BLT Senilai Rp 4,4 juta Siap Untuk Anak Sekolah

BLT Senilai Rp 4,4 juta Siap Untuk Anak Sekolah, ini detail dan ketentuan mencairkannya

PERHATIAN!

Agar benar-benar paham dan tidak terjadi pertanyaan berulang, Bacalah artikel ini Secara cermat & pelan-pelan. Bpk/ibu juga bisa Cek status jenis Βansos lain nya di bawah

Kabar gembira hadir menghampiri masyarakat Indonesia saat ini. Pada tahun 2021, pemerintah telah merancang bantuan khusus kepada masyarakat guna mensejahterakan rakyat. Pemerintah memberikan dukungan sosial kepada anak sekolah tahun ini, pada tahun 2021 melalui Kementerian Sosial (Kemensos).

Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang diserahkan kepada anak-anak sekolah diberi oleh Program Keluarga Harapan (PKH) dengan total tahunan sejumlah Rp 4,4 juta. Terhitung mulai 2021, idenya, PKH BLT akan dibagi tiap 3 bulan sekali dalam empat tahapan yakni Januari, April, Juli, dan Oktober.

Berdasar laporan dari situs Kementerian Sosial, pemerintahan menarget akan salurkan BLT PKH ke 10 juta keluarga yang menerima faedah. Perincian uang yang diterima anak-anak sekolah dasar itu /bulan ialah sebesar Rp. 900.000 atau Rp. 75.000.

Seterusnya, untuk pelajar SMP/MTs/ sederajat, Rp1,lima juta /tahun, atau Rp125.000 /bulan. Paling akhir, untuk tingkatan SMA/MA/sederajat, keseluruhan nilainya Rp dua juta /tahun dan Rp 166.000 /bulan.

“Diharapkan melalui bantuan ini, keluarga penerima manfaat dapat memiliki akses pendidikan yang lebih baik,” tutur Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Bantuan diberikan melalui bank yang ditunjuk pemerintah, yakni melalui BRI, Mandili, BNI, dan BTN. Namun, penerima BLT harus memenuhi beberapa persyaratan sebelum menerima BLT. Adapun beberapa ketentuan yang wajib kalian ketahui adalah, sebagai berikut.

Pertama, orangtua harus mempunyai Kartu Indonesia Pandai (KIP) untuk mendapatkan BLT untuk anak sekolah.

Yang menerima KIP harus mendaftarkan di instansi resmi di tempat (SD/SMP/SMA/SMK) dan tidak resmi (PKBM/SKB/LKP).

Yang menerima KIP harus juga tercatat di instansi Data Dasar Pengajaran (Dapodik), karena itu orangtua bisa mendaftarkan lebih dulu.

Untuk keluarga yang tidak mempunyai KIP masih tetap memiliki hak terima BLT dengan lakukan registrasi di instansi pendidikan paling dekat dengan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Selain itu, bagi siswa yang tidak memiliki KKS, orang tua dapat meminta Surat Keterangan Disabilitas (SKTM) dari masing-masing Kelurahan dari RT/RW sebagai syarat untuk mendaftar di suatu lembaga.

Untuk informasi lebih lanjut dapat mengecek status BLT anak sekolah melalui di SiPintar https://pip.kemdikbud.go.id

Baca Juga : Cara Daftar Βansos PPKM Darurat Senilai 600 Rb

Pendidikan BLT diadakan dengan bekerja bersama dengan Kementerian Sosial, Kementerian pendidikan, dan Kementerian Agama. Paling akhir, untuk tingkatan SMA/MA/sederajat mendapatkan bantuan dengan keseluruhan nilainya yaitu dua juta /tahun dan Rp 166.000 /bulan.

“Dukungan ini diharapkan bisa memberinya pengajaran yang lebih bagus untuk keluarga yang menerima faedah,” papar Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Baca Juga : Cara Registrasi/Daftar Βantuan Dana Anak Sekolah 4,4 Juta

Bantuan itu dengan sengaja diselenggarakan oleh Pemerintahan Indonesia buat mengingat kondisi yang tidak memungkinkan sekarang ini.maka dari itu jadikan kesempatan ke kita untuk memanfaat dengan sebagus mungkin untuk keperluan yang paling dibutuhkan. Janganlah lupa selalu untuk mengucapkan sukur dan mengucapkan terima kasih.

Baca Juga : Berita Βansos Lain Nya

#Jangan Lupa Bagikan ke keluarga, teman dan sahabat kalian. Kebaikan anda solusi bagi mereka. Kami juga mengharapkan kritik dan saran yang membangun demi kebaikan bersama. Terimakasih semoga berita ini dapat membantu bpk/ibu semua 🙂

Tentang David Bagaskara

SEO Professional, Author & Penulis yang berpengalaman di bidang Komputer dan Software selama 6 Tahun

Check Also

BLT Ibu Hamil dan Anak Sekolah

Yuk Lapor ke Sini jika Belum Terima BLT Ibu Hamil dan Anak Sekolah

BLT Ibu Hamil dan Anak Sekolah – Pemerintah sudah mengucurkan bantuan sosial (bansos) terhadap masyarakat …

2 comments

  1. Ada yg tdk tpt

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *