Cara Mempercepat Internet Di Windows 10

Cara Mempercepat Internet Di Windows 10

Cara Mempercepat Internet Di Windows 10 – Halo sobat Tekno Advisor, Apakah kalian mengalami masalah dengan Koneksi Internet yang Lemot? wah tentu sangat mengesalkan bukan? .Koneksi internet Anda belum tentu menjadi alasan lambatnya kecepatan download dan upload. Ada kalanya PC Windows 10 Anda membatasi kecepatan Anda karena berbagai alasan. Hal baiknya adalah Anda dapat mengubah fitur pembatasan kecepatan tersebut dan mendapatkan kecepatan upload dan downloadnya yang lebih cepat di workstation Windows 10 Anda.

Anda dapat mengubah semua fitur tersebut sendiri tanpa bimbingan dari penyedia layanan Internet (ISP) Anda

Ubah Batas Bandwidth Di Windows 10

Cara Mempercepat Internet Di Windows 10 yang pertama ,Ini adalah fakta yang terkenal bahwa Windows 10 menetapkan jumlah khusus bandwidth Anda untuk mengunduh pembaruan untuk OS dan aplikasi Windows. Namun, jika terlalu banyak menggunakan bandwidth, Anda dapat menambahkan batas.

  1. Luncurkan aplikasi Pengaturan.
  2. Pilih Perbarui & Keamanan.
  3. Pilih opsi Lanjutan dari panel tengah
  4. Gulir ke bawah dan lanjutkan ke Pengoptimalan Pengiriman.
  5. Pilih Opsi lanjutan di bagian bawah.
  6. Anda akan menemukan penggeser untuk pengaturan Unduhan dan Unggah. Pada titik ini, Anda dapat menentukan volume bandwidth yang dapat digunakan Windows untuk tugas inti.

Matikan Program yang Menggunakan Bandwidth Terlalu Banyak

Cara Mempercepat Internet Di Windows 10 yang kedua Program tertentu menggunakan koneksi Internet Anda untuk mengunduh, mengunggah, dan menyinkronkan file. Untuk meningkatkan kecepatan upload dan download, Anda harus mematikan atau menonaktifkan aplikasi ini saat mengunduh atau mengunggah apa pun.

Baca Juga :   Cara Mengaktifkan Hibernate di Windows 10

Anda dapat menemukan program pembobol data ini di menu di komputer Windows 10 Anda.

  1. Pergi ke area Pengaturan.
  2. Pilih Jaringan & Internet.
  3. Pilih Penggunaan data melalui bilah sisi kiri.
  4. Pilih Lihat penggunaan per aplikasi di area sisi kanan.
  5. Anda akan menghadapi aplikasi Anda dan data yang diterapkannya. Temukan program yang menggunakan terlalu banyak data Anda dan nonaktifkan atau matikan program tersebut

Nonaktifkan Koneksi Terukur

Koneksi terukur2 memungkinkan Anda menentukan batas konsumsi data koneksi Internet Anda. Jika koneksi Anda saat ini mengaktifkan parameter ini, Anda harus menonaktifkannya untuk mendapatkan kecepatan unggah dan unduh yang lebih cepat.

  1. Buka Pengaturan di workstation Anda.
  2. Pilih parameter Jaringan & Internet.
  3. Pilih fitur Ubah properti koneksi.
  4. Gulir ke bawah hingga Anda menemukan koneksi Terukur. Alihkan sakelar untuk fitur ini ke posisi OFF.
    kecepatan unggah dan unduh – koneksi terukur mati

Koneksi internet Anda tidak lagi dibatasi.

Matikan Program Latar Belakang

Cara Mempercepat Internet Di Windows 10 Selanjutnya Banyak program yang running di latar belakang menggunakan koneksi Internet Anda. Akibatnya, Anda mendapatkan kecepatan unduh dan unggah yang lebih lambat.

Anda dapat menonaktifkan fitur aplikasi latar belakang di komputer Anda. Itu akan mencegah semua program Anda berfungsi di latar belakang.

  1. Buka aplikasi Pengaturan.
  2. Pilih fitur Privasi.
  3. Gulir ke bawah di bilah sisi kiri dan pilih Aplikasi latar belakang.
  4. Di area sisi kanan, alihkan fitur Biarkan aplikasi berjalan di latar belakang ke parameter OFF.
  5. Anda juga dapat memilih aplikasi terpisah untuk menghentikannya bekerja di latar belakang.

Singkirkan File Non Permanen

Sejumlah besar file sementara pada dasarnya dapat memperlambat kinerja workstation Anda. Ini dapat menurunkan kecepatan unggah dan unduh Anda. Anda dapat menghapus file sementara ini untuk mempercepat kecepatan unggah dan unduh Anda.

  1. Menghapus file-file sementara, bagaimanapun, tidak mempengaruhi bagaimana program Anda beroperasi.
  2. Masukan hotkey Windows + R untuk membuka Run.
  3. Tentukan yang berikut ini ke dalam kotak Run dan tekan Enter.
  4. Pilih semua file di folder temp, klik kanan salah satu file, dan pilih Hapus.
  5. kecepatan unggah dan unduh – hapus file sementara
  6. Klik kanan Recycle Bin di desktop Anda dan pilih Empty Recycle Bin.
Baca Juga :   Cara Mengaktifkan Hibernate di Windows 10

Pertimbangkan Menerapkan Program Pengelola Unduhan

Cara Mempercepat Internet Di Windows 10 Selanjutnya yaitu Sebagian besar metode umum untuk mengunduh dan mengunggah file didalam Windows 10 tidak cukup cepat. Ada metode yang lebih baik dan lebih cepat untuk mengunggah dan mengunduh file Anda.

Anda dapat merujuk ke bantuan pengelola unduhan alih-alih utilitas standar Anda untuk mengunduh file. Pengelola unduhan semacam itu menerapkan pengunduhan multi-utas yang meningkatkan kecepatan Anda.

Untuk mengunggah file, Anda dapat merujuk ke bantuan utilitas unggah yang dirender oleh layanan yang Anda unggah file. Ini terkadang memberikan kecepatan upload yang lebih bagus dibanding dengan pendekatan berbasis web.

Lihat Browser Web Lain

Jika browser web default Anda tidak mengunduh file dengan cukup cepat, Anda dapat pindah ke browser lain untuk meningkatkan unduhan Anda. Peramban tertentu tidak dioptimalkan untuk membuat Anda benar-benar menikmati kecepatan Internet Anda.

Jika Anda adalah pelanggan Chrome, Anda dapat merujuk ke Firefox dan memeriksa apakah itu membantu meningkatkan kecepatan dan kinerja umum Anda.

Singkirkan Virus & Malware Dari Perangkat Anda

Salah satu metode Cara Mempercepat Internet Di Windows 10 adalah dengan menjaga workstation Anda bebas dari ancaman dan malware. Berbagai ancaman dapat mengurangi kecepatan unduh dan unggah Anda.

Dapatkan software antivirus yang layak dan jalankan untuk memindai dan menghapus infeksi dan malware dari perangkat Anda.

Ubah Kata Sandi WiFi Anda

Bisa jadi ada yang aware kata sandi WiFi Anda dan mencuri koneksi Anda untuk mengunduh file atau mengalirkan data. Ini mengurangi bandwidth Internet Anda. Akibatnya, Anda akan menghadapi kecepatan unggah dan unduh yang lebih lambat.

Salah satu metode untuk mengeluarkan orang lain dari jaringan Anda adalah dengan mengubah kata sandi WiFi Anda. Tentu saja, jangan bagikan kata sandi dengan orang yang tidak Anda percayai.

  1. Lanjutkan ke halaman pengaturan untuk router Anda. Pada semua router populer, Anda dapat membuka halaman tersebut dengan memasukkan 192. 168 .1.1 di browser web Anda.
  2. Masuk ke router Anda sebagai administrator. Mayoritas router memiliki admin sebagai username dan kata sandi.
    Di menu pengaturan, pilih Pengaturan Nirkabel di bagian atas.
  3. Pilih Keamanan Nirkabel melalui bilah sisi kiri. Router Anda mungkin tidak memiliki fitur yang sama persis ini, tetapi bisa saja serupa.
  4. Di area sisi kanan, berikan kata sandi baru untuk jaringan WiFi Anda di bagian Kunci Keamanan.
  5. Pilih OK di bagian bawah untuk menyimpan amandemen Anda.
Baca Juga :   Cara Mengaktifkan Hibernate di Windows 10

Pertimbangkan untuk Meningkatkan Paket Internet Anda

Satu langkah terakhir yang dapat Anda lakukan Cara Mempercepat Internet Di Windows 10 yang lebih cepat terletak pada peningkatan paket Internet Anda saat ini. Paket data memiliki batas kecepatannya sendiri. Anda perlu mendapatkan paket yang lumayan cepat untuk kebutuhan Anda.

Mulai ulang router Anda setelah paket ditingkatkan. Anda kemudian dapat menikmati kecepatan unggah dan unduh yang lebih cepat.

Apakah Anda puas dengan kecepatan unduh dan unggah di perangkat Windows 10 Anda? Pernahkah Anda mengubah parameter apa pun untuk meningkatkan kecepatan Anda? Silakan bagikan pengalaman Anda di bagian komentar di bawah.

Tentang David Bagaskara

SEO Professional, Author & Penulis yang berpengalaman di bidang Komputer dan Software selama 6 Tahun

Check Also

Cara Hibernate Windows 10

Cara Mengaktifkan Hibernate di Windows 10

Cara Hibernate Windows 10  – Mode tidur mengurangi konsumsi daya komputer atau laptop Anda dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *