Cara Mengeringkan Ponsel

Cara Mengeringkan Ponsel Anda (Cara yang Benar!)

Cara Mengeringkan Ponsel – Itu bisa terjadi dalam sekejap. Apakah casing “tahan air” Anda bocor, badai petir yang tidak terduga muncul, atau Anda hanya merasa sedikit canggung di kamar mandi setelah beberapa margarita, terlalu mudah untuk berakhir dengan smartphone yang basah kuyup.

Kita semua akan berada di sana. Saya pribadi telah berhasil menenggelamkan dua smartphone dalam beberapa tahun terakhir: satu di ladang tulip di Belanda ketika langit terbuka, dan satu lagi di pesawat ketika saya menjatuhkan segelas air ke seluruh tubuh saya… dan di seluruh ponsel saya.

Ini adalah satu situasi di mana ada sedikit pengetahuan dan persiapan akan sangat membantu, baik Anda di dapur atau bepergian ribuan mil dari rumah. Kiat-kiat ini tidak akan menyelamatkan setiap ponsel, tetapi jika Anda beruntung, mereka mungkin akan menyelamatkan ponsel Anda. Inilah yang perlu Anda ketahui.

Keluarkan Ponsel Anda dari Air

Sederhana, bukan? Eww, tapi aku menjatuhkannya di toilet! Aku perlu memakai sarung tangan karet… Tidak. Sulit. Setiap detik paparan air mengurangi peluang ponsel untuk keluar hidup-hidup. Cuci tangan Anda sampai bersih nanti, tetapi untuk saat ini, prioritasnya adalah menjauhkan ponsel Anda dari air lagi.

Jika hujan, bungkus dengan bahan apa pun yang tidak akan membiarkan lebih banyak cairan: kantong plastik berfungsi dalam keadaan darurat. Dan, tentu saja, keluar dari hujan sesegera mungkin.

Matikan dan Mulai Hapus Hal

Cara Mengeringkan Ponsel Kasing, dan aksesori lainnya, harus disingkirkan secepatnya. Sama seperti di ruang gawat darurat ketika pakaian Anda terpotong alih-alih dilepas dengan hati-hati, detik itu penting.

Jika dicolokkan saat air tumpah di atasnya, matikan dengan hati-hati di dinding dan cabut steker dari stopkontak. Air dan listrik tidak bercampur.

Jika telepon tidak mati secara otomatis, matikan sekarang. Keluarkan kartu SIM, kartu microSD jika ada, dan baterai jika bisa. Ini semua bisa menjebak air di dalam telepon, belum lagi rusak sendiri.

Keringkan Dengan Handuk Bebas Serat

Saatnya memanjakan bagian teknologi yang baru saja Anda penyalahgunaan ini. Jika Anda memakai kacamata atau memiliki DSLR, Anda mungkin memiliki handuk yang tidak berbulu. Jika tidak, handuk kertas atau waslap harus digunakan.

Buang air sebanyak mungkin. Bagian depan dan belakang telepon harus benar-benar kering pada saat Anda selesai. Pastikan untuk memasukkan kain ke dalam port pengisian daya, jack headphone, slot SIM, dan setiap sudut dan celah lain yang dapat Anda temukan.

Semakin banyak air yang bisa Anda keluarkan sendiri, semakin baik. Luangkan waktu Anda dengan ini: ini penting.

Temukan Hal untuk Membantu Mengeringkan Ponsel Anda

Cara Mengeringkan Ponsel Selanjutnya Sekarang Anda telah menyingkirkan air permukaan, saatnya untuk melakukan apa yang Anda bisa tentang cairan di dalam ponsel Anda. Saya telah mencantumkan tiga opsi di sini, tergantung pada seberapa baik Anda telah merencanakan dan di mana Anda berada saat bencana terjadi.

Perhatikan bahwa pendekatan apa saja yang kamu ambil, jangan mencoba menggunakan panas tinggi untuk mempercepat prosesnya. Anda akan lebih merusak ponsel Anda jika Anda meletakkannya di atas radiator selama berjam-jam, atau mencoba meniupkan udara panas melaluinya dengan pengering rambut atau pemanas kipas.

Opsi A: Metode “Perangkat Darurat” Kit

Ada beberapa opsi kit premade di Amazon, termasuk versi Nine Lives ini. Semuanya bekerja dengan cara yang sama: Anda memasukkan ponsel ke dalam, menutup bagian atasnya, meninggalkannya setidaknya selama 24 jam, dan berdoa dengan sungguh-sungguh kepada dewa-dewa terdekat.

Kit menggunakan pengering untuk menyerap kelembapan dan mengurangi kelembapan. Anda tahu tas kecil dalam kemasan makanan dan elektronik yang bertuliskan ‘JANGAN MAKAN’? Ini adalah hal yang sama.

Menyimpan salah satu perlengkapan ini di belakang lemari dapat menghemat ratusan dolar untuk membeli ponsel baru, tetapi jika Anda bepergian, ingatlah bahwa Anda tidak akan mudah menemukan barang semacam ini saat backpacking di seluruh Asia.

Jika Anda menabrak jalan, bantulah diri Anda sendiri dan ambil satu sebelum Anda pergi. Anggap saja sebagai kotak P3K untuk teknologi Anda jika Anda perlu membenarkan beban ekstra yang sangat kecil di tas Anda.

Sayangnya Anda tidak dapat menipu dengan menggunakan kantong kecil pengering yang telah Anda kumpulkan dari kotak Amazon Anda. Manik-manik penyerap air itu adalah kesepakatan sekali pakai: begitu digunakan, pada dasarnya tidak berharga. Meskipun secara teoritis mungkin untuk mengaktifkannya kembali dengan memanggangnya dalam oven bersuhu rendah selama beberapa jam, Anda membutuhkan banyak dari mereka dan tidak mungkin sepadan dengan usaha.

Kit ini sejauh ini merupakan cara terbaik untuk mengeringkan ponsel Anda, tetapi tentu saja, ini bergantung pada kesiapan Anda untuk membelinya terlebih dahulu. Jika Anda tidak melakukannya, baca terus.

Opsi B: Metode “Smartphone Beras” Lama

Memasukkan ponsel Anda ke dalam semangkuk nasi mentah adalah cara yang terkenal untuk mencoba mengeringkannya. Ini tidak ideal, tetapi jika Anda bepergian atau tidak memiliki akses ke kit darurat yang disebutkan di atas, itu tentu lebih baik daripada tidak melakukan apa-apa.

Yang mengatakan, beberapa detail kecil membuat perbedaan besar dalam seberapa baik pendekatan ini akan bekerja.

  1. Pastikan ponsel Anda dimatikan, dibongkar sebanyak mungkin, dan benar-benar kering di bagian luar dan di port pengisian daya.
  2. Jika Anda memiliki wadah dengan penutup, gunakanlah. Isi dengan nasi mentah yang cukup untuk benar-benar mengelilingi telepon di semua sisi.
  3. Jika Anda telah melepas baterai atau komponen lain, masukkan juga ke dalam nasi.
  4. Letakkan beras dan telepon di bawah lampu meja atau sumber panas ringan serupa untuk mendorong proses penguapan.
  5. Berikan selama Anda bisa. Idealnya Anda ingin memberikannya 48 jam atau lebih, tetapi setidaknya biarkan semalaman jika Anda bisa. Sementara beberapa ponsel tidak akan dihidupkan kembali tidak peduli berapa lama mereka duduk di dalam nasi, semakin lama semakin baik.
  6. Sebelum memasang kembali, periksa dengan seksama untuk memastikan tidak ada butiran beras yang tertinggal di dalam telepon. Periksa soket headphone dan port pengisian daya secara khusus. Tusuk gigi atau sepotong kayu adalah alat yang paling mudah dan paling tersedia.

Opsi C: Metode “Udara keluar”

Cara Mengeringkan Ponsel Katakanlah toko kelontong tutup atau Anda berada di antah berantah, dan bahkan sekantong beras tidak mungkin didapat. Lalu bagaimana?

Lihatlah ke sekeliling area untuk mencari tempat dengan pergerakan udara. Mudah-mudahan Anda berada di dalam ruangan sekarang, atau di tempat lain di mana ada sedikit kemungkinan ponsel menjadi basah. Tujuan utama Anda saat ini adalah penguapan cairan apa pun yang masih ada di dalamnya.

Kipas angin sangat ideal, tetapi bahkan laptop, kotak kabel, atau TV memiliki beberapa ventilasi pembuangan. Anda tidak benar-benar ingin udara kotor berhembus ke ponsel Anda, jadi bersihkan ventilasi dengan cepat untuk menghilangkan debu dan kotoran yang terlihat jelas.

Pastikan ponsel diletakkan miring: air harus mengalir keluar dari perangkat, tidak menggenang di dalamnya. Letakkan handuk kertas atau serbet di bawahnya untuk menyerap air yang keluar.

Semakin lama bisa mengudara, semakin baik. Sekali lagi, setidaknya berikan semalaman, dengan satu atau dua hari jauh lebih baik jika Anda bisa.

Tentang David Bagaskara

SEO Professional, Author & Penulis yang berpengalaman di bidang Komputer dan Software selama 6 Tahun

Check Also

Aero Whatsapp 8.11 Apk

Download Aplikasi Aero Whatsapp 8.11 Apk Versi Terbaru

Aero Whatsapp 8.11 Apk – Halo sobat Tekno advisor, pasti di jaman sehebat saat ini …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *