradaban manusia dari masa ke masa. Kehadiran uang dulunya sebagai alat transaksi dengan cara barter atau tukar mengganti barang saja. Nach Kita dapat menyaksikan dari sudut pandang ilmu ekonomi mengenai fungsi uang yang terbagi jadi dua yakni :

– Fungsi Asli Uang

Sebagai alat tukar yaitu akan memudahkan masyarakat untuk mendapatkan satu barang atau jasa.
Sebagai alat ukur yang sanggup tentukan besaran nilai satu barang. Contonya penggaris yang hendak di beli budi sebesar Rp 3.000 memperlihatkan jika budi cukup memmbayar uang sebesar Rp 3.000 untuk penggaris.

– Fungsi Turunan Uang

  • Sebagai alat pembayaran, berlainan dengan uang sebagai alat tukar ya sahabat. Artinya saat uang dibayar tanpa ditukar dengan berbeda atau jasa seperti pajak.
  • Sebagai petunjuk harga ata penentuan harga, karena tiap harga itu berlainan ya dimulai dari makanan atau baju.
  • Alat pembayaran utang yang diguankan untuk melunasi utang piutang.
  • Alat penimbunanan kekayaan.

Sampai saat ini juga uang alami proses yang lumayan panjang dengan terbaginya tiga jenis uang, yakni uang kartal, uang giral dan uang kuasi. Lanjut pengertian uang dalam ilmu ekonomi adalah sebagai alat transaksi jual beli barang, jasa, atau kekayaan bernilai, sekalian alat pembayaran utang.

Sejarah Uang

Saat ini abad 20 an ini, uang bukan hanya berbentuk logam dan kertas saja. Tetapi didatangkan uang elektronik sampai uang digital. Lantas Bagaimana sejarah uang sampai dipandang seperti alat pembayaran yang syah oleh beberapa negara di dunia? Silahkan baca pembahasan artikel yang hendak sahabat pintargadget ulas berikut!

Masa Sebelum Kenal Barter

Pada watu itu, manusia tidak langsung mengenal transisi atau barter. Manusia akan memenuhi kebutuhan hidup dengan kekuatan sendiri yang tergantung pada alam sekitaran. contohnya memburu hewan dan makan buah-buah yang ada di rimba. Zaman ini manusia belum jadi makhluk sosial yang sama-sama membutuhkan seseorang untuk memenuhi keperluannya. Bahkan juga beberapa alat yang dipakai untuk memenuhi kebutuhan di buat sendiri dan di pakai sendiri. Di sini juga manusia bertindak selaku produsen dan sekalian customer.

Masa Barter

Ilustrasi Barter
source : 1.bp.blogspot.com

Seiring waktu berjalan, manusia mulai mengetahui jika semua kebutuhan tidak dapat disanggupi cukup dengan cari sendiri. Karena itu untuk mendapatkan barang atau jasa ynag dibutuhkan karena itu manusia pada zaman ini tukar dikenali dengan istilah barter.

Nach, asal mula uang berawal dari Barter. Barter sendiri sebagai sistem perdagangan yang berkembang di awal kehidupan manusia, di mana pemenuhan kebutuhan dilaksanakan dengan cara tukar mengganti barang dengan barang. Tetapi, tidak seluruhnya barang yang diharapkan dapat didapatkankna dengan cara barter, tetapi awalnya ada kesepatan sama orang lain berkenaan barang yang hendak di barter. Sampai muncul permasalahan barter yang tidak sesuai dengan, hingga manusia mendapatkan gagasan untuk menanganinya dengan membuat uang komoditas.

Uang Barang

Ilustrasi Uang Barang
source: slideshare.com

Kemudia pada masa prasejarah, mulai muncul alat tukar yang masih tetap dan gantikan tukar mengganti barang dengan barang. Alat tukar yang digunakan berbentuk kulit binatang, garam dan senjata yang dikenali dengan istilah uang barang.

Sepanjang beratus-ratus tahun, ke-3 benda itu dipakai untuk mengukur nilai beberapa barang yang dibutuhkan. Tetapi, ukuran itu berlainan di masing-masing wilayah. Perundingan yang sulit masih tetap dibutuhkan.

Pada akhir 1.100 SM, masyarakat Cina tak lagi memakai senjata sebagai alat tukar. Sebagai tukarnya, mereka memakai tiruan senjata dari perunggu, berbentuk miniatur. Alat tukar ini dirasakan lebih ringkas dan tidak beresiko, dibanding senjata sebenarnya.

Uang Logam

Ilustrasi Uang Logam
source : motorplus-online.com

Sampai di tahun 600 SM, raja Lydia Alyattes di Turki samping Barat, cetak uang resmi pertama. Uang koin itu dibuat dari electrum, kombinasi perak dan emas yang terjadi secara alami. Masing-masing koin dikasih cap gambar sebagai denominasi (pecahan mata uang) yang di keluarkan di wilayah itu dan bisa membantu meningkatkan perdagangan.

Karena suplai logam mulia (emas dan perak) sebagai bahan baku uang logam yang banyaknya mulai sangat terbatas dan transaksi dengan jumalah besar sangat susah dilaksanakan dengan uang logam. Pada akhirnya pembikinan uang kertas dilaksanakan menyaksikan kesusahan yang ditemui saat itu.

Uang Kertas

Uang Kertas
“Jiaozi” uang kertas pertama kali | source : kompas.com

Waktu terus berjalan yang sampai pada akhirnya muncul juga uang yang dibikin dari kertas. Beberapa sejarawan yakini uang kertas mulai dipakai pada di Cina di tahun 1000 Masehi. Beratus-ratus tahun berlalu, bangsa-bangsa Eropa baru mengenal jenis uang ini, itu juga sesudah Marco Polo bertandang Cina di tahun 1200.

Peredaran uang kertas ini segera di kontrol oleh Kaisar Cina. Tulisan pada prasasti Cina bukti ada penegasan akan ketentuan sistem pembayaran yang terlihat mengingatkan pemalsu uang dan hukuman berat yang di terima.

Sekitaran 1600-an, ei Eropa mulai dipakai yang kertas dalam catatan dari bank yang berisi nilai nominal. Catatan ini dapat dibawa ke bank setiap waktu dan ditukar dengan koin perak atau emas, sesuai nilai nominal yang tercantum pada kertas.

Catatan kertas ini dapat dipakai untuk membeli barang dan berlaku seperti mata uang saat ini. Waktu itu, catatan bank dikeluarkan oleh bank swasta dan bukanlah bank pemerintahan. Kertas catatan bank itu sebagai cikal akan uang kertas yang kita kenal sekarang ini.

Mucul Alat Tukar Non Tunai

Kartu Kredit
source : pointsgeek.id

Karena perubahan teknologi membuat alat tukar semakin canggih. Munculnya kartu kredit di tahun 1946 jadi alat pembayaran pengganti uang. Sistem transaksi ini dipelopori oleh institusi perbankan di Amerika Serikat, yaitu Flatbush National Bank of Brooklyn. Selanjutnya, kartu kredit dipakai nasabah bank untuk bertransaksi di beragam toko yang jadi nasabah.

Hadirnya Uang Elektronik

Uang Non Tunai
source : detik.net.id

Lanjut hadirnya uang elektronik memberi warna untuk sejarah uang dengan kedatangan bitcoin sebagai alat tukar baru di masa kekinian. Bitcoin pertama kali dibuat di tahun 2009 dengan seorang bernegara Jepang, Satoshi Nakamoto. Satu bitcoin saat ini sama dengan 8.000 dolar Amerika Serikat.

Ringkasan

Demikian info sekitar sejarah uang di dunia yang pantas kalian kenali. Mudah-mudahan dapat berguna dan menambahkan wacana. Perjalanan yang panjang, kan? Sesudah membaca penjelasan di atas, pasti dapat dimengerti kenapa peranan uang di kehidupan manusia demikian kuat.

Karena uang sendiri ialah asset yang sangat bernilai hingga harus dipakai dengan sebagus-baiknya. Tidak hanya untuk ditabung atau digunakan sebagai alat pembayaran, kalian dapat menginvestasikan uang untuk mendapat keuntungan yang semakin besar. Tetapi, janganlah lupa gunakan uang untuk membantu beberapa orang yang membutuhkan, ya!

Tentang David Bagaskara

SEO Professional, Author & Penulis yang berpengalaman di bidang Komputer dan Software selama 6 Tahun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *