iPhone X vs Xr

iPhone X vs Xr – Mana yang lebih Worth it di tahun 2021

iPhone X vs Xr – Halo sobat Tekno Advisor kalian pengguna smartphone Android pastinya pernah berfikir untuk mengganti smartphone Android kalian dengan iPhone. Sayangnya karena masih awam tentang produk yang di keluarkan apple tersebut kalian menjadi bingung untuk memilih iPhone seri berapa untuk di pakai di tahun 2021 atau tahun 2022.

Seperti yang kita ketahui semua produk Apple memiliki harga yang cukup tinggi, jadi rasanya bagi orang dengan dompet yang tidak cukup tebal pasti berfikir dua kali untuk membeli produk Apple seperti iPhone. Tetapi di tahun 2021 ini harga iPhone sudah mengalami penurunan yang cukup lumayan.

Setiap Apple meluncurkan seri iPhone terbaru dapat dipastikan harga iPhone seri sebelumnya akan mengalami penuruan harga yang cukup lumayan, membuat seri – seri iPhone terdahulu menjadi sangat menarik untuk dibeli.

Tahun 2021 ini seri iPhone yang menjadi sorotan netizen adalah iPhone seri X. Mulai iPhone X, iPhone Xr, iPhone Xs dan iPhone Xs Max semua mengalami penurun harga yang cukup lumayan dibandingkan dengan saat pertama kali keluar. Apalagi kalian membeli iPhone tersebut di tangan kedua atau bekas maka harganya menjadi semakin menarik.

Baca Juga :   Harga iPhone 13 Lengkap Dengan Spesifikasinya

Jika kalian bertanya iPhone X vs Xr manakah yang lebih worth it untuk di beli di tahun 2021 sampai 2022 nanti. Maka dari itu kami akan memberikan informasi dan perbandingan seluruh aspek dari iPhone X vs Xr mulai dari layar, bodi performa baterai hingga dukungan OS. Kalau kalian sudah penasaran kalian bisa baca penjelasan yang ada di bawah ini.

Perbedaan Iphone X dan XR Berdasarkan Spesifikasi

Iphone X VS XR

iPhone X vs Xr yang pertama dimulai soal spesifikasi. Kalian sudah mengetahui bahwa spesifikasi iPhone seperti smartphone Android kelas harga 3jutaan sampai 5jutaan saja, yah kalau kalian hanya melihat dari angka spesifikasinya. Namun Apple dapat mengoptimalkan spesifikasi yang terlihat biasa saja menjadi sangat luar biasa, hal itu didukung karena OS mereka begitu optimal di semua aplikasi yang berjalan di iPhone mereka. Maka dari itu ini lah perbandingan spesifikasi iPhone X vs XR.

iPhone X
BODY 143.6 x 70,9 x 7.7 mm
174 gr
Front and Back Gorilla Glass
IP67 Dust and Water Resistant
SCREEN Super Retina OLED 5.8 inc
HDR10, Dolby Vision, 625 nits
3D Touch, True Tone
PLATFROM iOS 11.1.1 upgradeble to iOS 15
Apple A11 Bionic (10nm)
MEMORY RAM 3GB
ROM 64GB, 256GB
MAIN CAMERA 12 MP, f/1.8, 28mm (wide), 1/3″, 1.22µm, dual pixel PDAF, OIS
12 MP, f/2.4, 52mm (telephoto), 1/3.4″, 1.0µm, PDAF, OIS, 2x optical zoom
4K@24/30/60fps, 1080p@30/60/120/240fps
SELFIE CAMERA 7 MP, f/2.2, 32mm (standard)
Face ID
1080p@30fps
BATTERY Li-Ion 278 mAh
Fast Charging 15W

 

iPhone Xr
BODY 150.9 x 75.7 x 8.3 mm
194 gr
Front and Back Gorilla Glass
IP67 Dust and Water Resistant
SCREEN Liquid Retina IPS 6.1 inc
625 nits
True Tone
PLATFROM iOS 12 upgradable to iOS 15
Apple A12 Bionic (7nm
MEMORY RAM 3GB
ROM 64GB, 128GB, 256GB
MAIN CAMERA 12 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/2.55″, 1.4µm, PDAF, OIS
4K@24/30/60fps, 1080p@30/60/120/240fps
SELFIE CAMERA 7 MP, f/2.2, 32mm (standard)
Face ID
1080p@60fps
BATTERY Li-Ion 2942 mAh
Fast Charging 15W

Setelah melihat tabel spesifikasi diatas kalian dapat melihat perbedaan utama dari iPhone X vs Xr yaitu mulai dari layarnya iPhone X menggunakan panel Super Retina OLED dengan ukuran 5.8 inci dan support 3D touch, sedangkan iPhone Xr menggunakan Liquid Retina IPS berukuran 6.1 inci namun tidak support 3D touch. Dan yang menjadi perbedaan yang cukup berpengaruh adalah dari chipset, iPhone X menggunakan A11 bionic sedangkan iPhone Xr menggunakan A12 bionic yang sama seperti di iPhone Xs dan Xs Max.

Perbedaan Iphone X dan XR Berdasarkan Harga

iPhone X

iPhoneXr

Baru

Baru

64GB Rp10.999.000 64GB Rp7.499.000
256GB Rp13.999.000 128GB Rp8.499.000
256GB Rp9.499.000

Harga diatas merupakan harga baru saat ini sewaktu waktu dapat berubah. Tetapi jika kalian ingin membeli iPhone bekas agar harganya jauh lebih murah, iPhone X vs iPhone Xr memiliki harga bekas yang mirip – mirip. Harga bekas untuk memori 64GB untuk iPhone X di kisaran 4.5 jutaan hingga 5 jutaan tergantung kondisi dan asal iPhone tersebut dan untuk iPhone Xr harganya kisaran 5 jutaan tergantung kondisi.

Review

1. Desain

iPhone X vs Xr selanjutnya soal desain, yah memang tidak ada perbedaan jauh soal desain dari kedua smartphone ini dengan tampilan depan menggunakan Notch yang baru di gunakan oleh Apple pada seri iPhone ini. memang kalo melihat desain dari smartphone Andorid rasanya agak tertinggal zaman karean smartphone Android sudah ada yang full layar yang kamera depan ada di dalam layar.

Baca Juga :   iPhone 13 Pro - Review, Speksifikasi Dan Harga

Namun desain dari iPhone X vs Xr masih terasa mewah dengan balutan kaca depan dan belakang dari Gorrila Glass membuat smartphone ini begitu solid dan mewah. Perbedaan soal desain ini terletak dari varian warna, iPhone X hanya memiliki dua warna yaitu Silver dan Grey. Sedangkan utnuk iPhone Xr hadir lebih berwarna dengan enam varian warna yaitu Blue, White, Black, Yellow, Coral dan Red.

Bukan hanya soal warna yang membedakan iPhone X vs Xr tetapi soal jumlah kamera belakang yang ada, jika iPhone X mempunyai dua kamera iPhone Xr hanya memiliki satu kemera saja.

2. Layar

Untuk bagian layar iPhone X vs iPhone Xr ini memiliki panel dan ukuran yang berbeda. Dimana iPhone X menggunakan layar Super Retina OLED berukuran 5,8 inci sedangkan iPhone Xr menggunakan Liquid Retina IPS berukuran 6,1 inci.

Bukannya hanya ukuran dan penel yang berbeda fitur nya pun ada perbedaan dimana iPhone X memiliki 3D Touch sedangkan iPhone Xr tidak ada, meski tidak ada 3D Toch tetapi di iPhone Xr memiliki 3D Haptic.

Baca Juga :   Perbedaan iPhone 6 dan 6s yang Harus Kamu Ketahui

Untuk kualitasnya tidak ada perbedaan jauh yah seperti iPhone yang lainnya warna yang di hasilna akurat dan vivid, serta kontras yang baik walau di Xr menggunakan panel IPS. Dan kedua smartphone ini menggunakan desain layar yang menggunakan Notch yang cukup lebar.

3. Peforma

iPhone X vs iPhone Xr di bagian performa ini yang menjadi perhatian bagi para netizen apalagi dengan harga bekas kedua smartphone ini yang begitu menarik. Memang untuk ukuran angka spesifikasi kedua smartphone ini seperti smartphone Android di harga 3 jutaan.

Sayang semua seri iPhone tidak bisa dilihat dari angka spesifikasinya saja karena sistem operari dari Apple yang dikenal iOS begitu optimal di semua aplikasi yang ada di Appstore, jadi tidak heran kalian tidak akan mengalami kendala saat menggunakan iPhone.

Baca Juga :   Review Perbedaan iPhone 13, 13 Mini, 13 Pro & 13 Pro Max

iPhone X di persenjatai dengan prosesor A11 Bionic (10nm) dengan RAM sebesar 3GB dan memori internal 64GB dan 256GB. A11 Bionic ini memang sudah cukup tua, umurnya sudah sekitar 4 tahun tetapi peforma yang diberikan masih sangat stabil bahkan untuk aplikasi dan game baru masih baik.

Untuk iPhone Xr dipersentajai dengan prosesor A12 Bionic (7nm) dengan RAM 3GB dan memori internak 64GB,128GB dan 256GB. Prosesor yang digunakan Xr ini sama dengan Xs dan Xs Max menjadikannya lancar jaya menjalankan semua aplikasi dan game terbaru saat ini.

Soal baterai iPhone X vs Xr ini memiliki baterai yang mirip – mirip di kisaran angka 2000 mAh, lebih tepatnya 2716mAh untuk iPhone X dan 2942 mAh untuk iPhone Xr. Memang kapasitas baterai iPhone itu tidak sebesar smartphone Android tetapi masih cukup untuk penggunan satu hari.

Tetapi soal baterai iPhone X lebih boros dibandingkan dengan Xr, selain lebih kecil 200mAh prosesor yang digunakan juga masih 10nm, yah membuat smartphone ini bakalan berteman akrab dengan colokan atau powerbank.

4. Kamera

Soal kamera iPhone X vs Xr gak perlu di tanya lagi, walau usia smartphone ini terbilang sudah lama tetapi hasil dari kedua smartphone ini berani di adu dengan smartphone mahal lainnya.

Untuk iPhone X memakai setup Dual Camera yaitu seberasr 12MP Wide dan 12MP Tele, dengan kamera depan sebesar 7MP. Hasil dari kamera utama iPhone X masih bagus masih seperti Flagship dengan detail yang tajam warna yang akuran dan dynamic range yang luas, namun jika dibandingkan dengan flagship tahun 2021 memang bakalan terlihat umur dari smartphone ini.

Jika iphone X memakai Dual Camera di iPhone Xr hanya memiliki satu kemera saja yang beresolusi 12MP. Walau hanya satu hasil kamera iPhone Xr ini sedikit lebih baik jika dibandingkan dengan iPhone X, mungkin karena prosesor Xr sedikit lebih baik dari pada X.

Kesimpulan

Jika kalian ingin mengupgrade smartphone kalian yang semua dari seri iPhone dibawah X atau Xr, atau kalian yang pengguna android ingin merasakan bagaimana memakai sebuah iPhone. Maka dari itu iPhone X vs Xr ini dimenangkan oleh iPhone Xr.

Kenapa kami lebih memilih iPhone Xr dibandingkan dengan iPhone X ? sudah pasti alesannya kerana prosesor dan juga daya tahan baterai. iPhone Xr dengan A12 Bionic mungkin masih bisa di pakai 4-5 tahun lagi mengingat update dari Apple di pengaruhi oleh prosesor yang digunakan. Baterai di iPhone Xr juga terbilang hemat jika dibandingkan dengan iPhone X yang cenderung boros.

Yah mungkin minus dari Xr itu dari kamera yang hanya ada satu dan tidak ada 3D Touch, selebihnya sih bagi kami Xr lebih menyenangkan dibandingkan dengan iPhoneX. Demikian ulasan kami soal iPhone X vs Xr Mana yang lebih Worh it di tahun 2021, jika kalian merasa terbantu silahkan bagikan ulasan kepada teman atau keluarga kalian yang masih bingung antara memilihi iPhone X atau Xr.

Tentang Rahmat Saefullah

Author & Penulis ,Alumni UNIKOM yang telah berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang Komputer dan Teknik Informatika

Check Also

iPhone 13 Pro

iPhone 13 Pro – Review, Speksifikasi Dan Harga

iPhone 13 Pro – Halo Sobat Tekno Lovers. Seperti yang kita sudah ketahui bahwa apple …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *