Apa itu Vpn

Apa Itu VPN ? Manfaat dan Hal yang Perlu Kamu Ketahui

Apa itu VPN – Halo Sobat Tekno Advisor Pasti kalian tak asing lagi mendengar VPN bukan? nah di artikel ini kita akan membahas Apa itu VPN.

VPN adalah salah satu alat terpenting yang digunakan untuk mengamankan data pribadi kamu dan memproteksi secara online privasi kamu.

APA ITU VPN?

Virtual Private Network (VPN) yaitu jaringan yang memungkinkan kamu untuk tersambung ke internet secara pribadi. Ini menyediakan koneksi jaringan yang aman dan pribadi melalui internet publik.

Layanan VPN teratas memungkinkan Anda melewati sensor, pemblokiran konten, dan pembatasan situs web serta menyembunyikan IP Addres mu saat kamu menggunakan internet dan melindungi data pribadi Anda.

VPN menyembunyikan IP Addres mu dan lokasi fisik Anda sambil meng-enkripsi traffic internet Anda agar Anda tetap anonim sehingga tidak ada yang tahu siapa Anda, di mana Anda berada, atau apa yang Anda lakukan online.

BAGAIMANA MENGGUNAKAN VPN? PANDUAN CEPAT

Nah Setelah Mengetahui Apa itu VPN anda juga harus tau Cara menggunakan aplikasi VPN untuk mengenkripsi data Anda secara instan dan menyembunyikan alamat IP Anda:

  1. Unduh dan instal AVG Secure VPN.
  2. Buka aplikasi VPN di Seluler atau komputer Anda.
  3. Pilih server VPN dan sambungkan.

BAGAIMANA CARA KERJA VPN?

  1. VPN tidak hanya untuk desktop atau laptop — Anda juga dapat mengatur VPN di iPhone, iPad, atau ponsel Android Anda.
  2. VPN bekerja dengan menyembunyikan IP Addres mu dan mengamankan data Anda, mencegah orang lain mencegatnya.

Ini menggunakan protokol enkripsi untuk menyalurkan semua lalu lintas internet Anda melalui terowongan terenkripsi — jaringan pribadi virtual — antara komputer mu dengan server VPN jarak jauh. Selain itu, koneksi VPN meningkatkan keamanan dan privasi Anda secara online.

Jika Anda tidak menggunakan VPN, seluruh traffic internet kamu berpotensi terpapar ke ISP/penyedia layanan internet, pemerintah, pengiklan, ataupun orang lain di jaringan Anda.

APA YANG DILAKUKAN VPN?

Nah Setelah Mengetahui Apa itu VPN anda juga harus tau Ada banyak manfaat menggunakan VPN.

Virtual Private Network memungkinkan Anda:

  • Lewati sensor internet. Koneksi VPN dapat membantu Anda mengatasi blokir sensor dengan cara yang sama seperti menghindari pemblokiran geografis konten dan pembatasan situs web.
  • Mengatasi blok konten regional.
  • Amankan data Anda melalui jaringan Wi-Fi publik. Wi-Fi publik gratis sering kali disertai dengan hilangnya keamanan. Menjadi mudah bagi seorang peretas untuk duduk di jaringan Wi-Fi publik dan mencegat semua lalu lintas yang mengalir di atasnya.
  • Akses website yang diblokir. Situs web tertentu diblokir dalam skenario atau lokasi tertentu — seperti saat Anda berada di sekolah atau di tempat kerja. Virtual Private Network membantu Anda mengatasi blok konten sehingga Anda dapat mengakses website yang diblokir.
  • Mencegah diskriminasi harga. Anda dapat melawan diskriminasi harga berbasis lokasi dengan menggunakan jaringan pribadi virtual untuk memberi Anda alamat IP di bagian lain dunia.
  • Mencegah pelacakan ISP. Tanpa VPN, penyedia layanan internet / ISP  kamu bisa melacak semua aktivitas online mu
  • VPN juga memungkinkan Anda mengakses internet yang lebih bebas dengan memungkinkan Anda memilih lokasi Anda secara global. VPN bersifat serbaguna, Ini dapat memberikan kombinasi keamanan dan fleksibilitas ini.

APA ITU ENKRIPSI VPN?

Enkripsi Virtual Private Network adalah proses menggunakan enkripsi data (protokol enkripsi) untuk membuat terowongan yang aman untuk dilalui data Anda. Hanya perangkat Anda dan server VPN yang Anda gunakan yang dapat mengenkripsi dan mendekripsi, atau mengacak, data Anda. Jika ada yang memeriksa koneksi VPN Anda, mereka akan melihat data yang diacak.

Ada tingkat enkripsi tertentu yang telah dipakai oleh bank dan pemerintah di seluruh dunia — serta oleh AVG Secure VPN yang sangat aman. Sebagian besar Virtual Private Network menggunakan algoritma 256 bit Advanced Encryption Standard / AES pada bisnis yang membutuhkan keamanan ekstrim.

APA ITU PROTOKOL VPN?

Protokol VPN adalah kombinasi dari metode enkripsi dan protokol transmisi. Anda dapat mengubah protokol VPN di pengaturan aplikasi VPN Anda.

Protokol VPN adalah seperangkat aturan atau instruksi yang membuat koneksi antara device/perangkat Anda dan server proxy VPN.

MENGAPA PRIVASI ONLINE SANGAT PENTING?

Informasi Pribadi cenderung bersifat pribadi. Tanpa perlindungan privasi, Anda mungkin mengekspos diri Anda untuk pencurian identitas dan kejahatan dunia maya lainnya yang sangat umum saat ini.

Internet sekarang banyak dipakai di seluruh belahan dunia. Karena semakin banyak orang mulai menggunakan perangkat pintar, mereka berisiko mengekspos data pribadi yang intim secara online. Dan dengan ISP yang melacak, menyimpan, dan menjual riwayat penelusuran, kebiasaan, dan perilaku pelanggan mereka, penting untuk mengunci data pribadi Anda.

APAKAH VPN AMAN?

Setelah Mengetahui Apa itu VPN anda juga harus tau Tidak ada keraguan bahwa layanan VPN seaman protokolnya. Layanan VPN seaman protokolnya. Ada banyak jenis jenisnya yang kini dipercaya oleh bank dan pemerintah di seluruh dunia untuk mengamankan datanya.

VPN tidak sama dengan alat antivirus. Meskipun mengamankan koneksi internet Anda, Virtual Private Network tidak dirancang untuk mendeteksi, memblokir, atau menghapus malware. Anda tidak boleh berencana menggunakan VPN untuk melindungi dari virus, ransomware, spyware, atau serangan phishing.

Untuk perlindungan optimal terhadap berbagai ancaman internet, gabungkan VPN Anda dengan solusi antivirus gratis dan komprehensif yang dapat mendeteksi dan memblokir malware, serangan phishing, dan ancaman lainnya secara real time.

Gunakan VPN biar tetap aman di jaringan Wi-Fi publik

Setelah Mengetahui Apa itu VPN anda juga harus tauPenting untuk memahami bahaya menggunakan jaringan publik dan mengambil tindakan yang tepat untuk melindungi diri Anda dan informasi sensitif Anda. Sebaiknya hindari Wi-Fi publik kecuali Anda benar-benar harus menggunakannya.

Namun, mengingat Virtual Private Network ini memang melindungi Anda di Wi-Fi publik, Anda harus selalu menggunakannya saat jauh dari jaringan yang aman!

VPN seperti Surfshark memastikan enkripsi AES 256 GCM tingkat tinggi untuk semua aktivitas Anda. Surfshark juga adalah salah dari satu cara yang paling mudah diakses untuk tetap aman di Wi-Fi publik. Terjangkau, mudah dipasang, dan Anda tidak memerlukan pengetahuan teknis apa pun untuk menggunakannya, jadi ini adalah cara sempurna untuk melindungi data Anda dan mendapatkan ketenangan pikiran ekstra saat menggunakan jaringan publik.

Cara untuk tetap aman menggunakan Wi-Fi publik

Selain menggunakanya , ada beberapa trik sederhana lainnya yang dapat Anda gunakan untuk tetap aman di koneksi Wi-Fi publik:

  • Nonaktifkan berbagi file – Perangkat apa pun yang Anda gunakan, akan ada opsi untuk menonaktifkan berbagi file. Memilih ini, dan menghindari AirDrop di iOS atau berbagi printer, akan memblokir kemungkinan rute yang dapat digunakan peretas untuk mencuri data sensitif dan informasi pribadi Anda.
  • Nonaktifkan koneksi otomatis Wi-Fi – Terkadang, peretas akan menggunakan jaringan palsu dengan jaringan tepercaya nama nya. Jika Anda menonaktifkan koneksi otomatis di perangkat Anda, Anda tidak akan terhubung secara otomatis ke jaringan palsu apa pun.
  • Hindari menggunakan detail login – Jika Anda tidak menggunakan VPN, hindari login ke akun online Anda dan masukkan kata sandi saat menggunakan jaringan publik. Ini termasuk menggunakan kata sandi untuk perbankan online, akun email, media sosial, dan banyak lagi.

Tentang Zhafira Diandra

SEO Professional, Author & Penulis yang telah berpengalaman di bidang Internet Marketing dan Teknologi selama 5 Tahun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *