Perbedaan iPhone 6 dan 6s

Perbedaan iPhone 6 dan 6s yang Harus Kamu Ketahui

Perbedaan iPhone 6 dan 6s – Halo sobat Tekno Advisor, tahun 2021 ini merupakan tahun terakhir Apple memberika update kepada series iPhone 6 mereka. Memang sudah sangat lama series iPhone 6 ini lahir di dunia, tapi di Indonesia masih banyak yang memakainya.

Series iPhone 6 memang masih banyak yang memakainya dan masih banyak pula orang yang mencari HP ini. Apalagi saat ini iPhone 6 series sudah sangat murah dengan harga 1 jutaan hingga 2,5 jutaan kalian sudah bisa menggunakan HP dari Apple.

Pada zamannya iPhone 6 ini merupakan hp dari apple yang sangat canggih bagaimana tidak teknologi 3D touch baru di sematkan di iPhone 6s, lalu desain yang membulat tidak seperti iphone 5 yang frame mengkotak, menjadikan iphone 6 ini memiliki desain yang elegan dan mewah.

Tapi series iPhone 6 ini cukup sulit untuk membedakan mana yang iPhone 6 mana yang iPhone 6s, yah kalo dilihat sekilas memang hampir tidak ada perdaannya. Maka dari itu kami akan memberikan perbedaan iphone 6 dan 6s.

Baca Juga :   iPhone X vs Xr – Mana yang lebih Worth it di tahun 2021

Jika kalian hanya dilihat dari desainnya saja iphone 6 dan 6s ini seperti tidak ada perbedaanya dengan ukuran yang sama – sama kecil di tangan dan bagian belakang yang sama – sama berbahan metal.

Perbedaan iPhone 6 dan 6s yang Hampir tak Terlihat

Bagi kalian yang penasaran apa perbedaan iphone 6 dan 6s kalian bisa membaca ulasan kami ini.

1. Desain dan Bodi iPhone

iphone 6 dan 6s

Perbedaan iPhone 6 dan 6s sekilas mungkin di bagian dimensi dan bobot kedua HP ini tidak ada bedanya. Namun  jika kalian memperhatikan dengan cukup detail dan mungkin membaca spesifikasi kedua hp ini di internet mungkin kalian akan menemukan beberapa perbedaan di bagian ini.

Pada bagian demensi iPhone 6 memiliki ukuran 138.1 x 67 x 6.9 mm, dan untuk iPhone 6s memiliki ukuran yang sedikit lebih besar 138.3 x 67.1 x7.1 mm. Ternyata untuk beratpun kedua hp ini berbeda walau perbedaannya kecil yaitu untuk berat iphone 6 di 129 gr dan untuk iphone 6s ada di 143 gr.

Baca Juga :   iPhone 13 Pro - Review, Speksifikasi Dan Harga

Perbedaan iphone 6 dan 6s bukannya hanya soal ukuran bodi saja tapi ada pada varian warna yang di luncurkan Apple. Pilihan warna untuk iphone 6 ada tiga yaitu Space Grey, Silver dan Gold, untuk iphone 6s hadir dengan tambahan warna baru yang di luncurkan Apple yaitu Rose Gold, menjadikan iphone 6s memiliki varian warna Space Grey, Silver, Gold dan Rose Gold.

Selain deminsi bodi dan varian warna, secara fisik perbedaan iphone 6 dan 6s tidak memiliki perbedaan. Kedua hp ini sudah memakai layar IPS Capacitive Touchscreen 16 juta warna dengan ukuran 4.7 inci. Dengan bodi yang kecil dan layar yang juga kecil hp ini memang tidak cocok bagi kalian yang memiliki tangan besar.

Dibagian bodi ini juga kalian harus lebih berhati – hati saat ingin membeli iphone 6 atau 6s, karena jika di lihat dengan seklian kedua hp ini tidak ada bedanya sama sekali.

2. Performa

Perbedaan iphone 6 dan 6s dari bagian prosesor lah menjadi perbedaan yang terlihat bagaimana tidak iphone 6 di tenagai dengan chipset Apple A8 Dual-Core 1.4GHz Typhoon  64 bit. Sementara untuk iphone 6s lebih unggul karena di tenagai oleh chipset Apple A9 Dual-Core 1.84Ghz Twister 64 bit.

Bukan hanya CPU saja yang menjadi perbedaan tapi dari segi Graphic Processing Unit atau GPU karena iphone 6 memiliki GPU PowerVR GX6450 (Quad Core Graphics) dan iphone 6s memiliki GPU PowerVR GT600 (Six Core Graphics). Di atas kertas iphone 6s memiliki performa yang lebih unggul dengan adiknya yaitu iphone 6.

Baca Juga :   Harga iPhone 13 Lengkap Dengan Spesifikasinya

Perbedaan iphone 6 dan 6s bukan hanya dari CPU dan GPU tetapi juga dengan kapasitas RAM dan memori internal. Iphone 6 di bekali RAM 1GB dan memori internal 16GB, 32GB dan 64GB sementara dengan iphone 6s di bekali RAM sebesar 2GB dan memori internal sebesar 32GB dan 128GB.

Bagian yang tidak kalah penting yaitu sistem operasi atau OS, karena iphone 6 di luncurkan dengan menggunakan iOS 8 dan mendapatkan update terakhir di iOS 12 sedangkan untuk iphone 6s sudah menggunakan iOS 9 semenjak lahir dan update terakhir di iOS 12 juga.

Untuk kapasitas beterai iphone 6 sebesar 1810mAh sedangkan di iphone 6s sedikit lebih kecil dengan 1715mAh. Memang ukuran baterai di iphone 6 dan 6s sangat kecil karena pada zaman itu teknologi baterai belum secanggih sekarang.

Kalian harus benar – benar memperhatikan bagian performa ini jika kalian ingin membeli iphone 6 atau 6s. Karena iphone 6 dan 6s sudah tidak mendapatkan update lagi dari Apple menjadikannya beberapa aplikasi yang ada di Appstore tidak dapat di gunakan.

3. Kamera

Perbedaan iphone 6 dan 6s yang lain adalah kualitas kameranya baik kamera belakang maupun kamera depan. Iphone 6 memiliki kamera belakang dengan resolusi 8MP, f/2.2, Flash True Tone, HDR untuk foto, kamera belakang ini mampu merekan hingga 1080p@60fps, serta slo-mo 120fps atau 240fps. Untuk kamera depan memiliki resolusi 1.2MP, f/2.2 HDR untuk foto dan perekaman 720p@30fps.

Sementara itu untuk iphone 6s memiliki kamera belakang dengan resolusi 12MP, f/2.2, Flash True Tone, HDR untuk foto, kamera ini sanggup merekam hingga 4K@25fps atau 1080p@60fps, serta slo-mo 1080p@120fps atau 720p@240fps. Kamera depan dari iphone 6s memiliki resolusi 5MP, f/2.2, Retina Flash, HDR untuk foto dan peremakan di 720p@30fps.

Baca Juga :   Review Perbedaan iPhone 13, 13 Mini, 13 Pro & 13 Pro Max

Perbedaan iphone 6 dan 6s ini memang menjadi pertimbangan kalian yang sering menggunakan kamera di hp. Dari fitur pun ada perbedaan dimana iphone 6s memiliki Live Photos sedangkan di iphone 6 tidak ada. Seperti yang kalian ketehui fitur Live Photos dimana kalian dapat menyimpan beberapa foto sebagai gambar bergerak (gif) dan memiliki suara.

4. Fitur Tambahan

Seperi yang sudah di singgung diawal bahwa perbedaan iphone 6 dan 6s ada di 3D Touch. 3D Touch ini awalnya digunakan di Apple Watch da akhirnya Apple mengapliksan fitur ini di iphone 6s, ya fitur ini di gunakan mulai dari iphone 6s otomatis iphone 6 tidak memiliki 3D touch.

Dari konektivitas iphone 6s lebih unggul karena memiliki dukungan jaringan internet lebih cepat dengan menggunakan teknologi LTE yang lebih Advcane yang support di Band 23 LTE. Iphone 6s bukannya hanya cepat di jaringan LTE tetapi dengan menggunakan koneksi Wi-Fi juga, bisa dua kali lebih cepat di bandingkan dengan iphone 6. Ini bisa terjadi karena memang chipset yang di gunakan di iphone 6s lebih cepat 70% dari iphone 6, bahkan Apple saat itu mengklaim bawah chipset Apple A9 itu sejajar dengan chipset komputer saat itu.

5. Harga

Iphone 6 dan 6s saat ini sudah tidak ada lagi yang baru, karena Apple sudah lama tidak lagi memproduksi iphone 6 dan 6s. Namun jika kalian ingin membeli hp ini kalian dapat mencarinya di toko offline maupun online dengan harga saat ini 1 jutaan hingga 3 jutaan tergantu kondisi dan memori.

Perbedaan iphone 6 dan 6s dari segi harga bisa dibilang cukup jauh bisa mencapai satu jutaan dimana harga iphone 6 dengan memori 16GB di kisaran harga 1 jutaan sedangkan untuk memori 32GB di kisaran harga 2 jutaan.

Sementara untuk harga iphone 6s dengan memori 16GB atau 32GB di kisaran 2 jutaan, dan untuk memori 64GB atau 128GB harga saat ini kami pantau di kisaran harga 3 jutaan.

Kesimpulan

Perbedaan iphone 6 dan 6s memang dari segi bodi dan desain kedua hp ini tidak terlihat perbedaanya tetapi soal jeroan, hp ini sangat berbeda maka dari itu kami menyarankan untuk kalian yang ingin membeli iphone 6 atau 6s harap perhatikan semua aspek yang telah kami jelaskan jangan sampai kalian salah membeli.

Tentang Rahmat Saefullah

Author & Penulis ,Alumni UNIKOM yang telah berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang Komputer dan Teknik Informatika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *