Apa itu Bitcoin Bagaimana Cara Kerjanya

Apa Itu Bitcoin dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Halo Sobat Teknoadvisor! Apakah akhir-akhir ini kamu kerap mendengar istilah bitcoin? Sebetulnya apa itu Bitcoin? Bagaimana cara kerjanya? Aplikasi apa saja yang bisa menghasilkan bitcoin ini?

Nah, Kami kali ini akan mengulas lebih komplet berkenaan Apa itu bitcoin, cara kerja dan aplikasi yang bisa menghasilkan Bitcoin ini. Untuk itu, silahkan baca pembahasan selengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Bitcoin?

Ilustrasi Bitcoin
Source : tribunnewswiki.com

Bitcoin sebagai uang electronic yang sudah dibikin pada tahun 2009 yang lalu oleh Sathosi Nakamoto. Bitcoin ini sendiri disambungkan dengan software atau piranti lunak yang Sathosi rancang sendiri.

Yang membuat Sathosi Nakamoto ini makin kece adalah karena softwarenya di buat dengan menggunakan jaringan peer-ke-peer. Tujuannya adalah jaringannya tanpa penyimpanan terkonsentrasi atau biasa dikenali dengan administrasi tunggal.

United States Department of the Treasury atau Departemen Keuangan Amerika Serikat mengatakan jika Bitcoin sebagai mata uang yang terdesentralisasikan. Bitcoin ini tidak tergantung pada siapa penerbit intinya karena Bitcoin tidak seperti mata uang pada umumnya. Itu sepintas info tentang apa itu Bitcoin.

Seterusnya Teknoadvisor akan membahas sejarah, cara kerja dan bagaimana cara untuk membeli Bitcoin ini.untuk keterangan lebih komplet silahkan baca penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga :   Investasi Forex atau Bitcoin?

Sejarah Bitcoin

Sejarah Bitcoin
Source : coinsaya.com

Bitcoin pertama kalinya digambarkan pada tahun 1998 oleh Wei Dai yang mengatakan jika Bitcoin sebagai implikasi awal dari mata uang kripto atau disebutkan cryptocurrency.

Selanjutnya perusahaan itu membuat web dengan domain Bitcoin.org yang sduah terdaftar semenjak 18 Agustus 2008. Domain mereka di perlindungan oleh WhoisGuard. Kenapa? Karena ditujukan info yang ada yang mana berisi identitas pemakai bukan untuk konsumsi atau info public.

“Saya sudah kerjakan mekanisme keuangan electronic baru yang seutuhnya peer-to-peer, tanpa faksi ke-3 ,” yang hal itu dipublikasikan oleh Satoshi Nakamoto pada milis Kriptografi di metzdowd.com pada 31 Oktober 2008. Blok pertama Bitcoin dikeluarkan pada 3 Januari 2009 yang mana itu memiliki arti sebuah pernyataan, panduan atau sebagai pertanda.

Beberapa pemakai mata uang kripto ini benar-benar percaya bila hal yang dikatakannya sebagai pernyataan khusus dari Satoshi si pembikin Bitcoin ini sesaat sesudah ada informasi di media massa ‘The Times: Chancellor on brink of second bailout for banks’ yang di-launching pada tanggal yang sama.

8 Januari 2009 versi pertama dari aplikasi Bitcoin ini dipublikasikan di milis Kriptografi dan besoknya Block 1 ditambang dan penambangan langsung berjalan hari itu dan masih berjalan sampai ini hari.

Bahkan juga, di tahun 2021 ini lebih banyak warga yang ikut serta menggunakan piranti lunak punya mereka, membeli Bitcoinnya dan melakukan beberapa hal dengan aplikasi mereka. Benar-benar kesuksesan yang menakjubkan ya sahabat.

Baca Juga :   Cara Mudah Membuat / Daftar Akun Indodax Terbaru!

Cara Kerja Bitcoin

Bila barusan kita sudah mengulas apa itu Bitcoin dan sejarahya, waktunya kita masuk ke bagaimana cara kerja Bitcoin ini. Nach untuk penjelesan selanjutnya silahkan baca penjelasannya di bawah ini.

Bila kalian adalah pemakai baru pastilah hal pertama yang harus kalian lakukan adalah meng-install wallet Bitcoin di handphone atau computer kalian. Saat kalian sudah install dan membuka aplikasi ini, kalian akan automatis membuat alamat Bitcoin.

Alamat Bitcoin ini sama hal dengan alamat e-mail, kalian bisa share alamat Bitcoin kalian ke temanmu atau bahkan juga orang lain hingga bisa membuat symbiosis kualitasalisme yang mana mereka bisa bayar begitupun kebalikannya. Adapun hal yang harus kalian ketahui yakni lebih bagus bila alamat Bitcoin ini hanya digunakan sekali saja.

Bitcoin sendiri memiliki rantai- block atau yang biasa disebutkan blockchain yang mana rantai-blok ini sebagai catatan transaksi public tempat Bitcoin bertumpu jadi, bila kalian sudah melakukan transaksi karena itu saat sudah diverifikasi maka automatis disimpan di blackchain ini. dengan demikian wallet Bitcoin ini bisa hitung transaksi tersisa uang yang bisa dibelanjakan.

Cara Kerja Blockchain
source : teksnologi.com

Wallet Bitcoin disebutkan seed atau kunci individu yang mana manfaatnya untuk simpan data yang rahasia yang selanjutnya saat melakukan transaksi ditanda bereskan yang bermanfaat sebagai bukti jika transaksi yang dilakukan adalah betul oleh si pemilik wallet. Privat Keys adalah alat transaksi untuk transfer nilai antara wallet Bitcoin yang selanjutnya dimasukkan pada dalam blockchain.

Selanjutnya pertambangan sebuah mekanisme yang digunakan saat antrean transaksi akan diverifikasi dengan memasukkan ke blockchain. Tingkatan yang satu ini akan automatis membuat posisi mulai dari blockchain, membuat perlindungan netralitas jaringan dan memungkinkannya piranti lain untuk menyetujui mekanisme.

Transaksi dirangkai dalam block yang mana supaya bisa diverifikasi sesuai dengan aturan Supaya dapat diverifikasi sesuai dengan aturan cryptocurrency yang selanjutnya mekanisme akan mengonfirmasinya. Kamu pernah dengar istilah lotre? Ya, pertambangan ini kompetisinya serupa dengan lotre yang menahan tiap pemakainya menambahkan block yang baru secara berurut ke blockchain.

Baca Juga :   Aplikasi Trading Terbaik 2021 Yang Aman dan Teregulasi

Cara Membeli Bitcoin

Banyak simpatisan dari Bitcoin ini yang mengatakan dan percaya jika Bitcoin sebagai mata uang di masa depan kelak. Walau bank sentra dan pemerintah tidak memberikan dukungan ada Bitcoin ini sebagai mata uang digital yang bisa menjadi alat ganti dengan mata uang tradisionil. Tapi bukti menariknya banyak calon investor yang tertarik pada nilai ganti Bitcoin pada dollar yang mana mereka tertarik pada investasi mata uang.

IRS mengatakan semua mata uang digital akan dikenai pajak sebagai pajak property bukan mata uang pada Maret 2014 lalu. Kerugian atau keuntungan dari Bitcoin ini terhitung sebagai laba / rugi modal dan stok Bitcoin ini akan terhitung sebagai laba / rugi biasa. Seperti investasi yang lain, prinsip Bitcoin adalah beli rendah jual tinggi.

Bagaimana sahabat, apakah kamu tertarik untuk melakukan investasi dengan Bitcoin ini? bila tertarik kami akan memberikan daftar aplikasi Exchange Aset Kripto Bitcoin terbaik yang sudah berijin resmi Bappeti. Baca penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga :   Perbedaan Trading dan Investasi yang Sering Disalahartikan

Dua Aplikasi Exchange Aset Kripto Bitcoin

Indodax

Cara Daftar Akun Indodax
Image source : digstraksi.com

Indodax sebuah platform jual beli asset kripto terbesar yang ada di Indonesia. Indodax memiliki 4.289.938 anggota atau pemakai yang sudah terkonfirmasi. Di sini kalian bisa membeli asset kripto Bitcoin, Ripple, Ethereum dan asset yang lain yang terpercaya karena aman dan gampang dipakai.
Service yang Indodax siapkan salah satunya :

  • Jual beli asset kripto
  • Ongkos Trading dan Prosentase Penarikan 0%
  • Transaksi 24 Jam

Rekeningku

Rekeningku
source : bonsaikita.com

Aplikasi selanjutnya Rekeningku yang bisa melakukan Exchange Aset Kripto Bitcoin. Rekningku bisa dijangkau lewat aplikasi mobile di handphone dan situs situs. Ada satu feature menarik yang ada di rekeningku ini yakni Short-Selling yang bisa dipakai saat melakukan transaksi walau tidak memiliki saham.

Nah, itulah informasi-informasi berkenaan apa itu Bitcoin, cara kerja, cara membeli dan aplikasi yang bisa melakukan exchange asset kripto Bitcoin. Mudah-mudahan apa yang kami tulis di atas bisa menambahkan info kalian sekitar Bitcoin.

Baca Juga :   Apa itu Scalping? Strategi Trading 1 menit

Bagi ke rekan teman kamu bila artikel ini berguna dan membantu. Kebaikan Kalian jalan keluar untuk mereka. Kami menginginkan kritikan dan anjuran yang membuat untuk kesempurnaan artikel ini. Terima kasih mudah-mudahan bermanfaat.

Tentang Adjie Prasetyo

Seorang Trader, Entrepreneur dan Penulis yang senang berbagi segala hal mengenai Bisnis, Trading dan Teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *