Cara Hapus Database di phpMyAdmin Hosting

Cara hapus database di phpMyAdmin hosting bisa dilakukan dengan mudah. Artikel tutorial ini akan membahasnya secara lengkap.

phpMyAdmin merupakan aplikasi berbasis website yang bisa digunakan untuk mengatur dan mengakses database di dalam website itu sendiri.

Dengan aplikasi ini, kamu bisa membuat, mengedit, dan menghapus database website. Bahkan, kamu juga menangani administrasi MySQL atau sistem pengaturan database untuk mengelola database situs di phpMyAdmin. Berikut adalah cara menghapus database di phpMyAdmin.

Cara Hapus Database di phpMyAdmin

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu setelah menghapus database, kamu tidak akan bisa mengaksesnya kembali atau mengembalikannya.

Sehingga, kamu perlu memikirkan baik-baik sebelum menghapus database tersebut. Pertama, kamu perlu menentukan database yang ingin dihapus dan membuat cadangannya.

Dikutip dari laman Edureka, berikut ini adalah cara menghapus tabel database di phpMyAdmin:

1. Hapus Database dari Tab Operasi
Kamu bisa menghapus database melalui tab operasi. Berikut ini adalah cara menghapus semua database di phpMyAdmin:

  • Buka phpMyAdmin. Cari database yang ingin kamu hapus, kemudian buka database tersebut. Setelah itu, pergi ke tab ‘Operasi’ di sebelah atas. Scroll ke bawah hingga ke bagian ‘Hapus basis data’. Lalu, klik tulisan ‘Hapus basis data (DROP)’ yang berwarna merah.

  • Kemudian, nantinya akan muncul jendela konfirmasi. Klik ‘Oke’ jika kamu benar-benar yakin ingin menghapus database tersebut.

2. Menghapus Database Secara Terpisah
Jika kamu hanya ingin menghapus beberapa database saja, maka bisa ikuti cara menghapus isi tabel database di phpMyAdmin:

  • Klik database yang ingin dihapus, kemudian klik ‘Hapus’ pada data tersebut. Lakukan berulang kali hingga data yang kamu inginkan terhapus semua.

  • Kamu bisa centang data tersebut terlebih dahulu, kemudian menghapusnya secara bersamaan.

  • Setelah selesai di-centang, gulir ke bawah dan klik di samping tulisan ‘Pilih Semua’. Kemudian, pilih ‘Hapus’. Klik ‘OK’ ketika muncul jendela konfirmasi.

3. Cara Menghapus Database MySQL di phpMyAdmin
Kamu juga bisa menghapus database menggunakan kueri SQL seperti yang ditunjukkan pada tutorial berikut:

  • Klik pada database yang ingin kamu hapus, lalu klik tab ‘SQL’.
  • Ketik DROP DATABASE (nama database). Pada contoh ini, nama database adalah phpmyadmin, sehingga perintah SQL yang diketik adalah DROP DATABASE phpmyadmin. Setelah itu, klik tombol ‘Go’ dan perintah akan segera dijalankan.

Itulah tutorial cara menghapus database di phpMyAdmin hosting dengan mudah. Kamu bisa mempraktikkannya sendiri di laptop atau PC yang kamu gunakan.
Namun, jika kamu masih bingung dengan cara di atas dan mengalami kendala saat menghapus data, maka tidak ada salahnya meminta bantuan kepada teman atau ahlinya langsung.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.