poco x3 gt

Poco X3 GT : Chipset Flagship, Harga Midrange

POCO X3 GT –  Halo Sobat Tekno Advisor. Poco Indonesia pada bulan Agustus lalu telah merilis Hp 5G terbaru mereka yaitu POCO X3 GT. Seperti tidak mau kalah dengan rivalnya yaitu Realme dengan mengeluarkan Realme GT Master Edition, Poco langsung menantang Realme dengan hp ini.

Memang sekarang sudah banyak sekali hp 5G murah di Indonesia dengan performa yang bisa di bilang menengah kebawah, kalo ada performa yang lebih tinggi biasnya chipset yang di pakai Dimensity 800U atau Snapdragon 760G namun harganya 5-9 juta rupiah dan itu pun perfromanya masih bukan yang tertinggi.

Poco hadir menawarkan kepada kalian yang mencari performa flagship tetapi dengan harga 4jutaan. POCO X3 GT ini membawa Chipset Flasghip dari MediaTek yaitu Dimensity 1100 5G, lalu apakah POCO X3 GT ini lebih baik dari Poco X3 Pro yang sudah terkenal dengan value to moneynya sangat bagus ?.

Jika kalian penasaran bagaimana performa layar desain dan kamera dari POCO X3 GT ini, kalian bisa terus membaca ulasan ini karean kami akan membedah semua apa yang coba di tawarkan poco melalui POCO X3 GT ini.

SPESIFIKASI

  1. Body

  • Demensions : 3 x 75.9 x 8.9 mm
  • Weight : 193 gr
  • Material : Frame and Back cover Plastic, Glass Front (Gorilla Glass Victus)
  • Protection : IP53 (Dust and Splah Protection)
  1. Screen

  • Size : 6 inches
  • Resolution : 1080 x 2400 pixels (Full HD+) 20:9 Ratio
  • Type : IPS LCD, 120Hz, HDR10, 450 nits
  • Protection : Corning Gorilla Glass Victus
  1. Platform

  • Chipset : MediaTek Dimensity 1100 5G (6nm)  9 Core
  • GPU : Mali-G77 MC9
  • OS : Android 11, MIUI 12.5 for POCO
  1. Memory

  • RAM : 8GB
  • ROM : 128GB/256GB
  1. Camera

  • Main : 64 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/1.97″, 0.7µm, PDAF, 8 MP, f/2.2, 120˚ (ultrawide), 1/4.0″, 1.12µm, 2 MP, f/2.4, (macro)
  • Selfie : 16 MP, f/2.5, (wide), 1/3.06″, 1.0µm
  1. Battery

  • Capacity : 000mAh
  • Charging : Turbo Charge 67W

HARGA

POCO X3 GT 8/128GB       : Rp. 4.399.000

POCO X3 GT 8/256GB       : Rp. 4.799.000

 

REVIEW

Desain

POCO X3 GT

POCO X3 GT memiliki desain dengan saudaranya yang lain, yang paling jelas terlihat perbedaanya yaitu di bentuk modul kameranya. Jika di Poco X3 NFC dan X3 Pro memiliki modul kamera membulat yang berada di tengah, X3 GT ini memakai desain modul kamera yang mengkotak dengan setiap sudutnya membulat dan peletakannyapun berada di sebelah kiri.

POCO X3 GT soal desain memang mirip dengan Poco F3 atau Xiaomi Redmi 10 Series, tetapi kami merasa kurang suka dengan modul kamera belakannya yang sedikit terlalu lebar, tapi selebihnya oke mulai dari materil meskipun back cover dan framenya memakai plastik tapi untuk build quality X3 GT ini seperti hp poco dan xiaomi lainnya sangat solid.

Hp ini memiliki bentang layar 6.6 inci dengan tebal 8.9 mm dan berat 193gr, membuat hp ini terasa bongsor namun dengan kapasitas baterai 5.000mAh hp ini sedikit lebih riangan jika di bandingkan dengan X3 Pro yang memiliki kapasitas baterai yang sama.

POCO X3 GT

Hp ini tersedia dengan 3 pilihan warna yaitu Stargaz Black, Wave Blue dan Cloud White, khusus untuk warna wave blue dan cloud white tekstur di backcovernya berdeda dengan warna hitam, teksturnya ada garis – garis horisontal seperti koper. Teksur seperti membuat hp ini tidak licin dan bekas sidik jari tidak akan menempel.

Untuk tombol – tombol dan konektivitas di POCO X3 GT ini di bagian sisi kanan terdapat tombol volume up dan down, lalu ada tombol power yang menyatu dengan sensor fingerprint, untuk sisi atas ada lubang mic, lubang speaker stereo dan IR Blaster. Sedangkan di sisi kiri hanya ada slot Dual SIM tanpa slor MicroSD dan untuk sisi bawah terdapat lubang mic, port USB Type-C dan Lubang Speaker Stereo.

POCO X3 GT ini memang tidak memiliki port audio 3.5mm, namun jangan khawatir di paket pembeliannya poco sudah memberika adapter USB Type-C to Audio 3.mm. Memang buat sebagian orang yang masih memakai headset berkabel tidak adanya port audio menjadi sebuah kekuruangan namun itu tidak masalah sebab di POCO X3 GT ini masih di berika IR Blaster, yang membuat hp ini bisa di pakai sebagai remot tv, ac atau perangkat elektronik lainnya.

Layar

POCO X3 GT

Layar di POCO X3 GT ini memiliki bentang layar 6.6 inci dengan panel IPS dan Resolusi FullHD+ dan sudah support HDR10 serta Refresh Rate 120Hz dengan Touch Sampling 240Hz. Di atas kertas layar di hp ini begitu superior walau memang masih menggunakan panel IPS sedangkan rivalnya Realme GT Master Edition sudah memakai panel AMOLED.

Meskipun masih memakai layar IPS tetapi kualitasnya masih sangat baik, dengan reproduksi warna yang cukup goncreng dan contras yang baik layar ini masih enak untuk menonton film atau video hingga bermain game, apalagi dengan refresh rate 120Hz membuat konten yang di tampilkan di layar hp ini begitu mulus.

Layar POCO X3 GT sudah support HDR10 sehingga kalian sudah menonton youtube dengan HDR on, membuat pengalaman menonton video di youtube menjadi lebih asik. Dengan desain layar punch hole yang berada di tengan membuat layar di hp ini sangat lega untuk di nikmati. Untuk bagian layar hp ini sudah bagus namun memang tidak ada yang istimewa, seperti layar di hp – hp xiaomi dan poco yang lainnya yang memang kualitasnya selalu bagus.

Performa

POCO X3 GT

POCO X3 GT ini tenagai dengen Chipset paling kencang dari MediaTek yaitu MediaTek Dimensity 1100 5G 6nm dengan 9 core, di temani RAM 8GB dan memori internal 128GB atau 256GB. Bahkan RAM di hp ini dapat di tambah sebesar 2GB dengan memaki memori internal yang menjadi virtual ram.

Dengan harga 4 jutaan kalian sudah bisa menikmati chipset flagship dengan performa yang kencang setara hp flagship di atas 10 juta. Siapa yang tidak terarik dengan hp ini, semua game bisa di jalankan dengan rata kanan, seperti PUBG Mobile, Mobile Legends, CODM, dan juga Genshin impact dapat di jalankan tanpa kendala.

Memang chipset ini setara dengan Snapdragon 870 namun bedanya chipset ini sudah 5G ready membuat hp ini cocok dipakai untuk jangka waktu yang cukup panjang. Bukan hanya untuk bermain game untuk sehari – hari pun performa hp ini begitu lancar.

POCO X3 GT

Untuk menopang chipset monster di hp ini, poco menanmkan baterai sebesar 5.000mAh, untuk pemakaian ringan hp ini  sanggup bertahan dua hari, bahkan untuk pemakaian berat masih bisa bertahan hingga malam hari. Walaupun kapasitasnya besar untuk waktu pengisiannya sangat cepat dengan charger 67W, mengisi dari kosong hingga penuh hanya membutuhkan waktu kurang dari 50 menit.

Kamera

POCO X3 GT

Di sektor kamera POCO X3 GT memakai setup triple kamera dengan kamera utama sebesar 64MP, 8MP Ultrawide dan 2MP mikro. Untuk kamera selfie sebesar 16MP, Poco itu memang tidak terlalu fokus di bagian kamera, mereka fokus bagaimana caranya hp dengan performa tinggi tetapi dengan harga serendah mungkin.

Untuk hasil dari kamera POCO X3 GT ini memang cukup bagus dengan warna yang cukup natural dynamic range luas dan detail yang tajam. Saat lowlight dan malam hari, hasil yang ditangkappun cukup bagus namun untuk hasil yang lebih maksimal pakai nightmode. Untuk perekaman video kamera belakang sanggup merekam hinggap 4K@30fps hasilnya pun cukup bagus dengan warna yang masih terjaga, stabil dan detail yang masih tajam.

Kamera selfinya hasil yang di tangkap cukup baik dengan warna kulit yang cukup akurat walau tone warna yang di hasilkan agak kuning kemereah(warm), detailpun masih tajam dengan dyanmic range yang terjaga membuat seffie saat backlight wajah kita masih terlihat walau langitnya sudah putih. Untuk video kamera depan dapat merekam hingga 1080p@30fps hasilnya pun masih sangat baik dan stabil.

Dibagian kamera ini kami cukup senang dengan hasil yang di berikan POCO X3 GT ini karena berbeda dengan hasil kamera X3 NFC yang terlihat sekali di “sunat” oleh poco, tapi di X3 GT ini hasilnya cukup bagus walau memang di kelas harganya masih ada hp dengan kamera yang lebih bagus.

KESIMPULAN

POCO X3 GT kami akan rekomendasikan kepada kalian yang memang mengejar speksifikasi tinggi namun dengan budget terbatas, dengan chipset monster baterai gede, ngecas super cepat, layar ngebut dan lega membuat hp ini seperti tidak ada cela.

Namun di setiap kelebihan pasti juga ada kekurangan, kekurangan di hp ini tentu soal material yang di pakai di harga 4jutaan ada hp yang sudah memakai kaca di bagian belakangnya. Lalu soal layar hp ini masih menggunakan IPS dimana hp lain sudah mulai pakai AMOLED, dan yang terakhir jika kalian memabah beberapa ratus ribu kalian bisa memilih Poco F3 dengan desain material yang lebih mewah serta kamera yang lebih bagus.

Tentang Rahmat Saefullah

Author & Penulis ,Alumni UNIKOM yang telah berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang Komputer dan Teknik Informatika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *